Sukses

Lakukan 7 Hal Sederhana Ini untuk Memperbaiki Suasana Hati yang Buruk

Berikut deretan hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan senyum di wajah Anda dan mengatasi mood yang buruk.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menjalani hari tak sedikit dari kita yang mengalami suasana hati atau mood yang tidak baik. Apapun alasan awan gelap menggantung di atas kepala Anda, Anda tidak sendiri, kata psikolog Amy Mezulis, PhD, salah satu pendiri dan kepala petugas klinis Joon.

"Setiap orang mengalami hari-hari yang buruk. Wajar jika kita merasa kurang dari diri kita yang terbaik, apakah suasana hati yang buruk itu adalah lekas marah, sedih, cemas, atau sekadar stres," katanya. 

Tapi apa cara terbaik untuk menghilangkan suasana hati buruk dan dengan cepat? Beth Gulotta, pendiri NYC Therapeutic Wellness, mengatakan langkah pertama adalah menyadari bahwa suasana hati Anda sedang buruk, lalu membuat keputusan sadar untuk mengubahnya.

"Kamu bisa bekerja untuk membingkai ulang pikiranmu. Pikiran kita menentukan suasana hati kita, dan suasana hati kita menentukan perilaku kita, jadi pikiranmu adalah tempat yang bagus untuk memulai." 

Ini kedengarannya masuk akal bagi saya, tetapi saya menginginkan beberapa tip yang lebih konkret, hal-hal yang benar-benar dapat saya lakukan, daripada mencoba memperdebatkan pikiran saya sendiri yang sulit.

Untungnya, para ahli berbagi banyak ide dengan saya yang dapat dicoba oleh siapa saja. Dilansir dari Best Life, berikut deretan hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan senyum di wajah Anda dan mengatasi mood yang buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tetap tersenyum

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mood yang buruk ialah dengan tersenyum. Setengah tersenyum akan baik-baik saja, kata psikoterapis Amy Morin, LCSW.

"Ada bukti bahwa tersenyum membuatmu merasa bahagia," katanya. "Dan Anda tidak perlu tersenyum lebar. Hanya setengah senyum di mana kamu mengangkat sudut mulut Anda akan memberimu dorongan emosional instan." 

3 dari 8 halaman

2. Menari

Ahli saraf Friederike Fabritius, MS, menyarankan sesuatu yang lain untuk membuat mood lebih baik yaitu menari! Cara termudah untuk mendapatkan suasana hati yang lebih baik adalah dengan menggunakan tubuh Anda, berkat koneksi otak-tubuh. 

"Saat Anda berolahraga, otak Anda melepaskan endorfin, dopamin, dan serotonin, dan ini akan langsung mengangkat suasana hati Anda," kata Fabritius. 

"Menari sangat baik untuk otak Anda, karena Anda tidak hanya melepaskan semua jenis bahan kimia perasaan nyaman karena gerakan itu sendiri, Anda juga mengaktifkan otak emosional Anda sebagai hasil dari musik. Jadi bangun dan bergeraklah! Hanya 15 menit dapat memiliki dampak nyata pada suasana hati Anda secara keseluruhan."

Musisi, terapis, dan pelatih kehidupan Daniel Rinaldi juga mendukung tips ini. "Jangan takut untuk membuatnya konyol dan menari mengikuti lagu favorit Anda. Sebagai seorang musisi, saya selalu menyarankan kepada klien saya untuk membuat daftar putar lagu-lagu penambah mood favorit mereka dan menggunakannya saat Anda membutuhkannya!"

4 dari 8 halaman

3. Berjalan-jalan dan dengarkan suara burung

Jika Anda tidak suka berdansa, atau suasana hati Anda yang buruk terus berlanjut bahkan setelah tersenyum dan menari, inilah waktunya untuk memakai sepatu dan pergi keluar. "Paparan terhadap alam meningkatkan kesehatan mental, ini bisa termasuk berjalan-jalan di taman" kata Steven E. Pratt, MD, direktur medis senior di Magellan Healthcare.

Saat Anda keluar untuk menikmati sedikit tanaman hijau, buka telinga Anda untuk dengarkan suara burung. "Beberapa studi baru-baru ini menunjukkan bahwa paparan kicau burung adalah salah satu aspek alam yang paling kuat untuk meningkatkan kesehatan mental kita," kata Pratt, menunjukkan bahwa ini juga bisa bersifat virtual. 

"Alih-alih alarm, Anda dapat menyetel sinyal bangun ke kicauan burung. Anda juga dapat menyetel kicauan burung untuk diputar di speaker di kantor Anda pada siang hari atau di earphone."

5 dari 8 halaman

4. Kenakan pakaian Anda yang paling nyaman dan bersantai

Terkadang suasana hati Anda terlalu suram untuk mengumpulkan energi untuk menari atau berjalan-jalan dan tidak apa-apa! Meringkuk di sofa terkadang merupakan langkah yang tepat, dan jelas bukan tanda kekalahan. 

Psikoterapis James Miller, penulis Life Lessons: You are the Expert on Your Life, menyarankan untuk mengenakan pakaian favorit Anda yang nyaman dan memainkan genre musik favorit Anda. Lebih suka menonton acara yang sudah ada dalam daftar tontonan yang harus Anda tonton? Pastikan untuk menghindari acara TV keras yang menampilkan orang berteriak dan penuh perselisihan, dia memperingatkan.

6 dari 8 halaman

5. Tuliskan Apa yang Anda syukuri

Gagasan membuat jurnal rasa syukur sepertinya bukan hal baru bagi siapa pun, tetapi berapa banyak dari kita yang benar-benar melakukannya? 

"Bersyukurlah atas hal-hal dalam hidup Anda yang mengisi Anda dengan kebahagiaan. Luangkan waktu untuk menuliskannya dan merenungkannya masing-masing," katanya. 

"Saya merekomendasikan membuat jurnal hanya untuk membuat daftar semua yang Anda syukuri dan kemudian pada hari-hari Anda membutuhkan dorongan, Anda dapat membuka jurnal ini yang berisi daftar hal-hal yang Anda syukuri."

7 dari 8 halaman

6. Lepaskan dendam

Ini mungkin yang paling sulit tetapi ketika Anda membahasnya, memaafkan itu cukup sederhana. Bagaimanapun, itu terjadi di dalam pikiran Anda sendiri, tidak perlu menari atau berjalan-jalan di alam. Jadi, jika suasana hati Anda yang buruk berasal dari perasaan marah pada seseorang, lepaskanlah.

"Secara historis, orang menganggap pengampunan sebagai sesuatu yang kita lakukan untuk orang yang kita maafkan," kata Pratt. "Dari perspektif kesehatan mental, justru sebaliknya, memaafkan adalah hadiah yang kita berikan pada diri kita sendiri. Melepaskan dendam dan kebencian meningkatkan kesehatan mental kita."

Anda bahkan mungkin melangkah lebih jauh dan melakukan sesuatu yang baik untuk orang yang Anda maafkan tetapi itu terlalu jauh, cobalah melakukan sesuatu untuk tetangga, teman, atau bahkan orang asing. 

"Terlibat dalam tindakan kebaikan meningkatkan harga diri dan suasana hati kita," kata Pratt. "Mengekspresikan penghargaan kita untuk orang lain tidak hanya membantu meningkatkan suasana hati mereka, tetapi juga meningkatkan suasana hati kita sendiri. Ketika seseorang menganggap dirinya sebagai orang yang penuh kasih, itu meningkatkan suasana hati kita."

8 dari 8 halaman

7. Beri jeda pada hari Anda

Ketika semuanya gagal, kata Rinaldi, mungkin sudah waktunya untuk menyerah. "Beristirahatlah, karena jujur ​​saja, kamu mungkin membutuhkannya," katanya. "Putuskan diri Anda dari pekerjaan dan hal-hal yang membuat Anda merasa stres. Izinkan diri Anda untuk mematikan perangkat elektronik, mengambil buku, dan berpelukan di tempat tidur."

"Tidak apa-apa untuk istirahat, kita semua butuh istirahat! Sering kali, suasana hati kita yang buruk datang dari terlalu bersemangat dan kelelahan. Mandi, tidur siang, biarkan diri Anda berbaring di tempat tidur dan melamun. Ingat, suasana hati yang buruk tidak bertahan selamanya!"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.