Sukses

5 Red Flag Saat Kencan yang Sebaiknya Tidak Anda Abaikan

Setidaknya ada beberapa tanda red flag kencan terbesar yang tidak boleh Anda abaikan menurut terapis, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta Menemukan teman kencan yang cocok bukanlah hal yang mudah. Anda tidak hanya harus menemukan seseorang yang cukup menarik untuk diajak berkencan, tetapi Anda juga perlu menemukan waktu dan tempat, mengenakan pakaian yang membangkitkan rasa percaya diri, antar-jemput ke tempat tersebut, dan bersiap untuk obrolan ringan. 

Dan begitu Anda melewati masa perkenalan sekarang, saatnya mengenal orang ini dan menilai apakah mereka cocok untuk menjalin hubungan dengan Anda. Tidak yakin apa yang harus dicari? Setidaknya ada beberapa tanda red flag kencan terbesar yang tidak boleh Anda abaikan, menurut terapis. Dilansir dari Best Life Online, berikut ulasannya.

1. Mereka tidak mengungkapkan pendapat apapun

Jika orang yang baru Anda temui setuju dengan semua yang Anda katakan, Anda mungkin ingin melanjutkan dengan hati-hati. Menurut Tanisha Ranger, PsyD, CSAT, seorang psikolog klinis berlisensi, mereka mungkin melakukan hal ini karena mereka tidak ingin mengungkapkan apapun tentang diri mereka secara sukarela yang mungkin mengungkap ketidakcocokan di antara Anda berdua. Mereka akan membuat Anda seolah-olah menyukai hal yang sama meskipun sebenarnya tidak demikian.

Orang yang melakukan hal ini mungkin juga mencoba memanipulasi Anda dengan berpikir bahwa dia adalah pasangan yang sempurna. Atau, bisa jadi lebih tidak berbahaya.

“Kekhawatiran lainnya adalah mereka… sebenarnya tidak punya banyak pendapat dan mungkin tidak suka mengambil keputusan,” kata Ranger. 

"Dan izinkan saya memberitahu Anda, membuat semua keputusan bisa sangat melelahkan karena orang lain selalu mengatakan sesuatu seperti 'Saya tidak peduli. Apapun yang ingin Anda lakukan.'"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mereka tidak menanyakan pertanyaan apapun kepada Anda

Kencan pertama yang baik harus disertai percakapan yang seimbang. Jadi, jika Anda menyadari bahwa Andalah satu-satunya yang mengajukan pertanyaan, ada baiknya Anda mencatatnya.

“Penting bagi kedua orang yang berkencan untuk tidak hanya mendengarkan orang lain berbicara untuk menemukan sesuatu yang dapat mereka kaitkan dan sela, tetapi juga mendengarkan untuk benar-benar mengenal orang tersebut,” kata terapis holistik Megan Sherer. 

"Idealnya Anda ingin kedua orang mengajukan pertanyaan lanjutan yang bijaksana untuk menunjukkan minat dan keterlibatan mereka pada apa yang telah Anda bagikan."

Jika teman kencan Anda tidak melakukan hal ini, Sherer mengatakan itu mungkin merupakan tanda bahwa dia gugup dan berada dalam pikiran mereka. Namun, hal ini mungkin juga menunjukkan ketidakmampuan yang lebih dalam untuk menciptakan keintiman sejati. "Anda berhak mendapatkan seseorang yang terpesona dengan cerita Anda dan ingin mengetahui apa yang membuat Anda menjadi diri Anda," jelasnya.

3 dari 5 halaman

3. Mereka mengajukan terlalu banyak pertanyaan

Di sisi lain, mengajukan terlalu banyak pertanyaan juga merupakan tanda red flag. "Jika Anda meninggalkan kencan dan merasa seperti Anda banyak berbicara tentang diri Anda sendiri dan Anda hampir tidak tahu apapun tentangnya, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka menyembunyikan sesuatu atau sedang memeriksa Anda berdasarkan beberapa kriteria internal seperti posisi Anda dalam hidup, kelompok kekayaan atau teman Anda,' kata terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Celeste Labadie.

Sayangnya, mudah sekali untuk meninggalkan kencan tersebut dan merasa bahwa kencan tersebut berjalan dengan sangat baik. “Kita semua ingin seseorang menunjukkan minat pada kita,” kata Labadie. "Tetapi ada titik kritis dalam ketertarikan sejati dan pengumpulan informasi tentang Anda."

4 dari 5 halaman

4. Mereka menyela Anda

"Kencan adalah tentang komunikasi yang jelas dan belajar tentang satu sama lain. Jika saat ini hanya ada satu arah, maka tidak akan ada yang lebih baik di kemudian hari," kata Amber Brooks, pakar hubungan dan pemimpin redaksi DatingAdvice.com.

Itu sebabnya, jika teman kencanmu membicarakanmu atau memotong ucapanmu di tengah kalimat, itu bisa menjadi tanda bahaya besar bahwa dia tidak benar-benar mendengarkanmu atau dia yakin apa yang dia katakan lebih penting.

5 dari 5 halaman

5. Mereka memaksa Anda dalam hal apapun

Perhatikan jika teman kencan Anda mencoba melampaui batasan Anda. “Ini mungkin terlihat seperti tidak memberi isyarat bahwa Anda tidak nyaman membicarakan topik tertentu, memaksakan pemesanan minuman lagi, atau memaksakan batasan tepat waktu, dan masih banyak lagi,” kata terapis Billie Roberts. 

“Orang-orang cenderung berperilaku terbaik saat memberikan kesan pertama, jadi terkadang perilaku mencurigakan saat pertama kali bertemu mungkin hanya puncak gunung es.” Dorongan batas yang lebih intens mungkin akan terjadi jika Anda melanjutkan hubungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.