Sukses

5 Penyebab Ketiak Tetap Berbau Meski Sudah Pakai Deodoran

Sudah memakai deodoran tapi tetap merasa ketiakmu bau? Ternyata ada beberapa penyebab kenapa hal itu bisa terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan deodoran sangat penting untuk mengendalikan keringat dan bau badan. Terlebih saat bertemu dengan orang banyak, tentunya Anda tidak ingin mengganggu penciuman orang tersebut hanya karena bau tidak sedap, kan?

Namun, sayangnya ada kalanya deodoran yang dipakai tidak mampu menangkal bau keringat. Bahkan jika Anda sendiri sudah menggunakan antiperspirant atau deodoran yang memiliki iming-iming menangkal bau.

Pastinya Anda akan bertanya-tanya, kenapa hal ini bisa terjadi? Rupanya, hal ini ternyata bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan. Di mana, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, bisa menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Dilansir dari Live Strong, Jumat (19/1/2024), Y. Claire Chang, MD, dokter kulit bersertifikat di Union Square Laser Dermatology, akan memberitahukan beberapa informasi tentang ketiak bau. Termasuk mengapa Anda mungkin mencium bau bahkan setelah menggunakan deodoran dan cara menghentikan bau tersebut. 

Mengapa Ketiak Berbau?

Bau yang menyengat biasanya terjadi saat Anda berkeringat.

“Tubuh kita terdiri dari kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di seluruh tubuh, sedangkan kelenjar apokrin terdapat di beberapa area yang memiliki rambut, termasuk ketiak dan selangkangan,” kata Dr. Chang.

Saat Anda kepanasan atau merasa gugup, kelenjar apokrin Anda menghasilkan cairan kental seperti susu (dalam bentuk keringat). Namun, bertentangan dengan kepercayaan umum, keringat itu sendiri tidak berbau busuk saat pertama kali dikeluarkan.

"Penyakit ini baru mulai berubah setelah bertemu bakteri di permukaan kulit Anda, yang memecahnya, menghasilkan bau yang kuat," jelasnya.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Ketiak Tetap Bau Walau Pakai Deodoran

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, ketiak yang berbau bisa dikarenakan masalah kesehatan, misalnya saja:

1. Perubahan hormon

Ketiak Anda yang berbau mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal. Misalnya, selama menopause, kadar estrogen Anda menurun, yang dapat memicu gejala seperti rasa panas dan keringat berlebih, menurut National Institute on Aging (NIA).

Selain itu, juga bisa terjadi karena pubertas. Di mana, ketika ketiak Anda menghasilkan lebih banyak bau tidak sedap.

“Kelenjar keringat apokrin menjadi lebih besar dan aktif selama masa pubertas di bawah rangsangan hormon seks, yang pada saat itulah bau badan bisa memburuk,” kata Dr. Chang.

Namun, untungnya fluktuasi hormonal biasanya bersifat sementara. Jadi bau ketiak Anda akan mereda setelah hormon Anda stabil.

"Sementara itu, jika produk yang dijual bebas tidak dapat mengatasi bau badan Anda, temui dokter Anda, yang dapat meresepkan antiperspiran/deodoran yang dapat diresepkan dengan resep," sambungnya.

3 dari 5 halaman

2. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Selain itu, obat yang Anda konsumsi mungkin menjadi penyebab bau ketiak Anda.

Peningkatan keringat dan bau ketiak dapat menjadi efek samping dari beberapa obat. Termasuk antidepresan, seperti bupropion, clomipramine, fluoxetine dan sertraline, penisilin, bromida, serta dupilumab, dokter menjelaskan.

Nah, jika Anda melihat adanya perubahan pada bau badan sejak Anda meminum obat tertentu, bicarakan dengan dokter Anda, yang mungkin dapat meresepkan obat lain.

3. Mengidap Intertrigo

Intertrigo dapat memicu bau pada ketiak.

Intertrigo adalah kondisi peradangan kulit umum yang terjadi di lipatan tubuh, termasuk ketiak dan selangkangan,” kata Dr. Chang.

Kelembapan, panas, dan gesekan yang terperangkap menyebabkan peradangan kulit, kemerahan, dan terkadang menimbulkan bau tidak sedap.

"Jika Anda mengalami ruam pada ketiak dan disertai bau badan yang tidak sedap, Anda mungkin mengidap intertrigo dan harus diperiksa oleh dokter," tambahnya.

Terkadang, intertrigo dapat menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Jadi, Anda mungkin memerlukan obat resep untuk mengatasi masalah tersebut.​

4 dari 5 halaman

4. Terdiagnosis Hiperhidrosis

Hiperhidrosis, suatu kondisi yang ditandai dengan keringat berlebih, bisa menjadi sumber bau badan Anda. Sekali lagi, meskipun keringat itu sendiri tidak berbau, bau busuk bisa muncul saat bakteri di kulit Anda memecahnya. Tepatnya, bau busuk sebenarnya berasal dari produk limbah yang dihasilkan oleh bakteri, menurut Cleveland Clinic.

Jadi, jika Anda banyak berkeringat, akan ada lebih banyak “makanan” untuk dimakan bakteri dan lebih banyak produk samping yang berbau busuk.

Masih menurut Cleveland Clinic, terkadang ada masalah kesehatan mendasar yang menyebabkan hiperhidrosis. Kondisi medis seperti obesitas, diabetes, asam urat, gangguan tiroid yang terlalu aktif, dan kelenjar pituitari yang berhubungan dengan keringat berlebih.

Dr. Chang menyarankan, "Jika keringat Anda berlebihan secara tidak normal atau tidak terkontrol dengan antiperspiran yang dijual bebas, Anda mungkin perlu menemui dokter untuk evaluasi dan pengobatan."

Ketika hiperhidrosis dikaitkan dengan masalah medis, tindakan terbaik adalah mengidentifikasi dan mengobati penyebab utamanya.

5 dari 5 halaman

5. Makan Makanan yang Memicu Bau Ketiak

Meskipun kita biasanya mengasosiasikan makanan berbau busuk, seperti bawang putih dan bawang merah, dengan bau ketiak, percaya atau tidak, bau badan yang menyengat juga mungkin terkait dengan pola makan Anda.

Ya, makanan tertentu bisa menimbulkan bau tidak sedap di area ketiak Anda. Sekali lagi, bawang putih dan bawang bombay adalah penyebab umum karena tubuh Anda melepaskan senyawa belerang yang berbau busuk ketika memecah aromatic alliums ini, menurut Harvard Health Publishing.

Demikian pula, sayuran penghasil gas seperti brokoli, kubis, dan kembang kol dapat menjadi penyebab bau menyengat yang keluar dari pori-pori Anda, masih menurut Harvard Health Publishing.

"Selain itu, kari, asparagus, dan alkohol juga dapat menyebabkan bau ketiak," kata Dr. Chang.

Untungnya, ada solusi sederhana untuk mencegahnya. Jika Anda melihat makanan tertentu menghasilkan bau tidak sedap, cukup hindari atau batasi makanan tersebut dalam menu makanan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.