Sukses

Mudah Diterapkan, Ikuti 6 Cara Ini untuk Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan

Apakah perut Anda membuncit sehabis makan banyak? Ikuti tips singkat dari pakar kesehatan yang bisa diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta Siap-siap memasuki musim liburan yang tinggal menghitung hari! Biasanya di waktu tersebut, Anda sering merasa perlu memanjakan diri sendiri. Salah satunya dengan tidak mengontrol apa yang dimakan, lalu mengakhirinya dengan perut terasa buncit karena semua makanan yang dikonsumsi tersebut.

Jika melatih kontrol porsi bukan bagian dari strategi Anda dan sekarang perut Anda terasa membesar tiga kali lipat, jangan khawatir. Perut Anda sebenarnya belum terlalu menggembung, menurut Brigham and Women's Hospital. Sebaliknya, kemungkinan besar itu hanya gas.

“Ini disebabkan oleh kelebihan udara atau gas di saluran pencernaan,” kata pemilik RAD Nutrition, Rachel Doyle, RDN, yang berbasis di Chicago, yang berfokus pada kesehatan usus, seperti yang kami kutip dari Everyday Health.

“Saat kita makan, karbohidrat dipecah dan seratnya difermentasi, menghasilkan gas yang mengembang, yang bisa menyebabkan kembung.”

Meski tidak menyenangkan, hal ini umumnya bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. “Biasanya, kembung bukanlah tanda sesuatu yang serius, terutama jika itu hanya terjadi setelah makan besar,” kata Pam Fullenweider, RD, pendiri Fully Mediterranean di Houston.

Namun, jika penyakitnya kronis, kunjungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk menyingkirkan kemungkinan terjadinya penyakit yang lebih serius. “Jika Anda sering mengalami kembung, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau ahli diet untuk menentukan akar penyebabnya dan menyingkirkan kondisi medis yang mendasarinya,” kata Fullenweider.

Bahkan perut kembung yang biasa saja bisa menimbulkan rasa sakit. Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu hanya duduk dengan tidak nyaman dan menunggu. Coba ikuti beberapa cara yang akan kami bahas di bawah ini, yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tetap Terhidrasi

Minum air mungkin adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan ketika Anda merasa perut Anda akan meledak. "Tapi hidrasi sangat penting untuk meminimalkan kembung,” kata Doyle. “Ini membuat segala sesuatunya berjalan lancar di saluran pencernaan Anda, yang penting untuk buang air besar secara teratur dan sembelit serta kembung sering kali terjadi bersamaan.”

Selain itu, apa yang Anda makan dapat memengaruhi risiko kembung. Dan seringkali, perut kembung disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi garam. Sodium menyebabkan kembung, kemungkinan karena menyebabkan retensi air, menurut Harvard Health Publishing.

Tujuan minum air setelah makan adalah untuk mengimbangi natrium dan mendorong tubuh Anda untuk berhenti minum.

“Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, minum air dapat membantu mengurangi kembung dengan membuang kelebihan natrium dalam tubuh,” kata Fullenweider.

Anda mungkin menyadari bahwa minum air sebelum makan dapat membantu mengurangi kembung, dan langkah ini juga dapat memberikan manfaat ganda yaitu mengurangi kecenderungan makan berlebihan.

Sebuah penelitian kecil terhadap wanita, yang diterbitkan pada tahun 2018 di Clinical Nutrition Research, menunjukkan bahwa mereka yang minum air sebelum makan akan makan lebih sedikit tetapi merasa sama puasnya dengan mereka yang tidak minum air sebelum waktu makan.

3 dari 5 halaman

2. Berjalan Kaki Setelah Makan

“Daripada langsung menuju sofa setelah makan besar, lebih baik bergeraklah,” kata Fullenweider. “Berjalan-jalan sebentar dapat membantu merangsang motilitas lambung dan mengurangi kembung.”

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan membantu mempercepat pengosongan lambung. Lima atau 10 menit sudah cukup untuk membantu Anda merasa lega, kata Doyle.

Anda bahkan akan lebih baik lagi jika olahraga adalah bagian rutin dari rutinitas Anda. Menurut Temple Health, berolahraga secara rutin dapat membantu menjaga dinding usus besar tetap kencang sehingga feses dapat keluar dengan mudah.

3. Hindari Minuman Berkarbonasi

Anda mungkin mengira meminum minuman berkarbonasi, seperti soda, akan membuat Anda merasa lebih baik dengan memicu sendawa. Namun sebenarnya hal tersebut hanyalah menambah gas ke dalam sistem Anda. Menurut sistem layanan kesehatan Kristen nirlaba Providence, ketika mereka terjebak di perut Anda, Anda menjadi kembung.

4 dari 5 halaman

4. Mengonsumsi Teh

Untuk mencegah perut kembung, minumlah teh pepermint, jahe, atau adas, kata Doyle. “Teh-teh ini memiliki khasiat berbeda, yang dapat merelaksasi saluran pencernaan dan meredakan kembung dan gas,” kata Fullenweider.

Menurut Mount Sinai, peppermint dapat membantu mengatasi kembung karena melemaskan otot-otot yang berperan dalam mengeluarkan gas yang menyakitkan. Namun jangan minum teh pepermint jika Anda sedang berjuang dengan penyakit gastroesophageal reflux atau hiatal hernia.

Alasannya karena dapat menjadi bumerang dan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Sebagai gantinya, pertimbangkan teh jahe, karena penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa teh dapat membantu mempercepat pengosongan lambung. Adas adalah pilihan bagus lainnya yang telah terbukti membantu berbagai masalah perut, menurut ulasan sebelumnya.

5 dari 5 halaman

5. Tidak Mengonsumsi Permen Karet

Menelan terlalu banyak udara dapat menyebabkan kembung dan gas, kata Fullenweider. Menurut Michigan Medicine, udara ekstra masuk ke sistem Anda jika Anda makan atau minum terlalu cepat, minum minuman berkarbonasi, atau mengunyah permen karet.

Jika udara terperangkap di usus besar atau usus kecil, Anda akan merasa kembung dan mengandung gas, menurut Brigham and Women’s Hospital. Hindari permen karet selama perayaan hari raya atau liburan, sehingga Anda tidak menambahkan udara tambahan ke sistem Anda.

6. Kurangi Alkohol

Anda mungkin tergoda untuk menuangkan minuman lagi setelah makan malam, tapi itu tidak akan membantu perut Anda yang bengkak.

“Alkohol dapat memperlambat pencernaan dan meningkatkan retensi air,” kata Fullenweider.

Menurut Providence, alkohol pada awalnya akan membuat Anda harus buang air kecil lebih banyak, dan akhirnya dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi menyuruh tubuh untuk bergantung pada air, dan kemudian Anda berakhir dengan perasaan perut buncit. Pada akhirnya, untuk meminimalkan perut kembung, lebih baik Anda tetap mengonsumsi air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.