Sukses

5 Hewan Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Bisa Membunuh 725.000 Orang Per Tahun

Hewan paling berbahaya di dunia tidak selalu hewan yang besar. Berikut hewan paling berbahaya di dunia bahkan sampai mematikan.

Liputan6.com, Jakarta Jika berbicara mengenai hewan paling berbahaya, yang terlintas di pikiran pasti singa, harimau, hiu dan hewan-hewan besar lainnya. Hiu kerap digambarkan dalam film sebagai hewan berbahaya yang kerap membunuh manusia di air. 

Faktanya, data menunjukkan ada beberapa hewan di bumi yang mengancam manusia dan hiu tidak termasuk dalam urutan teratas hewan-hewan tersebut.

Melansir dari Science Fokus pada Jumat (24/11/2023), berikut hewan paling berbahaya di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Nyamuk

Siapa yang menyangka bahwa nyamuk adalah salah satu hewan yang paling berbahaya. Faktanya, nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia, melalui penyebaran penyakit malaria. Terutama nyamuk betina yang banyak menggigit, menjadikannya paling berbahaya.

Ancaman nyamuk sangatlah serius melalui penyakit mematikannya. Serangga kecil ini telah membawa sejarah manusia pada beberapa kesempatan hidup, seperti di Amerika dan Roma. Bahkan infeksi malaria sangatlah buruk di Afrika dengan terhitung 95 persen kasus dan 96 persen kematian di seluruh dunia.

Nyamuk mampu membunuh sekitar 725.000 hingga 1 juta manusia setiap tahunnya. Dengan 110 triliun nyamuk di planet ini, serangga tersebut dapat membawa penyakit mematikan seperti malaria, demam berdarah, virus West Nile, juga virus Zika. 

3 dari 11 halaman

Ular Membunuh 138.000 Manusia per Tahun

Mungkin terlihat tidak mencolok dan berada di alam liar, namun kenyataannya ular dapat menyerang manusia kapan saja jika merasa terganggu.

Contohnya, ular mamba hitam mampu membunuh manusia hanya dengan dua tetes racun dari gigitannya. Sementara itu, ular sanca bisa menelan manusia dewasa secara utuh setelah meremukkan tulang-tulang mangsanya.

Berdasarkan informasi dari WHO, meskipun beberapa orang beruntung bisa selamat dari kematian akibat gigitan ular, namun risikonya adalah dengan harus melakukan amputasi pada bagian tubuh yang tergigit.

4 dari 11 halaman

Anjing Membunuh 59.000 Manusia per Tahun

Hewan peliharaan yang umumnya menjadi teman manusia dapat berubah menjadi ancaman jika terjangkit rabies. Meskipun kematian akibat serangan hewan peliharaan jarang terjadi, WHO melaporkan bahwa sekitar 99% kasus kematian akibat rabies pada manusia disebabkan oleh anjing. Penularan rabies terjadi melalui air liur, baik melalui gigitan, goresan, maupun kontak langsung dengan area yang terinfeksi.

5 dari 11 halaman

Kalajengking Membunuh 3.300 Manusia per Tahun

Kalajengking dikenal sebagai hewan kecil yang agresif dan mampu menyengat dengan racun yang terdapat pada ekornya. Secara keseluruhan, terdapat sekitar 25 dari 2.600 spesies arachnida yang memiliki racun cukup kuat untuk menyebabkan kematian pada manusia.

Salah satu jenis kalajengking yang paling berbahaya dan tidak boleh dianggap enteng adalah kalajengking deathstalker. Racun yang dimilikinya, yang berwarna kuning, dapat fatal bagi anak-anak, orang dewasa, dan juga individu yang memiliki kondisi medis yang dapat memperburuk keadaan.

6 dari 11 halaman

Singa

Sering digambarkan sebagai hewan yang sangat buas, singa hanya menempati urutan terakhir dalam daftar ini. Singa biasanya menyerang pada malam hari menggunakan cakarnya yang tajam dan mampu menghasilkan luka dalam dengan gigitan yang mampu menghancurkan tulang atau tengkorak manusia.

Kucing besar ini akan mengintai mangsanya dalam kelompok kecil sebelum menerkam dan membunuhnya. Singa akan menyerang apabila merasa terganggu terutama pada hal melindungi anaknya dan pada saat kelaparan.

7 dari 11 halaman

Hewan Apa yang Paling Berbahaya di Dunia?

Nyamuk merupakan salah satu hewan paling berbahaya di dunia. Serangga ini telah membunuh sekitar 725.000 manusia per tahun melalui penyebaran penyakit seperti malaria dan demam berdarah dengue.

8 dari 11 halaman

Racun Apa yang Paling Berbahaya di Dunia?

Racun yang paling berbahaya yakni Racun Botulinum. Para ilmuwan berbeda pendapat tentang kadar racun suatu zat, tetapi mereka tampaknya setuju bahwa toksin botulinum yang diproduksi oleh bakteri anaerob adalah zat paling beracun yang pernah ada.

9 dari 11 halaman

Apa Nama Hewan Terpintar di Dunia?

Hewan terpintar di dunia adalah orang utan. Hewan ini mampu menggunakan alat, belajar bahasa isyarat hingga memiliki struktur sosial layaknya manusia yang hidup bermasyarakat.

10 dari 11 halaman

Hewan Apa yang Paling Mahal di Dunia?

Melansir dari Wealthy Gorilla, kuda pacu bernama Green Monkey dinobatkan sebagai hewan peliharaan termahal di dunia dengan harga US$16 juta atau Rp245,9 miliar.

11 dari 11 halaman

Hewan Apa yang Paling Pemberani?

Hewan Honey Badger atau Ratel merupakan hewan yang kerap dijuluki sebagai hewan paling berani di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.