Sukses

Doa Nuzulul Quran, Keutaman dan Amalan yang Bisa Dilakukan

Nuzulul Quran adalah momen di mana Allah menurunkan ayat-ayat Alquran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Nuzulul Quran menjadi peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Peristiwa ini merujuk pada malam turunnya Alquran, kitab suci umat Islam.

Nuzulul Quran adalah momen di mana Allah menurunkan ayat-ayat Alquran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia. Wahyu tersebut diberikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Proses turunnya ayat-ayat Alquran dalam Nuzulul Quran memiliki tujuan untuk menyempurnakan ajaran Islam sebagai petunjuk bagi umat manusia. Setiap tahun, peringatan Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadan.

Pada Ramadan 2024 ini, mengacu kalender Hijriyah, maka Nuzulul Quran 2024 jatuh pada Kamis, 28 Maret 2024.

Di momen Nuzulul Quran, biasanya umat muslim memiliki tradisi seperti khatam Quran. Namun selain itu, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan umat muslim saat Nuzulul Quran.

Ada beberapa amalan yang dianjurkan saat malam Nuzulul Quran, seperti melansir dari NU Online, Selasa (27/3/2024).

Amalan Nuzulul Quran:

1. Istiqomah dan khatam Alquran minimal satu kali.

2. Perbanyak membaca doa Nuzulul Quran

3. I'tikaf, berdiam diri sambil memperbanyak zikir dan salat malam.

4. Memperbanyak sholat malam seperti sholat tahajud, juga menjadi salah satu amalan Nuzulul Quran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Nuzulul Quran

Berikut doa Nuzulul Quran yang bisa diamalkan:

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur'an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.

Artinya,

"Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at Alquran."

Doa Nuzulul Quran Lainnya:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allahumarhamni bil qur'an. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimni minhu maa jahiltu. Warzuqnii tilawatahu aana allaili wa athrofannahar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya,

Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Nuzulul Quran

1. Banyak Malaikat Turun ke Bumi

Pada malam Nuzulul Quran, para malaikat termasuk malaikat Jibril turun ke bumi. Hal tersebut tertulis dalam Alquran Surat Al Qadr ayat 4:

"Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan."

Selain itu, dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan banyaknya malaikat yang turun pada Nuzulul Quran, menandakan banyaknya berkah yang turun.

2. Malam Penuh Berkah

Nuzulul Quran merupakan salah satu malam yang diberkahi Allah SWT. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Surat Ad-Dukhan ayat 3:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi”.

3. Malam Diturunkannya Alquran

Malam Nuzulul Quran merupakan malam istimewa bagi umat Islam. Pasalnya, di malam inilah Allah menurunkan Alquran ke muka bumi sebagai pedoman dan petunjuk bagi kehidupan manusia. Alquran merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad yang diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril. Melalui Rasulullah, umat Islam dituntun untuk senantiasa berada pada jalan lurus yang diridhoi oleh-Nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.