Sukses

Warna Tinja Anda Bisa Menandakan Silent Killer dan Kapan Harus Mengunjungi Dokter

Ternyata ada warna tinja tertentu yang menandakan silent killer

Liputan6.com, Jakarta Memeriksa kotoran Anda setelah buang air besar (BAB) dapat memberi Anda pengetahuan tentang kesehatan Anda secara keseluruhan, dan memberi sinyal jika ada yang tidak beres - termasuk kanker.

Kotoran Anda dapat muncul dalam berbagai warna, dengan warna cokelat dan hijau dianggap paling normal. Seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa feses yang sehat biasanya dianggap “berwarna cokelat sedang, lunak dan berbentuk”.

Spesialis usus Michelle Geraghty-Corns, dari eternalbeing, menjelaskan: “Warna tinja Anda dapat bervariasi dalam warna dan konsistensi, menunjukkan beberapa faktor seperti apakah Anda minum cukup air, makan cukup serat, bagaimana sistem pencernaan Anda mengolah makanan, atau jika Anda memiliki penyakit yang mendasarinya.”

Menurut Michelle, jenis makanan yang kita makan dapat memengaruhi warna kotoran kita, dia menyoroti: “Beetroot, sebagai contoh, memberi kotoran warna merah muda bagi mereka yang tidak dapat memecah pigmen, yang terkadang dapat bertahan hingga 48 jam."

Meskipun sebagian besar perubahan satu kali warna kotoran tidak perlu dikhawatirkan, Michelle menyoroti bahwa ada beberapa warna yang harus Anda perhatikan - di mana penting untuk menemui dokter sesegera mungkin. Berikut adalah empat warna feses yang harus diperhatikan dan apa artinya.

1. Tinja berwarna hijau

Jika Anda melihat tinja berwarna hijau, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda telah makan banyak sayuran hijau dalam makanan Anda. Ini paling umum terjadi pada brokoli, kangkung, dan bayam.

“Makanan biru seperti blueberry dan pewarna makanan biru juga bisa mengubah warna kotoran Anda menjadi kehijauan”, kata ahli tersebut.

Dia menambahkan: “Kotoran hijau juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki infeksi bakteri, di mana Anda mungkin merasa tidak enak badan dan diare. Dengan gangguan seperti salmonella, giardia, atau norovirus, tidak ada waktu transit yang cukup untuk tinja berubah warna menjadi cokelat yang menyebabkan warna hijau.”

Jika Anda baru saja menjalani pengangkatan kandung empedu, atau menderita sindrom iritasi usus besar, Anda mungkin juga mengalami kotoran berwarna hijau, jelas Klinik Cleveland.

Michelle juga menambahkan bahwa ada beberapa obat yang dapat mengubah kotoran Anda menjadi hijau, termasuk antibiotik, kontrasepsi, dan suplemen zat besi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Feses berwarna kuning

“Makan banyak makanan berwarna kuning adalah penyebab umum kotoran Anda tampak kuning, dengan pewarna makanan kunyit sering menyebabkan perubahan warna tinja”, Michelle memberi tahu.

Namun, itu juga bisa menjadi tanda penyakit celiac atau penyakit Crohn. Michelle menambahkan: “Jika Anda memiliki penyakit celiac, tubuh Anda tidak dapat menangani gluten jadi jika Anda makan makanan yang mengandung protein seperti gandum, jelai dan gandum hitam, usus Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Jika Anda makan makanan ini dan melihat kotoran Anda berwarna kuning, ada baiknya Anda menemui dokter.

Seseorang dengan penyakit Crohn mungkin melihat lapisan kuning pada tinja mereka - ini adalah lendir yang membantu kotoran melewati usus.

Medical News Today menulis: “Tinja kuning berbau busuk mungkin merupakan tanda bahwa sistem pencernaan tidak menyerap nutrisi sebagaimana mestinya. Malabsorpsi dapat terjadi karena penyakit Crohn.”

Situs kesehatan menambahkan bahwa kondisi tertentu juga dapat menyebabkan tinja berwarna kuning, termasuk penyakit hati, kandung empedu, dan pankreas. Jika tinja kuning berlangsung selama beberapa hari atau terjadi bersamaan dengan gejala yang tidak biasa, seperti kram, nyeri, atau diare, penting untuk mencari pertolongan medis.

 

3 dari 5 halaman

3. Tinja berwarna hitam

Seseorang dapat mengalami tinja hitam akibat suplemen zat besi atau arang aktif yang tidak perlu dikhawatirkan, menurut Michelle.

Kotoran berwarna hitam juga bisa menjadi tanda peringatan dari sesuatu yang lebih serius, dia menjelaskan: “Kotoran hitam bisa menjadi tanda kanker usus karena dapat menunjukkan darah kering atau tua dari bagian atas usus."

"Jika Anda mengalami kotoran berwarna gelap, mungkin ada pendarahan di suatu tempat di saluran pencernaan Anda, jadi penting untuk menemui dokter."

Cancer Research UK menulis bahwa darah dari bagian atas usus tidak terlihat merah cerah. Badan amal itu menjelaskan: “Warnanya menjadi merah tua atau hitam dan dapat membuat gerakan usus Anda terlihat seperti ter. Pendarahan jenis ini bisa menjadi tanda kanker di bagian atas usus.”

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda menderita sembelit, tinja Anda juga bisa "sangat gelap dan sulit dikeluarkan", kata Michelle.

 

4 dari 5 halaman

4. Tinja berwarna merah

Warna merah pada tinja Anda sering menunjukkan adanya darah pada tinja Anda, tetapi ini belum tentu merupakan masalah yang serius.

“Jika Anda mengalami pendarahan satu kali saat BAB, ini bisa disebabkan oleh kekuatan yang berlebihan saat buang air besar atau wasir”, ahli usus menjelaskan.

Dia menambahkan: "Darah di tinja Anda juga bisa mengindikasikan kanker usus, terutama jika ditambah dengan demam, lemas berlebihan, atau muntah."

NHS Inform menjelaskan tiga gejala utama kanker usus termasuk darah dalam tinja, perubahan kebiasaan buang air besar - seperti lebih sering, buang air besar lebih encer - dan sakit perut. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

 

5 dari 5 halaman

Kapan harus mengunjungi dokter umum?

Penting untuk mengunjungi dokter Anda segera setelah Anda melihat adanya perubahan yang tidak biasa pada kebiasaan buang air besar Anda.

Michelle menjelaskan: “Sulit untuk mengetahui apa yang harus diwaspadai dengan kotoran Anda, jadi kami menyarankan Anda untuk berbicara dengan dokter jika memiliki perubahan pada kebiasaan rutin BAB."

“Jika Anda mengalami pendarahan dari pantat, perubahan frekuensi buang air besar, nyeri atau benjolan di perut, kelelahan ekstrem, atau penurunan berat badan secara tidak terduga, ini semua adalah tanda yang harus dilaporkan ke dokter Anda.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.