Sukses

Studi: Traveling Membantu Menjaga Kesehatan Jantung dan Otak

Beberapa penelitian yang mereka soroti pun menunjukkan hubungan yang menarik antara liburan dan kesehatan fisik. Traveling diketahui dapat menurunkan risiko serangan jantung dan kematian akibat penyakit koroner pada kelompok tertentu, sementara situasi baru dan kompleks yang dihadapi saat traveling juga dapat membantu menjaga otak tetap tajam.

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian nampaknya menjadi hobi banyak orang. Bepergian atau traveling juga menduduki puncak tujuan banyak orang dan sudah pasti bahwa tetap sehat memperpanjang kemampuan kita untuk bisa terus liburan. 

Namun, penelitian menunjukkan bahwa kebalikannya juga berlaku yaitu bepergian sebenarnya dapat menjaga otak dan tubuh kita lebih sehat seiring bertambahnya usia.

Itu adalah pesan yang sangat ingin kita dengar saat ini, ketika kita mungkin sudah melihat kalender dan tidak sabar untuk menjalani liburan akhir tahun kita. Dilansir dari Health Fitness Revolution, Senin (29/5/2023), Global Coalition on Aging, sekelompok perusahaan di berbagai industri yang berfokus pada masalah yang berkaitan dengan penuaan, bekerja sama dengan Asosiasi Perjalanan A.S, telah mengedarkan analisis yang dilakukannya terhadap literatur medis yang ada tentang hubungan traveling dan kesehatan.

Beberapa penelitian yang mereka soroti pun menunjukkan hubungan yang menarik antara liburan dan kesehatan fisik. Traveling diketahui dapat menurunkan risiko serangan jantung dan kematian akibat penyakit koroner pada kelompok tertentu, sementara situasi baru dan kompleks yang dihadapi saat traveling juga dapat membantu menjaga otak tetap tajam.

"Tidak terlalu mengada-ada untuk membayangkan dokter meresepkan traveling untuk pasien mereka karena manfaat ini semakin dihargai secara luas," kata Michael Hodin, direktur eksekutif  Global Coalition on Aging dan mitra pengelola di High Lantern Group, sebuah perusahaan konsultan. 

“Itu menjadi kurang menyenangkan untuk dimiliki dan lebih menjadi hubungan yang perlu dimiliki,” tambahnya. Beberapa dekade yang lalu, masyarakat tidak sepenuhnya memahami manfaat diet dan olahraga, kata Hodin, dan hal yang sama mungkin berlaku untuk traveling saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang yang jarang traveling memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung

Sebagai bagian dari Framingham Heart Study yang telah berjalan lama, yang mempelajari penduduk Framingham, Massachusetts, wanita berusia 45 hingga 64 tahun ditanya seberapa sering mereka berlibur. 

Dalam studi lanjutan selama 20 tahun, para peneliti menemukan bahwa wanita yang berlibur setiap enam tahun (atau lebih jarang) memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung atau kematian koroner dibandingkan dengan wanita yang berlibur setidaknya dua kali setahun, bahkan setelahnya menyesuaikan faktor risiko tradisional seperti tekanan darah.

Sebuah studi sembilan tahun terpisah menemukan bahwa liburan tahunan mengurangi risiko kematian dari penyebab apapun, dan khususnya kematian akibat penyakit jantung, pada sekelompok pria yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung koroner.

3 dari 4 halaman

Traveling juga merupakan obat yang baik untuk kesehatan otak

"Traveling juga merupakan obat yang baik untuk kesehatan otak," kata Paul D. Nussbaum, seorang psikolog yang berbasis di Pittsburgh yang berpartisipasi dalam laporan Global Coalition on Aging.

Meskipun penelitian yang mengisolasi dampak perjalanan hanya sedikit, banyak penelitian menunjukkan bahwa ada manfaat yang meningkatkan otak untuk pengalaman sosial dan waktu luang.

Satu studi menemukan bahwa partisipasi rutin dalam kegiatan seperti bepergian, pekerjaan serabutan atau berkebun dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah.

"Pengalaman baru yang menantang dalam bentuk apapun dapat meningkatkan kesehatan kognitif, dengan membantu otak mengembangkan bagian sel saraf yang disebut dendrit, yang seperti cabang pohon," sambungnya. 

Misalnya, studi terkenal dari University College London telah menunjukkan bahwa bagian otak pengemudi taksi London benar-benar berkembang untuk membantu mereka menavigasi rute kompleks mereka di sekitar kota. 

4 dari 4 halaman

Traveling yang melibatkan menavigasi lingkungan yang asing dapat meningkatkan kinerja otak

Sementara studi-studi ini berfokus pada orang-orang di lingkungan kerja, Nussbaum dan yang lainnya berpendapat bahwa hal baru dalam perjalanan terutama jenis yang melibatkan menavigasi sendiri lingkungan yang asing dapat meningkatkan kinerja otak.

Elderhostel, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Boston, menawarkan berbagai tingkat struktur dalam program perjalanan yang ditawarkannya, berganti nama dalam beberapa tahun terakhir dengan nama Road Scholar. 

"Yang paling populer di kalangan boomer adalah opsi 'fleksibel' yang membagi hari menjadi dua, antara aktivitas kelompok terencana dan eksplorasi independen," kata JoAnn Bell, wakil presiden Road Scholar Programs.

Menavigasi medan asing bisa membuat stres, kata Bell, sehingga sering kali pemandu wisata akan membantu peserta mempelajari jalan mereka di tempat baru sebelum mereka pergi sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.