Sukses

7 Alasan Anda Perlu Mencoba Olahraga di Pagi Hari, Lebih Efektif Membakar Lemak

Ternyata olahraga pagi bisa memiliki banyak manfaat kesehatan, lho. Yuk, disimak alasannya!

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi jika olahraga secara rutin memang baik bagi kesehatan kita. Namun, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?

Ada beberapa orang mungkin lebih senang untuk berolahraga di pagi hari. Di mana pikiran masih terasa segar, tenang, dan sekaligus untuk bersiap-siap berangkat kerja. Akan tetapi, ada juga yang lebih suka berolahraga di malam hari. Sebab, bagi mereka waktunya lebih luang dan bisa berlama-lama berolahraga selepas bekerja.

Nah, Anda sendiri lebih suka olahraga pagi atau olahraga di malam hari?

Menurut informasi yang kami rangkum dari Greatist, Kamis (11/1/2024), ternyata ada beberapa alasan kenapa Anda harus memulai olahraga pagi. Di mana dengan mengganti waktu olahraga bisa mengubah hidup Anda secara efektif, lho. Apa sajakah itu? Mari simak ulasan lengkapnya!

1. Efektif dalam Membakar Lemak

Biasanya saat berolahraga di pagi hari, orang-orang cenderung melewatkan waktu sarapan. Hal ini dikenal juga dengan istilah fasted cardio

Walaupun sebenarnya kondisi ini tidak bisa diterapkan bagi semua orang, tapi berolahraga sebelum sarapan ternyata memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Seperti misalnya saja dapat meningkatkan potensi pembakaran lemak secara menyeluruh.

Penelitian yang dilakukan oleh Cambridge University Press pada tahun 2013 ternyata menunjukkan bahwa mengeluarkan keringat saat perut kosong membantu Anda membakar lemak hingga 20% lebih banyak dibandingkan jika Anda berolahraga setelah makan.​

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Keinginan untuk 'Ngidam' Menurun

Berolahraga kapan saja sepanjang hari menurunkan tingkat “hormon kelaparan” atau ghrelin. Namun, olahraga pagi menghasilkan sesuatu yang lebih ajaib.

Sebuah penelitian dari Medicine & Science in Sports & Exercise tahun 2012, terhadap aktivitas otak terhadap 35 wanita menunjukkan bahwa olahraga pagi membuat partisipan kurang responsif secara emosional terhadap foto makanan.

Minggu berikutnya, perempuan yang sama melewatkan olahraga pagi mereka dan mendapat respons yang lebih kuat terhadap foto makanan yang sama.

Walaupun saat ini diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami hal tersebut, tapi ada sesuatu tentang olahraga pagi yang bisa menghilangkan nafsu makan.

3. Lebih Aktif Sepanjang Hari

Alasan lainnya, saat olahraga pagi bisa menjadi aktivitas pertama Anda di sepanjang hari tersebut. Dalam studi yang sama terhadap wanita yang melihat foto makanan, peneliti menemukan bahwa peserta lebih cenderung tetap aktif sepanjang hari jika mereka berolahraga di pagi hari.

Bisa jadi, ini benar-benar permainan pikiran. Anda baru mulai merasakannya saat Anda sedang melatih kebugaran Anda.

3 dari 4 halaman

4. Menurunkan Tekanan Darah

Mengatur tekanan darah Anda mungkin bukan tugas pertama Anda hampir setiap pagi. Namun sebenarnya, hal ini mungkin memang seharusnya dilakukan seperti itu. 

Salah satu cara termudah untuk mengatur tekanan darah adalah dengan berolahraga. Menurut setidaknya satu penelitian, dari National Library of Medicine, olahraga pada jam 7 pagi menjaga tekanan darah Anda lebih stabil daripada olahraga di sore hari. 

5. Membangun Otot Lebih Cepat

Penelitian dari National Institute of Fitness and Sport melaporkan saat pagi hari, kadar testosteron Anda berada pada titik tertinggi. Dan testosteron berarti tubuh Anda siap untuk membangun otot. Maka bagi Anda yang sedang berjuang untuk membentuk otot, berolahragalah di pagi hari.

4 dari 4 halaman

6. Tidur Lebih Nyenyak

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana sesi olahraga malam ternyata sering membangunkan Anda? Itu bukan hanya imajinasi Anda. Olahraga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh Anda.

Padahal, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk relaks setelah berolahraga. Jadi mengapa tidak beralih ke pagi hari, saat Anda membutuhkan dorongan energi?

Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa orang dewasa yang berolahraga pada jam 7 pagi akan tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak dibandingkan mereka yang pergi ke gym pada sore atau malam hari. Dengan kata lain, Anda akan tidur seperti bayi (yaitu bayi yang benar-benar tidur sepanjang malam).

7. Bangun Lebih Cepat

Ingat bagaimana kortisol, yang menjaga kadar gula darah Anda, berada pada tingkat tertinggi di pagi hari? Kortisol juga membantu Anda bangun dan tetap waspada.

Jadi bekerjalah sesuai ritme alami tubuh Anda. Manfaatkan kortisol pagi hari untuk olahraga berenergi tinggi.

Endorfin dan kortisol ibarat kekuatan satu-dua untuk meningkatkan energi yang akan bertahan berjam-jam setelah sesi keringat Anda berakhir.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.