Sukses

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu, Percaya Diri Langsung Meningkat

Bau ketiak menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi dan sangat mengganggu bagi orang-orang di sekitar. Yuk, cari tahu bagaimana cara mengatasinya!

Liputan6.com, Jakarta Memiliki masalah bau ketiak bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun, ketika ketiak yang berbau kurang sedap disemprot parfum, justru akan semakin menimbulkan bau yang mengganggu. Maka, penting untuk mengatasi akar permasalahannya, salah satunya dengan meningkatkan kebersihan diri.

Penting juga untuk mengetahui bahwa bau ini tidak disebabkan oleh keringat, melainkan bakteri. Ini karena kelenjar keringat apokrin mengandung banyak lemak yang mudah diurai oleh bakteri penyebab bau badan.

Berikut ini, 5 cara mudah yang efektif dan ampuh membantu mengatasi permasalahan bau ketiak, dirangkum pada Rabu (3/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Tak hanya bakteri, bau ketiak juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan pemicu bau ketiak yang perlu dihindari atau dikurangi konsumsinya antara lain makanan dan minuman beraroma kuat, seperti bawang, minuman berkafein, alkohol, dsb.

3 dari 11 halaman

2. Rajin Mencukur Rambut Ketiak

Menurut salah satu studi dari Journal of Cosmetic Dermatology, bau badan bisa dicegah dengan mencukur rambut ketiak. Mengapa demikian? Rambut ketiak yang lebat berpotensi menjadi sarang bakteri terutama saat ketiak dalam keadaan lembab. Selain mencabut bulu ketiak dengan pinset, bisa dilakukan cara yang lebih cepat, yaitu dengan waxing. Mencabut maupun waxing rambut ketiak juga bisa mencegah pertumbuhan rambut yang kaku. 

4 dari 11 halaman

3. Gunakan Deodoran

Salah satu cara untuk mengantisipasi bau ketiak adalah dengan menggunakan deodoran sebelum beraktivitas. Aroma deodoran yang kuat bisa membuat area kulit ketiak menjadi lebih asam sehingga efektif mencegah bakteri berkembang biak. 

5 dari 11 halaman

4. Gunakan Tawas untuk Menghilangkan Bau Badan

Sejak dulu, tawas sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang ampuh mengatasi masalah bau ketiak. Sebagaimana yang disebutkan dalam Journal of Clinical and Health Science, tawas bisa berfungsi sebagai pengganti alami deodoran untuk menghambat bakteri berkembang biak. 

Adapun cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:

  1. Keringkan ketiak dengan handuk setelah selesai mandi
  2. Basahi batu tawas dengan air
  3. Gosokkan pada ketiak dengan arah atas-bawah dan memutar
  4. Tunggu kering, lalu bisa mengenakan pakaian.
6 dari 11 halaman

5. Jaga Kebersihan Badan

Agar bau ketiak tidak muncul secara berulang,, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh.

Diantaranya adalah:

  1. Pastikan mandi sebelum dan sesudah beraktivitas (terutama setelah beraktivitas).
  2. Gunakan sabun antiseptik untuk membunuh bakteri.
  3. Keringkan tubuh dengan handuk sebelum berpakaian.
7 dari 11 halaman

Apakah Air Garam Bisa Menghilangkan Bau Ketiak?

Anda bisa mandi dengan larutan garam untuk menjaga keringat dan aroma tubuh tetap terkendali.

8 dari 11 halaman

Apakah Jeruk Nipis Bisa Mengurangi Bau Ketiak?

Jeruk, lemon, jeruk Bali, dan jeruk nipis termasuk dalam kelompok buah sitrus yang dapat memberikan kesegaran pada tubuh sambil mengurangi aroma tak sedap pada badan. Menurut Avni Kaul, seorang ahli gizi yang dikutip dari Healthshots, buah-buahan sitrus memiliki kemampuan untuk mengurangi akumulasi racun dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau tidak sedap.

9 dari 11 halaman

Kenapa Bau Ketiak Menempel di Baju?

Penyebabnya ialah adanya keringat yang berisi asam laktat yang kemudian menempel pada serat pakaian, menghasilkan aroma tubuh yang tidak sedap.

10 dari 11 halaman

Apakah Bedak MBK Bisa Menghilangkan Bau Ketiak?

Formula bedak mbk ketiak sangat efektif dalam mengatasi aroma tubuh yang tidak sedap, sehingga tak perlu lagi khawatir akan keharuman badanmu.

11 dari 11 halaman

Daun Apa yang Bisa Menghilangkan Bau Ketiak?

Kandungan daun kemangi mencakup beragam nutrisi seperti Kalsium, Vitamin A, Besi, Zinc, dan elemen lainnya. Selain itu, kemangi juga memiliki senyawa anti bakteri dan antiseptik. Dengan komposisi tersebut, daun kemangi dapat digunakan untuk mengatasi masalah bau badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.