Sukses

Mengenal Tren Manifestasi untuk Mewujudkan Impian dan Cara Melakukannya

Manifestasi akan membantumu mewujudkan impian dalam waktu yang singkat. Yuk, simak ulasannya!

Liputan6.com, Jakarta - Rata-rata manusia memiliki impian yang ingin dicapai dalam hidupnya. Namun, tanpa disadari impian itu sering terhalang oleh kepercayaan dan keyakinan sendiri yang membatasi diri tentang kemampuan untuk berhasil.

Memang, musuh terberat itu bukanlah lawan dalam pertandingan, melainkan ego diri sendiri. Apabila hal tersebut dibiarkan terus menerus, maka seseorang akan sulit untuk meraih impiannya.

Pernahkah kamu mendengar tentang kekuatan pikiran? Ya, ketika kamu menginginkan sesuatu, cobalah berpikir seakan-akan kamu sudah mendapatkan hal tersebut. Dengan melakukan hal itu, secara tidak sadar kamu akan semakin berusaha agar keinginan tersebut benar-benar terwujud. Nah, metode tersebut dikenal dengan manifestasi.

Istilah manifestasi menjadi bahasan yang menarik untuk diperbincangkan. Beberapa waktu lalu, istilah ini marak beredar di media sosial, seperti TikTok. Banyak influencer dan kreator konten yang membagikan video perihal teknik dan manfaat manifestasi untuk mewujudkan hidup yang sesuai dengan keinginan.

Adanya pengaruh yang cukup besar tersebut, kini sudah banyak orang yang mulai mencoba menerapkan manifestasi agar tujuan hidupnya tercapai.

Sejatinya, manifestasi sudah dilakukan berabad-abad lalu oleh para ahli spiritual untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, hanya dengan mengandalkan pola pikir. Namun, apa makna sebenarnya dari menifestasi dan bagaimana cara menerapkannya agar impian bisa terwujud dalam waktu yang singkat? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari Thelawofattraction, Selasa (22/8/23).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Makna Manifestasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada dua makna dari kata manifestasi. Pertama, manifestasi adalah perwujudan sebagai suatu pernyataan perasaan atau pendapat. Kedua, manifestasi adalah perwujudan atau bentuk dari sesuatu yang tidak kelihatan. Dalam ilmu psikologi, manifestasi secara umum ialah menggunakan pikiran, perasaan, dan keyakinan untuk membawa sesuatu ke realitas fisik manusia.

Secara sederhana, manifestasi adalah sesuatu yang dimasukkan ke dalam realitas fisik melalui pikiran, perasaan, dan keyakinan. Hal ini bermakna bahwa semua yang kamu fokuskan adalah semua yang kamu bawa dalam realitas kehidupanmu. Kamu bisa fokus dan mewujudkan impian melalui meditasi, visualisasi, atau melalui tingkat kesadaranmu.

Misalnya, apabila kamu berpikir untuk mendapatkan peringkat pertama dalam suatu perlombaan dan kamu fokus pada tujuanmu dengan memusatkan pikiran dan perasaanmu pada tujuan itu, seperti mencoba meditasi dan memvisualisasikan tujuan tersebut maka hal ini akan membantu kamu mewujudkannya menjadi kenyataan.

Apabila kamu mendapatkan peringkat pertama dalam perlombaan tersebut maka itu merupakan hasil dari apa yang kamu pikirkan. Kamu sudah berhasil menerapkan manifestasi itu dalam hidupmu.

3 dari 5 halaman

5 Langkah Mewujudkan Impian dalam Waktu Singkat Melalui Manifestasi

Mungkin ketika kamu membaca tentang manifestasi, kamu akan merasa bahwa butuh waktu yang cukup lama untuk mewujudkan impianmu tersebut. Namun, para ahli menyarakan, bila kamu dengan hati-hati melakukan langkah-langkah yang beragam, kamu mungkin bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Faktanya, bila kamu bertanya cara mewujudkan impian dalam waktu yang singkat, kamu bisa melakukan lima langkah berikut ini.

1. Pilih Impianmu

Saat kamu memutuskan sesuatu yang spesifik untuk diwujudkan, kamu harus mengetahui secara pasti alasan kamu menginginkan hal tersebut dalam hidupmu. Selain itu, ketika kamu mencoba mewujudkan sesuatu dalam waktu 24 jam, kamu harus memilih sesuatu yang kamu yakini dapat terwujud dalam waktu yang singkat.

Sesuatu yang kamu inginkan harus berupa kebaikan karena kemungkinan besar itu merupakan langkah signifikan dalam perjalanan menuju tujuanmu yang lebih besar pula. Hubungkan impanmu itu dengan niat untuk memilikinya dan yakini bahwa kamu akan mendapatkan yang kamu impikan tersebut.

2. Singkirkan Hal yang Mengganggumu

Dalam perjalanan menuju kesuksesan, pasti akan ada hal yang menghalangi perjuangannyamu. Hal ini seharusnya menjadi kekuatan bukan ketakutan dalam prosesmu. Ada tiga hal yang kemungkinan akan mengganggu proses manifestasimu.

  • Keyakinan yang Negatif

Apabila kamu berada di situasi yang kurang baik secara emosional, kamu harus berusaha menempatkan diri dengan pola pikir yang tepat. Kamu tidak boleh fokus pada hal negatif. Untuk itu, luangkanlah waktu untuk mempraktikkan perawatan diri, seperti meditasi.

  • Orang dengan Aura Negatif

Saat kamu sedang memperjuangkan sesuatu, kamu harus memastikan tidak ada yang menghalangimu, seperti orang yang tidak memercayai kemampuanmu, mengkritik, dan mengeluhkan tentangmu. Lebih baik kamu hindari orang-orang yang seperti itu.

  • Manajemen Waktu

Kamu harus sabar saat berproses. Percayalah akan ada waktu yang tepat untuk kamu menikmati indahnya hasil perjuangan. Apabila sesuatu tidak terjadi pada kamu saat ini, bukan verarti hal itu tidak akan pernah terjadi.

4 dari 5 halaman

3. Visualisasikan Impianmu

Dalam melalukan manifestasi, cobalah untuk pergi ke suatu tempat yang tenang dan luangkan waktu untuk memvisualisasikan hal yang ingin kamu wujudkan. Tuangkan seluruh energi dan konsentrasimu untuk melihat impian itu dengan mata batin serta biarkan semua perasan baik tentang impian itu muncul dalam diri kamu.

Langkah ini akan lebih baik apabila kamu melakukan visualisasi dengan multi-indera, seperti bila kamu dapat melihat, mendengar, mencium, meraba, dan merasakan hasil yang ingin kamu capai, buatlah hal itu nyata, seolah-olah kamu sudah memiliki itu.

4. Ambil Tindakan Untuk Mewujudkan Impianmu

Kamu dapat menghabiskan waktu dengan melakukan tindakan tertentu, seperti menyelesaikan langkah-langkah sebelumnya. Apabila kamu merasa ada dorongan untuk melakukan suatu tindakan, kamu dapat mempertimbangkan hal tersebut sesuai naluri kamu.

Namun, apabila kamu tidak mendapatkan hasil yang diinginkan dalam waktu 24 jam, lihatlah kembali langkah-langkah sebelumnya dan ulangi lagi.

5. Kenali dan Hargai

Pada dasarnya, hal utama yang kamu lakukan adalah menghargai sepenuhnya sesuatu yang sudah kamu miliki. Cobalah hubungkan pengalaman-pengalaman sebelumnya dengan pengalaman baru untuk memudahkanmu meraih impian. Kamu juga perlu mempertimbangkan bukti nyata yang kamu miliki bahwa pola pikir dapat berpengaruh dalam menciptakan perubahan yang nyata.

Semakin kamu meningkatkan hubungan tersebut, semakin baik pula kamu mewujudkan masa depan karena kamu akan merubah keraguan negatif yang membatasi dirimu dengan pikiran dan perasaan positif.

5 dari 5 halaman

Tanda Manifestasimu Akan Berhasil

Ketika kamu sedang berproses mewujudkan sesuatu dalam hidupmu, terdapat tanda-tanda yang harus kamu perhatikan untuk mengetahui bahwa manifestasi kamu akan berhasil. 

1. Mendengar tentang Keinginanmu

Hal ini bisa terjadi dengan mendengar percakapan seseorang atau mendengar radio yang sedang membahas tentang sesuatu yang kamu impikan.

2. Merasa Gembira

Apabila kamu mulai menunjukkan rasa senang meski tanpa alasan, ini bisa menjadi tanda bahwa manifestasi kamu akan berhasil.

3. Kamu Melihat Angka Berulang

Angka berulang memiliki arti penting dan ini pertanda baik bahwa manifestasimu segera berhasil. Perhatikan angka yang pernah kamu lihat.

4. Orang Lain Berbicara tentang Tujuanmu

Orang-orang di sekelilingmu mungkin akan mengemukakan tujuan hidupmu dalam percakapan, memberi tahumu bahwa kamu akan mahir dalam suatu hal meskipun mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut adalah tujuan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.