Sukses

Mengenal Hazelnut yang Disebut Sama dengan Kemiri, Baik untuk Kesehatan hingga Kecantikan

Baru-baru ini media sosial dibuat heboh lantaran ada seorang warganet yang mengatakan bahwa hazelnut merupakan kemiri. Padahal keduanya berbeda. Hazelnut adalah kacang dari pohon hazel (Corylus avellana) yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan biasanya dimakan sebagai makanan.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial dibuat heboh lantaran ada seorang warganet yang mengatakan bahwa hazelnut merupakan kemiri. Padahal keduanya berbeda. Dilansir dari Web MD, hazelnut adalah kacang dari pohon hazel (Corylus avellana) yang kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan biasanya dimakan sebagai makanan.

Hazelnut mengandung minyak, protein, serat, dan antioksidan. Antioksidan dalam hazelnut memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Hazelnut adalah buah dari pohon hazel (corylus). 

Ini berbentuk bulat, runcing di ujungnya dan dikelilingi cangkang keras. Hazelnut biasanya berwarna coklat dengan garis garis dan ujung runcing. Beberapa orang menyebutnya filberts. Cangkang luarnya keras sementara dalamnya berwarna putih krem ​​dengan kulit tipis berwarna cokelat.

Secara historis, hazelnut berasal dari Eropa dan Asia, tetapi saat ini, hazelnut tumbuh di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat. Tapi hazelnut bukan hanya sumber makanan. Kayu hazel dapat digunakan untuk kayu bakar dan pembuatan arang. Itu mungkin juga telah digunakan untuk konstruksi tempat tinggal, jalan setapak, pagar, dll. Sementara daunnya juga tampaknya menjadi pakan pilihan untuk hewan peliharaan.

Hazelnut adalah sumber makanan dengan manfaat kesehatan yang melimpah, termasuk kemampuannya menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Hazelnut tinggi serat, yang sangat penting untuk kesehatan usus dan pencernaan. Hazelnut juga mengandung Vitamin E, antioksidan kuat yang bermanfaat bagi kulit, rambut, dan kuku Anda.

Hazelnut juga merupakan sumber magnesium, potasium, dan seng yang baik  semuanya merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Hazelnut sering disebut sebagai "kacang pencuci mulut" karena memiliki rasa yang lembut dan seperti kacang dan sering digunakan dalam makanan yang dipanggang. Meskipun Anda bisa memakannya tanpa rasa, hanya dengan sedikit gula dan coklat, mereka berubah menjadi lebih lezat.

Tentu saja, hazelnut juga bisa digunakan dalam hidangan gurih, dan rasanya yang lembut dan pedas cocok untuk digunakan dalam pesto atau sebagai pengganti kenari, pecan, dan kacang pinus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Hazelnut Bagi Kesehatan Tubuh

Dilansir dari bebodywise, berikut ini sederet manfaat hazelnut bagi kesehatan:

1. Baik untuk Pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa serat makanan, senyawa polifenol, dan asam lemak tak jenuh yang ada dalam hazelnut meningkatkan jumlah mikroba di usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Ini membantu mengobati sindrom iritasi usus besar dan sembelit. Serat dan polifenol yang ada dalam hazelnut juga berfungsi sebagai probiotik yang meningkatkan pencernaan. Oleh karena itu, hazelnut juga efektif dalam menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut penelitian, konsumsi hazelnut secara teratur bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Hazelnut juga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kemungkinan serangan jantung. Hazelnut juga mengandung asam oleat dalam jumlah tinggi, yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kesehatan hazelnut lain yang mengejutkan adalah mencegah kanker. Menurut American Institute of Cancer Research, hazelnut mengandung alpha-tocopherol, sejenis vitamin E yang kaya akan antioksidan. Ini mengurangi risiko kanker dengan membunuh radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk merusak DNA sel. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi hazelnut secara teratur secara efektif mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita karena fitokimia yang ada dalam hazelnut meningkatkan kelangsungan hidup sel.

4. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Hazelnut juga bermanfaat dalam mengelola kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambahkan hazelnut ke dalam makanan mengurangi kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL-C) dalam tubuh, yang membantu mengontrol kadar gula.

3 dari 4 halaman

Manfaat Hazelnut Bagi Kesehatan Kulit

Sementara itu di sisi lain hazelnut juga baik untuk kesehatan kulit. Dilansir dari stylesatlife, berikut ulasannya:

1. Mencegah penuaan

Proses penuaan bisa dicegah atau ditunda dengan hazelnut. Manfaat hazelnut mentah bisa dilihat saat Anda mengonsumsinya secara internal. Tapi untuk kulit, bagusnya ada minyak hazelnut. Minyak hazelnut untuk kulit paling baik untuk orang di atas 30 tahun karena pada usia tersebut proses penuaan dimulai.

2. Mengobati jerawat

Karena hazelnut mengandung Vitamin E di dalamnya, hazelnut membantu meningkatkan kadar kolagen dan melembabkan kulit. Vitamin juga mengurangi jerawat dan mengobatinya juga. Manfaat kesehatan dari hazelnut membuatnya cocok untuk anak perempuan yang menjadi korban utama jerawat.

3. Menjaga Kulit Anda Terhidrasi

Hazelnut memiliki Vitamin E serta asam lemak yang bagus untuk kulit Anda. Ini membuat mereka terhidrasi dan kulit tetap kenyal. Setelah elastisitas kulit terjaga, Anda akhirnya terlihat segar dan muda.

4. Menjaga Kulit Anda Tetap Sehat dan Segar

Dengan manfaat susu hazelnut, baik pria maupun wanita dapat memanfaatkannya. Manfaat hazelnut untuk pria sangat banyak karena dapat dengan mudah menjaga kulit tetap sehat dan segar. Vitamin E dan asam lemak menghasilkan kulit elastis segar yang tetap sehat.

4 dari 4 halaman

Warganet Heboh Tiktoker Sebut Hazelnut Sama dengan Kemiri, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Baru-baru ini, sebuah postingan video TikTok yang membahas hazelnut sama dengan kemiri sedang ramai jadi pembicaraan warganet. Dalam video buatan Tiktoker tersebut, dirinya memberikan informasi tentang hazelnut itu adalah kemiri.

 

"Umur berapa kalian tahu hazelnut itu ternyata adalah kemiri guys?" tanya dia dalam postingan video TikTok yang diunggah pada Jumat, 9 Juni 2023.

Sontak postingan video yang sudah ditonton lebih dari 899 ribu kali itu viral di TikTok, dan di posting ulang olah warganet di platform media sosial Twitter. Baik pengguna TikTok hingga Twitter pun mayoritas memberikan pendapat dan komentar serupa, di mana hazelnut tidaklah sama dengan kemiri.

"Hazelnut ya hazelnut kemiri itu candlenut, bentuknya mirip tapi beda, bahkan beda genus, kemiri lebih mirip walnut," komentar salah satu pengguna TikTok di kolom komentar video Tiktoker itu.

Lainnya mengatakan, "Bedaaaaaaaaaa pohonnya aja beda 😭😩😩😩 kamu kenapa to mbuaaaaak." Tak sedikit pula netizen berkomentar, agar sebelum posting video tersebut harus melakukan riset terlebih dahulu.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.