Sukses

Benarkah Pemanfaatan Kolagen dalam Rutinitas Perawatan Kulit Terbukti Efektif?

Kolagen merupakan salah satu kandungan yang terkenal mampu memberikan banyak manfaat khususnya untuk kesehatan kulit. Banyak orang terutama para wanita yang terobsesi untuk menggunakan produk perawatan berkolagen demi kulit sehat. Yuk, cek apakah benar skincare berkolagen cukup efektif merawat kulit!

Liputan6.com, Jakarta Kolagen adalah jenis protein yang bertanggung jawab membentuk serat-serat fleksibel dan struktural di dalam kulit, tendon, tulang, ligamen, serta otot. Dalam kulit, kolagen berperan penting dalam menjaga kekencangan dan elastisitas jaringan kulit. Namun, seiring dengan proses penuaan, produksi kolagen dalam tubuh cenderung menurun.

Untuk mengatasi penurunan produksi kolagen tersebut, banyak produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran mengandung kolagen. Meskipun demikian, keefektifan produk-produk tersebut dalam menggantikan fungsi kolagen alami dalam tubuh masih sering dipertanyakan.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai perawatan kulit berkolagen beserta manfaatnya dikutip dari Health.com (28/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Manfaat Kolagen untuk Kulit

Berdasarkan beberapa penelitian, terdapat bukti bahwa mengonsumsi suplemen berkolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan mengembalikan jumlah kolagen di lapisan tengah kulit. Namun, manfaat penggunaan kolagen secara topikal dalam produk perawatan kulit masih belum jelas atau belum dipelajari dengan baik. Penggunaan kolagen topikal cenderung hanya membantu meningkatkan hidrasi kulit untuk mencegah kehilangan kadar air yang berlebihan.

3 dari 11 halaman

Apakah Perawatan Kulit Menggunakan Kolagen Efektif?

Kemungkinan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung kolagen dapat secara efektif mengatasi garis-garis halus pada tingkat terdalam sangatlah kecil. Kehilangan elastisitas kulit dan penurunan produksi kolagen terjadi terutama pada lapisan dermis dan jaringan lemak yang lebih dalam. Produk perawatan kulit yang mengandung kolagen secara topikal belum terbukti mampu menembus lapisan tersebut dan merangsang produksi kolagen.

4 dari 11 halaman

Jenis-jenis Perawatan Kulit dengan Kolagen

Produk perawatan kulit yang mengandung kolagen cukup beragam, mulai dari serum, pelembab, krim mata, hingga masker. Pada saat memilih produk perawatan kulit yang mengandung kolagen, disarankan untuk mencari produk dengan kandungan hydrolyzed collagen, asam amino, atau collagen peptides karena kemampuan penyerapannya yang lebih baik.

5 dari 11 halaman

Efek Samping dari Perawatan Kulit Menggunakan Kolagen

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menemukan efek samping negatif dari penggunaan kolagen topikal sebagai produk perawatan kulit. Namun, seperti halnya dengan produk perawatan kulit lainnya, ada kemungkinan munculnya reaksi alergi dan ruam, yang biasa disebut allergic contact dermatitis.

6 dari 11 halaman

Cara Meningkatkan Jumlah Kolagen Alami di Dalam Tubuh

Selain menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kolagen, terdapat beberapa metode lain untuk meningkatkan produksi kolagen alami. Beberapa di antaranya termasuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kolagen, asam amino, serta vitamin C, menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 secara teratur, menghindari merokok, dan menjalani perawatan microneedling.

7 dari 11 halaman

Kegunaan Kolagen Untuk Apa?

Salah satu manfaat kolagen adalah untuk mengurangi selulit langsung dari dalam tubuh. 

 

8 dari 11 halaman

Minuman Kolagen Itu Apa?

Minuman kolagen merupakan suplemen yang mengandung protein kolagen tersuspensi dalam cairan. 

9 dari 11 halaman

Collagen Itu Berasal dari Apa?

Terdapat beberapa jenis tulang yang bisa menghasilkan kolagen, seperti tulang sapi, tulang kambing, tulang ayam kalkun, dan tulang ayam

10 dari 11 halaman

Berapa Lama Minum Collagen Terlihat Hasilnya?

Seseorang sebaiknya minum suplemen kolagen secara rutin minimal selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil kulit yang elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

11 dari 11 halaman

Minuman Kolagen untuk Usia Berapa?

Seseorang dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung kolagen mulai dari usia 20 tahun sebagai salah satu cara untuk menjaga elastisitas kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini