Sukses

Dokter Ingatkan Tanda Dini Diabetes di Penglihatan yang Tak Boleh Diabaikan

Berikut ini tanda dini diabetes di penglihatan yang harus Anda ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Penglihatan kabur, yang bisa datang "secara bertahap atau tiba-tiba", adalah tanda peringatan utama diabetes, jelas seorang dokter. Menurut Dr Chien Wong, meskipun penyakit mata "sangat umum" pada penderita diabetes bukan berarti menjadi gejala pertama, perubahan penglihatan bisa menjadi indikator awal.

Direktur dan konsultan ahli bedah mata di OCL Vision, Dr Wong mengatakan: "Di Inggris, hampir semua orang dengan tipe 1, dan hampir dua pertiga dari mereka dengan diabetes tipe 2, akan menderita beberapa derajat penyakit mata diabetes dalam waktu 20 tahun setelah didiagnosis."

Sementara itu, penglihatan kabur mungkin merupakan salah satu gejala pertama yang harus Anda perhatikan.

Ketika kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi, lensa di dalam mata bisa membengkak - mengakibatkan penglihatan kabur untuk sementara. Sebaliknya, kadar gula darah yang sangat rendah dapat menyebabkan masalah serupa.

Dr Wong menekankan pentingnya mengidentifikasi perubahan penglihatan "sejak dini", seperti yang dilaporkan oleh Express.co.uk.

“Diabetes menyebabkan pembuluh darah normal di retina – lapisan saraf sensitif di bagian belakang mata – menjadi rusak seiring berjalannya waktu. Ketika pembuluh darah rusak, cairan dapat bocor dan menyebabkan pembengkakan retina,” jelas Dr. Wong.

Mereka juga bisa berhenti bekerja sepenuhnya di area yang dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal pembuluh darah baru yang berdarah, dan pada kasus lanjut ablasi retina atau glaukoma. Kunci untuk mencegah hal ini terjadi adalah mengidentifikasinya sejak dini, sebelum terjadi kerusakan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki.

Dia menambahkan bahwa "munculnya floaters, atau titik-titik kecil yang tiba-tiba, yang mungkin menandakan pendarahan di dalam mata Anda, harus diselidiki oleh ahli optik berpengalaman "sesegera mungkin."

Diabetes.co.uk menyarankan: "Penglihatan kabur dapat memengaruhi satu mata (penglihatan kabur unilateral) atau kedua mata (penglihatan kabur bilateral), dan dapat terjadi sering atau jarang. Terlepas dari seberapa sering itu terjadi, itu tidak boleh dibiarkan tidak diobati karena bisa menjadi indikator masalah mata lain yang lebih serius."

Penglihatan kabur juga terdaftar sebagai salah satu gejala utama diabetes oleh NHS. Panduan juga menyatakan Anda harus mengunjungi dokter Anda sesegera mungkin jika Anda mengalami gejala utama, yang juga meliputi:

  • merasa sangat haus
  • buang air kecil lebih sering dari biasanya, terutama di malam hari
  • merasa sangat lelah
  • penurunan berat badan dan kehilangan massa otot
  • gatal di sekitar penis atau vagina, atau
  • sariawan yang sering terjadi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Cara Memotivasi Diri untuk Bangun Lebih Pagi Setiap Hari

Bangun lebih awal di pagi hari adalah cara yang bagus untuk memberi diri Anda waktu ekstra dalam sehari, dan ini bisa berarti lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. 

Namun banyak dari kita merasa pagi hari sulit dan berjuang untuk menukar tidur yang berharga dengan jam atau menit ekstra yang ditambahkan ke hari itu. 

 Namun, hanya karena sulit bukan berarti itu tidak layak untuk usaha Anda. Para ahli mengatakan ada beberapa cara untuk memotivasi diri sendiri untuk bangun lebih awal. Dilansir dari Best Life, berikut deretan tips teratas dari pakar tidur untuk bangun lebih awal agar memiliki pagi yang lebih menyenangkan, produktif, atau penuh makna.

1. Tetapkan niat mengapa Anda ingin bangun pagi

Pertimbangkan untuk meluangkan waktu sejenak untuk merenungkan dan bahkan menuliskan alasan mengapa Anda ingin bangun lebih awal di pagi hari. Apakah Anda mendambakan hari yang lebih produktif atau pagi yang lebih santai setelahnya, menemukan "alasan" Anda dapat membantu Anda mencapainya.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

6 Budaya Jepang Paling Terkenal yang Wajib Diketahui Wisatawan

Jepang terkenal memiliki salah satu budaya terkaya dan paling menarik di dunia. Banyak praktik dan tradisi kuno negara ini yang masih utuh sampai sekarang yang membantu membentuk gaya hidup Jepang yang unik dan persepsi global.

Sementara sebagian besar orang Barat memikirkan sushi, samurai, dan pegulat sumo ketika mereka berpikir tentang budaya Jepang, gagasan ini hampir tidak menggores permukaan orang Jepang dan budaya mereka yang beraneka ragam.

Jika Anda sedang bersiap-siap untuk berlibur ke Negeri Matahari Terbit, menuju ke sana untuk keperluan bisnis, atau sekedar ingin mewaspadai dan menghormati masyarakat negeri ini, berikut deretan tradisi dan ritual yang perlu Anda ketahui untuk berbaur dengan penduduk setempat dan tidak mengalami culture shock ketika berada di sana.

Dilansir dari The Japanese Shop, Selasa (15/8/2023), berikut ulasannya.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Selain Jadi Tradisi, Ini 7 Alasan Orang Jepang Duduk di Lantai Saat Makan

Kebanyakan keluarga Jepang duduk di lantai saat makan dan kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan kursi, bahkan di restoran bintang 5 di Jepang.

Duduk di lantai saat makan bukan hanya karena rumah orang Jepang biasanya berukuran sangat kecil, tapi ini telah menjadi tradisi Jepang zaman dulu yang hingga kini masih melekat.

BACA JUGA:Usai Diterjang Khanun, Jepang Bersiap Hadapi Terjangan Topan LanDuduk di kursi yang empuk saat makan memang sangat nyaman, tapi itu belum tentu baik untuk kesehatan. Tak heran jika kebiasaan duduk di lantai saat makan memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin ingin Anda coba.

Berikut beberapa alasan orang Jepang duduk di lantai saat makan, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (15/8/2023). 

1. Membantu pencernaan

Saat Anda duduk di lantai dengan menyilangkan kaki dan makan, Anda dengan mudah melakukan yoga pada saat yang bersamaan.

Posisi bersila ini disebut pose “mudah,” atau sukhasana, dan diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke perut, membantumu mencerna makanan dengan mudah dan mendapatkan vitamin dan nutrisi paling banyak.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.