Sukses

Studi: Penggunaan Ponsel dapat Mempengaruhi Jumlah Sperma

Penggunaan ponsel mungkin dikaitkan dengan konsentrasi sperma dan jumlah total sperma yang lebih rendah, menurut penelitian baru.

Liputan6.com, Jakarta Ponsel menjadi salah satu benda yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun intensitas penggunaan ponsel berlebih nyatanya bisa berdampak pada kesehatan. 

Penggunaan ponsel mungkin dikaitkan dengan konsentrasi sperma dan jumlah total sperma yang lebih rendah, menurut penelitian baru. Namun, penelitian tersebut tidak menemukan hubungan apapun antara penggunaan alat tersebut dengan rendahnya motilitas (gerakan) dan morfologi (bentuk) sperma. 

Berbagai faktor lingkungan dan gaya hidup telah dikemukakan untuk menjelaskan penurunan kualitas sperma yang diamati selama 50 tahun terakhir, namun peran radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel belum dapat dibuktikan.

Dilansir dari Independent, Senin (6/11/2023) para peneliti dari Universitas Jenewa (UNIGE) menganalisis data dari 2.886 pria Swiss berusia 18 hingga 22 tahun, yang direkrut antara tahun 2005 dan 2018 di enam pusat wajib militer.

Mereka menemukan bahwa konsentrasi sperma secara signifikan lebih tinggi pada kelompok pria yang tidak menggunakan ponsel lebih dari sekali dalam seminggu (56,5 juta per mililiter), dibandingkan dengan pria yang menggunakan ponsel lebih dari 20 kali sehari (44,5 juta per mililiter).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kualitas sperma ditentukan oleh penilaian beberapa faktor

Menurut penelitian, perbedaan ini berhubungan dengan penurunan konsentrasi sperma sebesar 21% pada pengguna yang sering menggunakan perangkat, yaitu mereka yang menggunakan perangkat lebih dari 20 kali sehari, dibandingkan dengan pengguna yang jarang, yaitu mereka yang menggunakan ponsel kurang dari sekali, atau sekali sehari.

Kualitas sperma ditentukan oleh penilaian beberapa faktor seperti konsentrasi sperma, jumlah sperma total, motilitas sperma, dan morfologi sperma. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa seorang pria kemungkinan besar membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk menghasilkan anak jika konsentrasi spermanya kurang dari 15 juta per mililiter.

3 dari 4 halaman

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kualitas sperma telah menurun selama 50 tahun terakhir

Selain itu, kemungkinan hamil akan menurun jika konsentrasi sperma di bawah 40 juta per mililiter. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kualitas sperma telah menurun selama 50 tahun terakhir, dengan kombinasi faktor lingkungan (pestisida, radiasi) dan kebiasaan gaya hidup (pola makan, alkohol, stres, merokok) diduga menjadi penyebabnya.

Hubungan yang ditemukan dalam penelitian ini lebih terlihat pada periode penelitian pertama (2005-2007) dan secara bertahap menurun seiring berjalannya waktu (2008-2011 dan 2012-2018).

Martin Roosli, profesor di Swiss Tropical and Public Health Institute (Swiss TPH) mengatakan: “Tren ini sejalan dengan transisi dari 2G ke 3G, dan kemudian dari 3G ke 4G, yang menyebabkan berkurangnya daya transmisi telepon. ”

Rita Rahban adalah peneliti senior dan asisten pengajar di Departemen Kedokteran Genetik dan Pengembangan di Fakultas Kedokteran UNIGE dan di Pusat Toksikologi Manusia Terapan Swiss (SCAHT) dan juga penulis pertama dan salah satu pemimpin penelitian ini.

Dia berkata, “Penelitian sebelumnya yang mengevaluasi hubungan antara penggunaan ponsel dan kualitas sperma dilakukan pada sejumlah kecil individu, jarang mempertimbangkan informasi gaya hidup, dan mengalami bias seleksi, karena mereka direkrut di klinik kesuburan.

“Hal ini telah memberikan hasil yang tidak meyakinkan.”

Penelitian yang dilakukan bekerja sama dengan TPH Swiss ini juga menunjukkan bahwa lokasi penyimpanan ponsel misalnya di saku celana tidak terkait dengan rendahnya tingkat konsentrasi dan jumlah ponsel.

4 dari 4 halaman

Masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut

Namun, jumlah orang yang mengatakan bahwa mereka tidak menyimpan ponsel dekat dengan tubuh mereka terlalu sedikit untuk menarik kesimpulan yang tegas mengenai hal ini.

Para pria dalam penelitian tersebut menyelesaikan kuesioner terperinci terkait dengan kebiasaan gaya hidup mereka, status kesehatan umum mereka, frekuensi penggunaan ponsel, serta di mana mereka meletakkannya saat tidak digunakan. Terlepas dari temuan yang dipublikasikan di Fertility and Sterility, para ahli mengatakan tidak ada alasan untuk khawatir.

Profesor Alison Campbell, kepala ilmuwan dari Care Fertility Group mengatakan, “Ini adalah penelitian menarik dan baru yang tidak boleh menimbulkan kekhawatiran atau perubahan drastis dalam kebiasaan.

“Pria yang ingin memiliki anak, atau ingin meningkatkan kesehatan spermanya harus berolahraga, makan makanan seimbang, menjaga berat badan yang sehat, menghindari merokok dan membatasi alkohol serta mencari bantuan jika mereka mengalami masalah untuk hamil. ”

Allan Pacey, profesor andrologi di Universitas Manchester, mengatakan, “Jika pria khawatir, menyimpan ponsel di dalam tas dan membatasi penggunaannya adalah hal yang relatif mudah dilakukan.

“Tetapi saat ini tidak ada bukti yang dapat meningkatkan kualitas sperma mereka (hal ini memerlukan uji coba terkontrol secara acak).”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.