Sukses

Bisa Sebabkan Kelumpuhan, Ini 5 Risiko Kesehatan Jika Anda Sering Duduk dengan Menyilangkan Kaki

Duduk menyilangkan kaki sebenarnya dapat menyebabkan banyak masalah jangka panjang yang berbeda. Berikut ini lima risiko kesehatan yang mungkin Anda hadapi jika terus-menerus duduk dengan menyilangkan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda sedang duduk saat membaca ini, luangkan waktu sejenak untuk melihat bagaimana posisi Anda duduk. Apakah kaki Anda disilangkan? Jika demikian, Anda mungkin ingin mengubah posisi Anda. 

Sandra Gail Frayna, seorang terapis fisik dan pendiri Terapi Fisik & Olahraga Hudson Premier, memberi tahu Bestlife bahwa duduk dengan kedua kaki menyentuh tanah dan lutut berdekatan adalah yang terbaik untuk tubuh Anda.

Tidak bisa menghilangkan kebiasaan menyilangkan kaki? Frayna merekomendasikan agar Anda setidaknya membatasi menyilangkan kaki tidak lebih dari 15 menit setiap kali. Itu karena duduk seperti ini sebenarnya dapat menyebabkan banyak masalah jangka panjang yang berbeda.

Berikut ini lima risiko kesehatan yang mungkin Anda hadapi jika terus-menerus duduk dengan menyilangkan kaki.

1. Hipertensi

Menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat sementara, menurut Sean Ormond, MD, seorang dokter bersertifikat di bidang anestesiologi dan manajemen nyeri intervensi.

Seperti yang dijelaskan Ormond, ini mungkin terjadi karena menyilangkan kaki dalam waktu lama dapat membatasi aliran darah.

"Saat Anda menyilangkan kaki, darah harus melewati saluran yang lebih kecil dan pembuluh darah bisa menjadi padat, membuat darah lebih sulit untuk kembali ke jantung Anda," jelasnya.

2. Masalah pinggul

Anda juga mungkin mulai mengalami nyeri pinggul jika Anda terus-menerus duduk dengan menyilangkan kaki terutama jika Anda menyilangkannya di lutut. Menurut Ormond, posisi ini bisa memberikan tekanan pada persendian pinggul Anda.

"Jika dilakukan secara berlebihan, hal itu dapat menyebabkan kondisi ortopedi tertentu, seperti nyeri pinggul atau displasia pinggul, terutama pada orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya," ia memperingatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Darah menggumpal

Aliran darah yang terbatas dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada hanya hipertensi. Itu juga bisa meningkatkan risiko pembekuan darah, menurut Leann Poston, MD, seorang dokter berlisensi yang bekerja sebagai ahli kesehatan untuk Invigor Medical.

"Kontraksi otot membantu menggerakkan darah melalui sirkulasi vena," kata Poston. Duduk diam, terutama dalam posisi terbatas, dapat memperlambat aliran darah, meningkatkan risiko pembekuan darah.

3 dari 4 halaman

4. Sakit kronis

Bahkan jika Anda memastikan untuk selalu duduk tegak, Anda masih bisa mengalami masalah postur jika kaki Anda terus disilangkan.

"Posisi yang tidak seimbang dapat membuat otot dan ligamen di tulang belakang tegang, menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri kronis seiring waktu," jelas Ormond. Ini dapat menyebabkan Anda mengalami nyeri punggung, leher, dan bahu, menurut dokter bersertifikat.

4 dari 4 halaman

5. Kelumpuhan

Dalam skenario terburuk, duduk dengan menyilangkan kaki dapat membuat Anda berisiko kehilangan kemampuan untuk menggerakkan kaki sama sekali. Jared Heathman, MD, seorang dokter bersertifikat yang berbasis di Houston, menjelaskan, sesuatu yang disebut "kelumpuhan kaki menyilang" dapat terjadi ketika Anda duduk dengan cara ini untuk jangka waktu yang lama. 

"Ini terjadi ketika tekanan dipertahankan pada saraf cukup lama untuk menyebabkan kelumpuhan saraf itu," jelasnya.

Untungnya, kelumpuhan kaki menyilang sering bersifat sementara, menurut Heathman. Tapi tetap saja, gejala dapat bertahan selama beberapa waktu, dia memperingatkan.

"Durasi menyilangkan kaki yang menyebabkan hal ini kemungkinan bervariasi dari orang ke orang. Posisi dan jumlah tekanan pada saraf kemungkinan merupakan variabel yang berkontribusi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.