Sukses

Bikin Bersih dan Wangi, Ini 5 Cara Efektif Hilangkan Bau Kaki

Tak perlu merogoh kocek mahal dengan pergi ke dokter, 5 cara mengatasi bau kaki ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Yuk simak penjelasannya lebih lanjut!

Liputan6.com, Jakarta Bau kaki seringkali dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Pasalnya, meski posisi kaki jauh dari jangkauan hidung, ketika melepas sepatu biasanya baunya akan menguap sehingga dapat mengganggu orang di sekitar. 

Dalam istilah medis sendiri, bau kaki biasa disebut dengan bromodosis. Kondisi ini cukup umum terjadi karena kurang terjaganya kebersihan kaki maupun pemilihan alas kaki yang kurang tepat.

Untuk mengatasinya, berikut dijelaskan 5 cara mudah dan ekonomis untuk mengatasi masalah bau kaki. Dirangkum dari beberapa sumber pada Selasa (2/4/2024), berikut penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Eksfoliasi Kaki Secara Teratur

Salah satu hal yang bisa menyebabkan kaki menjadi bau adalah bakteri. Sel kulit mati yang menumpuk dan jarang di eksfoliasi dapat mengundang bakteri penyebab bau kaki. Untuk itu, penting untuk secara teratur melakukan eksfoliasi pada kaki. 

Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan batu apung, scrub, atau bahan eksfoliator lain. Penting juga untuk menjaga sela-sela jari kaki tetap kering untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab bau kaki.

3 dari 11 halaman

2. Rendam Kaki dengan Teh kantong

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan bau kaki karena kandungan teh yang asam dapat mengecilkan pori sehingga produksi keringat berkurang. Adapun caranya adalah rebus dua kantung teh bersama 1 liter air selama 15 menit. Tuang ke ember dan tambahkan 2 liter air dingin, lalu rendam kaki selama 30 menit. Lakukan treatment ini paling tidak seminggu sekali.

4 dari 11 halaman

3. Rendam Kaki dengan Air Garam

Selain menggunakan teh kantong, merendam kaki dengan air garam juga dipercaya efektif mengatasi masalah bau kaki. Ini karena garam dapat mengikat air, sehingga mencegah kondisi kaki lembab dan pertumbuhan bakteri. 

Adapun caranya cukup mudah, Siapkan air hangat sesuai kebutuhan, lalu tambahkan 1 sdm garam laut. Rendam kaki selama 20 menit. Cara ini dapat dilakukan setiap hari selama 2 minggu berturut-turut untuk menghilangkan bau kaki.

5 dari 11 halaman

4. Gunakan Cuka Apel

Cuka juga efektif mengatasi bau kaki. Caranya, campurkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:2, lalu rendam kaki selama 30 menit. Lakukan perawatan ini secara rutin, setidaknya seminggu sekali untuk mencegah bakteri penyebab bau kaki berkembang biak.

6 dari 11 halaman

5. Gunakan Bedak Tabur

Sebagai pencegahan, pengaplikasian bedak talk atau bedak bayi bisa membantu mencegah timbulnya bau kaki. Cukup balurkan ke kaki sebelum mengenakan kaos kaki atau sepatu maka bedak tabur bisa mencegah kaki jadi lembap dan membantu memberi kesegaran pada kaki.

7 dari 11 halaman

Apa yang Menyebabkan Bau Kaki?

Kelebihan beban pikiran. Rutin mengalami keringat berlebihan akibat aktivitas fisik atau hiperhidrosis. Fluktuasi hormon, seperti yang dialami oleh remaja dan wanita hamil. Dampak yang timbul dari penggunaan obat-obatan tertentu.

8 dari 11 halaman

Apakah Kopi Bisa Menghilangkan Bau Kaki?

Tidak lagi dirahasiakan bahwa kopi memiliki kemampuan yang efektif dalam menyerap aroma yang tidak diinginkan dan menghilangkan bau yang tidak sedap. Salah satu kegunaannya yang efektif adalah dalam menyerap aroma yang tidak sedap pada sepatu.

9 dari 11 halaman

Kenapa Kaki Pakai Sepatu Jadi Bau?

Aroma tidak sedap yang menempel pada sepatu dapat menjadi masalah yang mengganggu dan memalukan. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di dalam sepatu yang lembap karena keringat kaki.

10 dari 11 halaman

Kenapa Kotoran di Kuku Kaki Bau?

Umumnya, aroma tak sedap pada kuku kaki timbul akibat penumpukan kotoran di sudut kuku ibu jari.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Kaki Rayapan Sembuh?

Pengobatan untuk infeksi kaki adalah menggunakan antibiotik topikal atau antiseptik. Bisa diperkirakan penyembuhan akan terjadi dalam waktu empat minggu. Disarankan untuk menghindari pemakaian kaus kaki atau sepatu yang terlalu sempit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.