Sukses

Jangan Langsung Dikonsumsi, Ada 7 Alasan Kenapa Kacang Harus Direndam Lebih Dahulu

Kacang tidak hanya baik untuk jantung tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Merendamnya semalaman bisa melipatgandakan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi, jika kacang-kacangan memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Khususnya untuk Anda yang mungkin sedang menjalani program diet.

Sebab, ada manfaat kesehatan dari mengonsumsi kacang yang bisa didapatkan. Seperti misalnya dosis harian vitamin esensial, mineral, dan senyawa lain yang menurunkan kolesterol tinggi, menyeimbangkan kadar gula darah, dan mencegah kita dari penyakit yang ditimbulkan dari gaya hidup tidak sehat.

Namun, untuk mendapatkan semua manfaat itu, Anda sebaiknya harus merendam kacang terlebih dahulu sebelum mengonsumsi atau mengolahnya, lho. Jadi, dengan memulai hari Anda dengan kacang yang direndam khususnya dapat membantu penyerapan nutrisi dan pencernaan yang lebih baik.

Seperti dilansir dari Hindustan Times, Jumat (15/3/2024), hal ini dikarenakan kacang merupakan sumber asam lemak omega-3 ALA yang juga membantu mengatasi rheumatoid arthritis selain melindungi terhadap penyakit Alzheimer dan demensia.

"Memulai hari dengan merendam kacang telah terbukti bermanfaat dalam banyak hal. Jika Anda mencari beberapa metode mudah yang akan membawa Anda ke pola makan yang lebih sehat, mulailah merendam kacang. Kacang seperti almond, walnut, kacang tanah, pecan, dan pistachio kaya akan nutrisi. mengandung serat, vitamin E, magnesium, fosfor, lemak baik, dan antioksidan," kata Ahli Diet Shikha Kumari, Ahli Diet Klinis & Pakar Penurunan Berat Badan.

Untuk itu, yuk, ketahui lebih lanjut tentang manfaat merendam kacang bagi kesehatan serta waktu terbaik untuk mengonsumsi kacang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Merendam Kacang

Kacang tidak hanya baik untuk jantung tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam kacang-kacangan membantu memperbaiki detak jantung tidak teratur dan mencegah serangan jantung yang tidak terduga. Namun kacang direndam bisa lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda.

"Nutrisi penting seperti zat besi, protein, kalsium, dan zinc diserap lebih baik oleh tubuh saat Anda merendam kacang. Air menghilangkan asam fitat yang ada dalam asam yang menyebabkan gangguan pencernaan. Jadi, merendam kacang membantu mencernanya dengan baik dan mendapatkan manfaatnya dari nutrisi ini. Tanin juga dihilangkan dari kacang saat direndam dalam air sehingga rasa dan tekstur kacang meningkat,” kata Shikha Kumari.

3 dari 4 halaman

Waktu Terbaik untuk Makan Kacang

Waktu terbaik mengonsumsi kacang rendaman adalah pagi hari. Untuk mendapatkan manfaat kacang rendaman secara maksimal, awali hari Anda dengan meminum segelas air diikuti dengan segenggam kacang yang sudah direndam.

Mengonsumsi kacang-kacangan di pagi hari akan membantu mengurangi kelelahan dan mengatur suasana hati Anda sepanjang hari.

Ahli gizi juga mencantumkan 7 alasan mengapa seseorang harus memulai hari mereka dengan kacang yang sudah direndam, antara lain:

1. Merendam kacang meningkatkan energi dan sangat baik untuk kesehatan hormonal Anda.

2. Kacang almond yang direndam membantu mengurangi kadar kolesterol serta meningkatkan daya ingat Anda.

3. Penelitian menunjukkan kacang-kacangan yang dikonsumsi di pagi hari telah membantu orang menurunkan berat badan. Pistachio dan kenari sangat cocok jika Anda ingin menurunkan berat badan.

4 dari 4 halaman

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung Anda akan meningkat secara signifikan bila Anda mulai mengonsumsi kacang yang sudah direndam setiap hari saat pagi hari.

5. Kacang memiliki kemampuan luar biasa dalam mengontrol kadar gula darah. Ini sangat membantu bagi pasien diabetes.

6. Kacang kenari dan almond berperan besar dalam menghilangkan radikal bebas. Manfaat nutrisinya melindungi sel dari kerusakan. Jadi, merendam kacang penting dilakukan jika Anda ingin kulit tampak lebih muda.

7. Kemiri dan pistachio memiliki jumlah serat yang tinggi. Serat ini membantu sistem pencernaan kita secara keseluruhan dan meningkatkan bakteri baik dalam tubuh kita sehingga menjaga kesehatan usus kita tetap terjaga.

Ahli gizi menyarankan untuk mengatur pola makan kacang-kacangan Anda sepanjang minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.