Sukses

Mahasiswa Universitas Diponegoro Dapat Ilmu Pengembangan Kewirausahaan dari CP Prima Goes to Campus

Kegiatan tersebut diadakan di Auditorium FPIK Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan topik Trend Frozen Seafood Olahan untuk Pengembangan Kewirausahaan Pelaku UMKM

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 300 Mahasiswa jurusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang hadir secara luring dan daring dalam kegiatan kunjungan perusahaan PT Central Proteina Prima, Tbk (CP Prima) yang dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 17 Juni 2023.

Kegiatan tersebut diadakan di Auditorium FPIK Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan topik Trend Frozen Seafood Olahan untuk Pengembangan Kewirausahaan Pelaku UMKM memberikan pengenalan kepada mahasiswa mengenai tren produk makanan olahan beku berbasis boga bahari yang semakin diminati konsumen. 

Acara tersebut dibuka dengan sambutan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UNDIP, Prof. Ir. Tri Winarni Agustini, M.Sc., Ph.D, kegiatan tersebut diadakan dengan harapan dapat menambah wawasan baru kepada mahasiswa mengenai dunia industri perikanan dan kelautan yang memiliki potensi cukup luas.

Mengutip hasil data dari Susenas 2021, secara umum penduduk Indonesia memiliki rata-rata pengeluaran sebesar Rp1,28 juta/kapita/bulan. Dengan rincian pengeluaran untuk konsumsi makanan sebesar Rp631,6 ribu/kapita/bulan. Ikan/Udang/Cumi itu masuk ke dalam salah satu dari posisi 5 teratas untuk pangsa pengeluaran konsumsi makanan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi olahan boga bahari yang luas

Anjani Miranti, selaku Division Head of Marketing Food di CP Prima Seafood mengatakan, CP Prima telah mengekspor produk ke beberapa negara di mancanegara.

"Saat ini potensi olahan boga bahari masih terbuka cukup luas. Di pasar domestik pun dalam beberapa tahun terakhir terutama paska pandemi, memiliki pertumbuhan yang cukup baik di lini bisnis produk makanan olahan beku berbasis boga bahari. Trend dan permintaan sudah mulai banyak merambah juga ke pelaku UMKM yang menggunakan produk tersebut misalnya diperuntukkan di kedai makanan saji, jajanan, ataupun menjadi agen penjualan CP Prima Seafood untuk konsumsi rumah tangga," ujar Anjani.

Sementara itu, Panca Dias Purnomo, selaku Human Resource Business Partner Feed Business Group di PT Central Proteina Prima, Tbk (CP Prima) memaparkan bahwa di perusahaan CP Prima yang telah bergerak di industri aquaculture selama 43 tahun, saat ini semakin berkembang dari hulu hingga hilir, dan membuka banyak kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat bekerja dan berkontribusi di perusahaan.

3 dari 3 halaman

Antusiasme mahasiswa 

PT Central Proteina Prima, Tbk (CP Prima) merupakan perusahaan akuakultur di Indonesia yang bergerak di bidang pakan budidaya perikanan dan makanan olahan. Usaha perusahaan meliputi bidang pertambakan udang terpadu, produksi dan perdagangan pakan udang, pakan ikan, pakan ternak, pakan hewan peliharaan, probiotik, dan makanan berbasis boga bahari.

Para mahasiswa yang hadir di acara tersebut sangat antusias untuk menggali ilmu dan informasi yang ingin didapatkan dari kegiatan ini.

Diharapkan ke depannya, kegiatan ini dapat menjembatani antara praktisi di perusahaan dengan mahasiswa yang sedang melakukan studi untuk dapat mengembangkan industri ini bersama dan memajukan bidang Perikanan dan Kelautan di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.