Sukses

Pernah Mimpi Berselingkuh? Ini Fakta dan Hal yang Harus Kamu Lakukan

Bermimpi tentang selingkuh mungkin akan membuatmu bingung dan merasa bersalah. Namun, tidak perlu khawatir, cobalah lakukan hal berikut ketika kamu memimpikan hal tersebut!

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda bermimpi selingkuh dari pasanganmu? Mungkin bisa saja Anda memimpikan orang asing, selebritas, orang terdekat, atau bahkan mantan kekasihmu. Jika pernah, maka Anda tidak sendirian karena mimpi tentang selingkuh cukup umum terjadi. 

Meskipun hubunganmu dengan pasangan saat ini sangat harmonis dan pikiran untuk selingkuh tidak pernah terlintas dalam pikiranmu, bermimpi bahwa Anda bersama orang lain dapat membuatmu merasa cukup terganggu, bingung, atau bahkan merasa bersalah.

Bila ini terjadi padamu, ada baiknya Anda memahami bagaimana menafsirkan mimpi selingkuh. Melansir dari Verywell Mind, Jumat (29/12/23), terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan bila Anda bermimpi selingkuh.

Apa Arti Mimpi Selingkuh?

Mimpi jarang sekali tentang apa yang terlihat di permukaan atau bahkan tentang orang-orang yang Anda temui dalam mimpimu. Mimpi adalah petunjuk dari pikiran bawah sadar ke pikiran sadarmu, tetapi mimpi lebih berguna sebagai metafora dibandingkan indikator hasrat.

dr. Gundle mengatakan bahwa bermimpi tentang selingkuh tidak selalu menunjukkan bahwa Anda tidak bahagia dengan hubunganmu saat ini, ingin selingkuh dari pasanganmu, atau memiliki keinginan untuk bersama orang yang Anda impikan. Sebaliknya, mimpi tentang selingkuh sebenarnya bisa saja perihal:

  • Sebuah rahasia dalam hidupmu, keluarga, tempat kerja, atau lingkungan temanmu
  • Sebuah kebenaran yang Anda hindari atau coba Anda sembunyikan dari dirimu sendiri
  • Sebuah fakta yang perlu diungkap atua ditemukan
  • Keinginan akan sesuatu yang hilang dalam hidupmu, seperti keintiman atau petualangan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perasaan tentang Mimpi VS Detail Mimpi

Ketika menganalisis mimpi dalam sesi terapi, dr. Gundle mengatakan bahwa detail konkret dari mimpi tersebut kurang penting. Yang lebih menarik adalah perasaan yang ditimbulkan oleh mimpi itu.

Misalnya, bila kamu bermimpi berselingkuh, tertangkap basah, dan mampu menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana perasaanmu? Bila Anda merasa lega, itu bisa menunjukkan bahwa Anda memang merasa kega dan ingin menjernihkan hati nuranimu dengan menyelesaikan situasi tersebut. Mungkin situasi ini tidak ada hubungannya dengan pasanganmu.

Di sisi lain, bila Anda bermimpi berselingkuh dengan seseorang karena Anda tertarik pada kualitas tertentu darinya, ini bisa menandakan bahwa Anda berharap Anda, pasanganmu, atau seseorang dalam hidupmu memiliki kualitas itu juga.

Apa yang Harus Dilakukan Bila Kamu Bermimpi Selingkuh?

1. Pertahankan Menulis Buku Harian 

Akan sangat membantu bila Anda membuat jurnal di samping tempat tidur. Anda akan menuliskan impianmu segera setelah Anda bangun, yang mungkin akan memudar bersama waktu. Tuliskan semua detail yang dapat Anda ingat tentang mimpimu, termasuk karakter, peristiwa, sensasi, dan perasaan yang Anda alami.

Menyimpan buku harian mimpi tidak hanya membantu mengingat, tetapi juga dapat membantumu melacak pola dalam mimpimu dan mengidentifikasi elemen, tema, dan perasaan yang berulang.

Selain itu, ini juga dapat memberimu kesempatan untuk merenungkan mimpimu ketika dalam keadaan terjaga sehingga Anda dapat mengeksplorasi perasaanmu terhadap mimpi tersebut.

3 dari 3 halaman

2. Putuskan Apakah Akan Memberitahu Pasanganmu atau Tidak

Bila Anda berada dalam hubungan yang berkomitmen, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Anda harus memberi tahu pasanganmu atau tidak tentang mimpimu itu. 

Anda mungkin merasa bersalah meskipun pikiran untuk selingkuh belum terlintas di benakmu. Anda mungkin juga khawatir dengan reaksi pasanganmu karena dia mungkin menganggapmu juga demikian sehingga pasanganmu marah padamu.

dr. Gundle menyarankan untuk memutuskan berdasarkan sifat hubunganmu karena beberapa pasangan mungkin merasa terancam oleh mimpi ini. Yang lebih penting bagimu adalah untuk mengeksplorasi apa arti mimpi tersebut daripada mengungkapkannya kepada pasanganmu.

Lebih rumit lagi bila orang tersebut adalah seseorang yang Anda kenal karena hal itu tidak hanya dapat mengubah dinamika antara kamu dan orang tersebut, tetapi juga dapat memengaruhi hubungan pasanganmu dengan orang tersebut. 

Namun, dr. Gundle menjelaskan bahwa bermimpi tentang seseorang yang kenal tidak selalu berarti bahwa Anda tertarik atau ingin menjalin hubungan dengannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.