Sukses

Ajak Generasi Muda Peduli Lingkungan, BLDF Luncurkan Serial Terbaru Pusaka

BLDF mempersembahkan serial web berjudul ‘Pusaka’ untuk menginspirasi generasi muda lebih peka terhadap isu-isu lingkungan dan memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberlanjutan bumi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) mempersembahkan serial web berjudul ‘Pusaka’ untuk menginspirasi generasi muda lebih peka terhadap isu-isu lingkungan dan memberikan kontribusi nyata dalam menjaga keberlanjutan bumi.

Director Communications Djarum Foundation, Mutiara Diah Asmara mengatakan, Pusaka merupakan serial web keempat bertemakan anak muda dan lingkungan yang diinisiasi gerakan berbasis digital Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling).

“Ketika ide membuat konten serial diusulkan banyak yang bertanya apakah cerita lingkungan akan menarik bagi generasi muda, namun pencapaian kami lewat tiga series web telah memperoleh 12,5 juta penonton pada kanal YouTube,” jelas Mutiara dalam sambutannya saat peluncuran serial web Pusaka di kawasan Candi Sewu, Yogyakarta, Rabu (25/10/2023).

Lebih lanjut ia mengatakan, “Hal ini yang membuat kami yakin bahwa konten edukasi lingkungan dalam bentuk medium film pendek atau serial menjadi salah satu cara menarik untuk menjangkau generasi muda.”

Menurut Mutiara, Pusaka menjadi konten edukasi lingkungan dalam bentuk medium film pendek atau serial yang menjadi salah satu cara menarik untuk menjangkau generasi muda.

"Pesan dari serial web Pusaka ingin menggarisbawahi ide bahwa kelestarian lingkungan terwujud dari buah kesadaran kita sebagai manusia untuk bersama-sama menjaga alam termasuk di dalamnya warisan sejarah," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keterlibatan generasi muda mendorong pertumbuhan ekonomi hijau yang ramah lingkungan

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nunu Anugrah memberikan apresiasi dalam peluncuran serial web ini. 

“Saya menyampaikan apresiasi serta mengucapkan selamat dan sukses atas peluncuran Pusaka oleh BLDF bersama gerakan berbasis media digital Siap Darling,” ucap Nunu.

Menurut Nunu, dunia tengah menghadapi triple planetary crisis yaitu, perubahan iklim, pencemaran udara, dan hilangnya keanekaragaman hayati. Ketiganya saling terkait dan sangat mendesak untuk diatasi.

“Dalam situasi krisis seperti ini tidak ada pilihan lain kecuali mengedepankan paradigma bekerja sama dan berkolaborasi. Keterlibatan aktif generasi muda dalam aksi lingkungan dapat menjadi modal dasar mendorong pertumbuhan ekonomi hijau yang ramah lingkungan,” sambungnya.

3 dari 3 halaman

Tentang Serial Pusaka

Tim produksi Pusaka mengambil latar keindahan alam Yogyakarta yang lekat dengan unsur warisan sejarah yang melegenda, Kawasan Candi Prambanan.

Serial ini menceritakan tiga orang sahabat, yaitu Getuk (Ucup Klaten), Risa (Audya Ananta), dan Bima (Rezky Mickey), yang mencari jawaban atas kegelisahan hidup mereka. Ketiganya mendapat pesan misterius yang harus dipecahkan, sehingga mendorong mereka untuk bersama terlibat dalam perjalanan yang mengesankan. Dalam misi mencari pusaka yang harus ditemukan, ketiganya menemukan pelajaran berharga yang mengubah pandangan mereka tentang kecintaan terhadap alam.

Serial web terbaru ini diharapkan mampu menarik penonton seperti ketiga serial web sebelumnya, yakni “Prince Darling,” “Jumpa,” dan “Healing Trip” yang berhasil ditonton 12,5 juta kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.