Sukses

5 Makna Lagu "Halo-Halo Bandung" yang Dijiplak Malaysia Jadi "Hello Kuala Lumpur"

Berikut makna lagu Halo-Halo Bandung yang dijiplak Malaysia menjadi Hello Kuala Lumpur

Liputan6.com, Jakarta Lagu Halo-Halo Bandung merupakan salah satu lagu perjuangan nasional yang kebanyakan orang hapal. Hal ini dikarenakan, di masa sekolah siswa akan diajarkan lagu yang diciptakan oleh Ismail Marzuki ini.

Saat ini tengah ramai lagu Hello Kuala Lumpur, lagu dari Malaysia yang diklaim menjiplak lagu Halo-Halo Bandung tersebut. Meski liriknya sedikit berbeda, namun nada lagu tersebut benar-benar sama dengan lagu Halo-Halo Bandung.

Lagu Halo-Halo Bandung memiliki lirik yang sederhana dan lugas bak menggambarkan kerinduan kepada Bandung, yang pada saat itu menjadi simbol perjuangan nasional.

Di sisi lain, lagu Halo-Halo Bandung memiliki berbagai makna yang mendalam bagi Bangsa Indonesia. Berikut beberapa di antaranya seperti dihimpun dari berbagai sumber.

1. Identitas budaya

Lagu Halo-Halo Bandung dapat menjadi bagian penting dari identitas budaya Indonesia karena mencerminkan kekayaan budaya Indonesia, terutama dalam hal musik dan seni.

Ini dapat menjadi salah satu contoh nyata seni musik menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas suatu bangsa.

2. Simbol perjuangan kemerdekaan

Halo-Halo Bandung juga menjadi simbol semangat perjuangan dan perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan asing. Liriknya penuh semangat mencerminkan tekad untuk meraih kemerdekaan dan mencapai cita-cita nasional.

3. Kebanggaan lokal

Lagu ini menjadi ungkapan kebanggaan terhadap kota Bandung sebagai salah satu pusat pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Lagu Halo-Halo Bandung menjadi semacam himne tidak resmi untuk Kota Bandung.

4. Warisan budaya

Lagu Halo-Halo Bandung merupakan salah satu warisan budaya peninggalan Ismail Marzuki. Sebagai komposer ternama Indonesia, ia telah memberikan kontrivusi besar dalam perkembangan musik Indonesia. Karena itulah, lagu ini menjadi bagian penting dari sejarah musik Indonesia.

5. Persatuan dan kesatuan

Lagu Halo-Halo Bandung juga merayakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan. Lagu ini menggambarkan kerinduan untuk bersatu kembali dengan Bandung, menciptakan simbolisme seluruh wilayah Indonesia bersatu dalam perjuangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Kepribadian Orang yang Lahir di Bulan September, Perfeksionis hingga Miliki Jiwa Pemimpin

Orang yang lahir di bulan September biasanya terbagi dalam dua kategori yaitu mereka yang berzodiak Virgo dan Libra. Namun sangat sedikit orang yang menyadari bahwa semua orang yang lahir di bulan ini memiliki ciri kepribadian unik yang dapat dikenali hampir di mana saja dan dapat diidentifikasi sebagai mereka yang lahir di bulan September. 

Mereka berjiwa sosial dan memancarkan kepercayaan diri. Berikut adalah beberapa kepribadian orang yang lahir di bulan September dilansir dari Pinkvilla, Rabu (13/9/2023)

1. Orang yang Perfeksionis

Mereka yang lahir di bulan September adalah orang yang perfeksionis. Mereka selalu memastikan bahwa setiap hal yang ditugaskan kepada mereka dipenuhi tepat waktu dan tidak ada seorang pun yang berkesempatan untuk menyalahkan mereka. Semangat ini bahkan mempengaruhi orang-orang terdekat yang bekerja dengan mereka, menginspirasi mereka untuk bekerja lebih baik.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Sinopsis A Haunting in Venice, Tayang di Bioskop Mulai 13 September 2023

Agatha Christie tetap menjadi penulis fiksi terlaris sepanjang masa dan ratu cerita detektif. Kisah-kisahnya telah diadaptasi ke layar lebar berkali-kali dan telah menjadi sumber inspirasi utama untuk film-film detektif setelah masanya. Melansir dari Colider, setelah kesuksesan Murder on the Orient Express dan Death on the Nile, film ketiga dari film modern Hercule Poirot akan diputar di bioskop dalam waktu dekat.

Kenneth Branagh mengembalikan penggambaran detektif Hercule Poirot yang menakjubkan dalam adaptasi terbaru Agatha Christie, A Haunting in Venice, berdasarkan novelnya Hallowe'en Party. Untuk ketiga kalinya, Branagh akan menyutradarai dan membintangi film tersebut.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3 Larangan Saat Rebo Wekasan, Jika Dilakukan Dipercaya Dapat Mendatangkan Musibah

Rebo Wekasan merupakan tradisi perayaan Rabu terakhir bulan Safar yang masih dilakukan oleh sebagian muslim di beberapa daerah di Indonesia. Tahun ini Rebo Wekasan jatuh pada Rabu, 27 Safar 1445 H dan bertepatan tanggal 13 September 2023. 

Tradisi Rebo Wekasan sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Banten. Umumnya ada beberapa ritual yang dilakukan masyarakat saat Rebo Wekasan. Hal ini bertujuan untuk  menolak bala atau musibah saat Rebo Wekasan. Pasalnya ada begitu banyak mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Salah satunya yakni larangan yang tidak boleh dilakukan saat Rebo Wekasan. 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.