Sukses

Profil dan Agama Happy Salma, Artis yang Dinikahi Pria Keturunan Bangsawan Bali

Perubahan besar terjadi dalam hidup Happy Salma saat ia menikahi seorang bangsawan Bali dan menetap di sana.

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan Happy Salma di layar kaca meredup setelah ia menikah dengan Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthyasa, seorang pria dari keluarga bangsawan Bali, pada bulan Oktober 2010. Happy Salma, yang sebelumnya sering tampil dalam film, sinetron, dan FTV, kini lebih memilih untuk menetap di Bali dan mengemban peran sebagai istri, ibu, serta perempuan Bali.

Melalui akun Instagramnya, ia rajin membagikan momen sehari-harinya sebagai seorang ibu yang membesarkan satu anak. Bagaimana kehidupan Happy Salma setelah menikah dengan bangsawan Bali? Berikut profil lengkapnya dirangkum Rabu (13/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Profil dan Biodata Happy Salma

Nama Lengkap: Happy Salma

Asal: Kota Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

Tanggal Lahir: 4 Januari 1980 

Umur: 42

Agama: Hindu

Suku: Sunda

Pekerjaan: Aktris, presenter, penulis

Pasangan: Tjokorda Bagus Dwi Santana Max Kerthyasa

Anak : Tjokorda Sri Kinandari Kerthyasa, Tjokorda Ngurah Rayidaru Kerthyasa

Instagram: @happysalma

3 dari 9 halaman

Menikah dengan Bangsawan Hindu

Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthyasa, seorang pria keturunan bangsawan dari Ubud, Bali, dan memiliki darah campuran Bali-Australia, menikahi Happy Salma pada 3 Oktober 2010 di Puri Sareh, Kabupaten Gianyar, Bali. Pasca pernikahan, Happy Salma memilih tinggal di Bali.

Sebagai istri seorang bangsawan Bali, Happy Salma diakui sebagai Jero dan namanya diubah menjadi Jero Happy Salma Wanasari.

Dari pernikahan mereka, lahir dua anak, yakni Tjokorda Sri Kinandari Kerthyasa dan Tjokorda Ngurah Rayidaru Kerthyasa.

4 dari 9 halaman

Agama Happy Salma

Meskipun tak pernah secara terang-terangan mengumumkan kepercayaannya, Happy Salma diyakini telah berpindah keyakinan dari Islam ke Hindu setelah menikah. Hal ini diketahui dari partisipasinya dalam prosesi Sudhi Wadani pada bulan September 2010.

Sudhi Wadani dikenal sebagai upacara untuk memeluk agama Hindu. Seseorang yang bukan penganut Hindu harus melewati upacara tersebut, termasuk sumpah dan penyucian, untuk mengonfirmasi statusnya sebagai pengikut agama Hindu.

5 dari 9 halaman

Perjalanan Karir Happy Salma

Pada tahun 1998, Happy Salma memulai karir aktingnya. Mulai dari sinetron, dia kemudian beralih ke layar lebar pada tahun 2006.

Keterlibatannya dalam seni tidak hanya terbatas pada sinetron, FTV, dan film. Selain itu, dia juga terlibat dalam berbagai pertunjukan teater. Misalnya, pertunjukan Nyai Ontosoroh di Gedung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki pada tahun 2007.

Pada tahun 2009, dia membintangi pementasan monolog Ronggeng Dukuh Paruk di Bern-Swiss, Belanda, dan Taman Ismail Marzuki. Selain itu, dia juga memiliki minat dalam karya sastra.

Minat ini mendorongnya untuk merilis beberapa buku, seperti Pulang (2006), Telaga Fatamorgana (2008), Hanya Salju dan Pisau Batu (2010), serta Biografi Kreatif Desak Nyoman Suarti: "The Warrior Daughter" (2015).

6 dari 9 halaman

Merambah ke Dunia Bisnis

Selain peran sebagai ibu dan seniman, Happy Salma juga merambah dunia bisnis. Dia terlibat dalam bisnis perhiasan bernama Tulola, yang didirikan bersama Sri Luce Rusna dan Franka Makarim.

7 dari 9 halaman

Happy Salma Agamanya Apa?

Salah satu selebriti yang memutuskan beralih ke agama Hindu setelah sebelumnya beragama Islam adalah Happy Salma.

8 dari 9 halaman

Happy Salma Menikah dengan Siapa?

Pernikahan Happy Salma dan Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthyasa dilangsungkan pada tanggal 3 Oktober 2010. Tjokorda Bagus Dwi Santana Kerthyasa adalah seorang pria dari keturunan bangsawan Ubud, Bali, dengan latar belakang darah campuran Bali-Australia.

9 dari 9 halaman

Apa Pekerjaan Suami Happy Salma?

Selepas pernikahan dengan keturunan bangsawan, Happy Salma meraih gelar bangsawan. Nama yang dianutnya saat ini ialah Jero Happy Salma Wanasari, dengan Jero menjadi bukti bahwa dirinya merupakan bagian dari kerajaan. Selain sebagai keturunan kerajaan, Tjok Gus juga dikenal sebagai fotografer dan model asal Pulau Dewata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini