Sukses

15 Contoh Soal Pengetahuan dan Pemahaman Umum UTBK SNBT 2023, Beserta Kunci Jawabannya

UTBK merupakan salah satu syarat utama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia. Untuk itu, calon mahasiswa perlu menyiakan diri sebaik mungkin, salah satunya adalah dengan berlatih soal.

Liputan6.com, Jakarta - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu jenis ujian masuk perguruan tinggi di Indonesia yang dilakukan secara nasional.

UTBK SNBT 2023 terdiri dari tiga materi yaitu 1) Tes Potensi Akademik (TPS). Dalam TPS, materi yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Kemampuan Kuantitatif, dan Pengetahuan dan Pamahaman Umum. 2) Literasi dan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan 3) Penalaran Matematika.

UTBK merupakan salah satu syarat utama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, dan hasil UTBK digunakan sebagai salah satu faktor penentu dalam seleksi masuk PTN. UTBK merupakan ujian yang sangat penting bagi calon mahasiswa di Indonesia dan banyak diikuti setiap tahunnya.

UTBK SNBT 2023 menggunakan sistem penilaian IRT (Item Response Theory) sebagai metode untuk mengukur kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan dalam ujian.

Oleh karena itu, setiap pertanyaan pada tes UTBK memiliki tingkat dan daya yang berbeda sehingga skor yang akan didapat juga berbeda. Soal yang lebih sulit akan mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Penting untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), salah satunya dengan mengerjakan soal-soal dari tahun sebelumnya, memberli buku soal UTBK atau bahkan menggunakan aplikasi atau situs web yang menyediakan latihan soal UTBK.

Selain itu, latihan soal juga dapat membantu kemampuan calon mahasiswa dalam menjawab soal dengan waktu yang sudah ditentukan. Berikut kumpulan contoh soal UTBK SNBT 2023 beserta kunci jawabannya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (11/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Soal Pengetahuan dan Penalaran Umum

(1)Kebudayaan Indonesia dari zaman ke zaman mengalami perubahan. (2) Perubahan ini terjadi karena faktor masyarakat yang memang menginginkan perubahan.

(3) Perubahan kebudayaan terjadi sangat cepat karena pengaruh unsur-unsur globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia. (4) Unsur globalisasi masuk tak terkendali merasuki kebudayaan nasional, yang merupakan jelmaan kebudayaan lokal yang ada di setiap daerah dari Sabang sampai Merauke.

(5)Pola hidup masyarakat masa kini dengan masa dahulu sangat berbeda. (6)Hal ini merupakan dampak arus globalisasi sehingga perlu penanganan yang lebih baik. (7)Dampak lain globalisasi adalah perkembangan teknologi canggih yang sangat membantu manusia, tetapi juga dapat menggeser nilai-nilai budaya dan sosial.

(8) Sebagai contoh, di bidang pertanian, masyarakat yang dahulu sangat menjunjung tinggi budaya gotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan sekarang cenderung menggunakan mesin mulai dari menanam hingga proses penggilingan padi. (9) Budaya gotong royong perlahan-lahan mulai dilupakan.

1. Perumpamaan pada bacaan di atas dapat ditemukan pada kalimat ....

(A) (1)

(B) (2)

(C) (3)

(D) (7)

Jawaban: (D)

 

2. Kata jelmaan dalam kalimat (4) berasosiasi dengan ....

(A) kehidupan

(B) kelahiran

(C) kemasukan

(D) kekuasaan

(E) kekayaan

Jawaban: (A)

 

3. Pesan tersirat dari paragraf (1) adalah ...

(A) Sejak dahulu Indonesia kaya dengan budaya yang beragam.

(B) Kebudayaan Indonesia mengalami kemajuan yang pesat.

(C) Kebudayaan Indonesia sekarang tidak sama dengan yang dahulu.

(D) Kebudayaan nasional merupakan kumpulan dari kebudayaan daerah.

Jawaban: (C) 

 

4. Sikap penulis pada bacaan tersebut adalah ....

(A) prihatin

(B) cemas

(C) bingung

(D) kaget

Jawaban: (A)

3 dari 5 halaman

Contoh Soal Pengetahuan dan Penalaran Umum

(1)Dalam hal privasi data, aplikasi di ponsel cenderung tidak aman. (2)Oleh karena itu, penting mengamankan data pribadi, terutama jika menyangkut aplikasi yang digunakan. (3)Banyak cara untuk menemukan atau menghapus data yang dapat kita pelajari.

(4)Selain itu, kita juga bisa mempelajari cara melindungi privasi data dan meningkatkan keamanan ponsel. (5) Salah satu di antaranya adalah menggunakan pengelola kata sandi.

(6)Kata sandi yang terkuat adalah karakter acak. (7)Karakter acak ini terdiri atas serangkaian huruf, angka, dan simbol tanpa urutan tertentu yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, pemecahannya oleh komputer sulit, dan hacker sulit meretas.

(8)Kelemahan karakter acak adalah kata sandi yang rumit dan cenderung sulit diingat. (9)Di sinilah aplikasi pengelola kata sandi berguna.

(10) Pengelola kata sandi menyimpan semua kata sandi dalam satu aplikasi terenkripsi dan dilindungi oleh kata sandi. (11)Aplikasi pengelola sandi menghasilkan dan mengingat kata sandi dengan kuat. (12) Dengan pengelola kata sandi, setiap akun dapat memiliki kata sandi yang berbeda, rumit, dan sulit diretas.

 

5. Sandi dalam kalimat (5) memiliki hubungan hierarkis dengan kata ....

(A) karakter

(B) keamanan

(C) ponsel

(D) hacker

(E) komputer

Jawaban: (B)

 

6. Frasa yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, pemecahannya oleh komputer sulit, dan hacker sulit meretas pada kalimat (7) akan menjadi benar bila susunannya ....

(A) yang cenderung tidak tertemukan dalam kamus, sulit pemecahannya oleh komputer, dan sulit diretas oleh hacker

(B) yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, sulit dipecahkan oleh komputer, dan hacker sulit meretasnya

(C) yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, pemecahannya sulit oleh komputer, dan sulit diretas oleh hacker

(D) yang cenderung tidak tertemukan dalam kamus, sulit terpecahkan oleh komputer, dan peretasannya oleh hacker sulit

(E) yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, sulit dipecahkan oleh komputer, dan sulit diretas

oleh hacker

Jawaban: (E)

 

7. Tujuan penulisan kalimat (9) pada bacaan tersebut adalah untuk ....

(A) menggambarkan informasi pada kalimat sebelumnya

(B) menjelaskan informasi pada kalimat sebelumnya

(C) mengelaborasi informasi pada kalimat sebelumnya

(D) mempertegas informasi pada kalimat sebelumnya

(E) membuktikan informasi pada kalimat sebelumnya

Jawaban: (D)

 

8. Fakta dalam bacaan tersebut terdapat pada ....

(A) kalimat (6)

(B) kalimat (8)

(C) kalimat (10)

(D) kalimat (11)

(E) kalimat (12)

Jawaban: (C)

4 dari 5 halaman

Contoh Soal Pengetahuan dan Penalaran Umum

(1)Sudah sebulan lebih Besudut masuk kuliah dan mulai berurusan dengan pelajaran. (2)Besudut adalah orang rimba pertama yang lulus seleksi sebagai mahasiswa di sebuah universitas di Jambi.
(3)Dia berasal dari kelompok orang rimba yang tinggal di daerah aliran sungai Bernai, Jambi. (4)Dia memilih masuk di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. (5)Kelak Besudut ingin mengejar matahari dan mendidik anak-anak rimba baca tulis. (6)Besudut kuliah dengan mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak.
(7)Uang kos bulanan dibayarkan oleh Bupati Tebo. (8)Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberinya uang bulanan sebesar Rp600.000,00. (9)Dukungan dan fasilitas tersebut yang dianggap masyarakat rimba sebagai gaji dari pemerintah.
(10)Sejak kuliah, setiap Jumat sore Besudut pulang ke rumahnya di kawasan transmigrasi Tanagaro, Kabupaten Tebo dan kembali Minggu sore. (11)Setiap pulang kampung, dia berusaha menyisihkan uang untuk membeli oleh-oleh. (12)Jika dia tak membawa apa-apa, warga rimba menggerutu karena dianggap kuliah tanpa hasil.

9. Apabila gagasan pada bacaan tersebut dipisahkan menjadi dua paragraf yang padu dan utuh, pengelompokan kalimatnya adalah ....

(A) (1-2-3) dan (4-5-6-7-8-9-10-11-12)

(B) (1-2-3-4-5) dan (6-7-8-9-10-11-12)

(C) (1-2-3-4-5-6) dan (7-8-9-10-11-12)

(D) (1-2-3-4-5-6-7) dan (8-9-10-11-12)

(E) (1-2-3-4-5-6-7-8) dan (9-10-11-12)

Jawaban: (B)

 

10. Gagasan dalam kalimat (1) dapat diungkapkan melalui kalimat ...

(A) Sejak bulan lalu, Besudut mengurusi kuliah dan memulai pelajaran.

(B) Selama sebulan lebih Besudut sudah kuliah dan mulai mengurusi pelajaran.

(C) Besudut sudah kuliah dan sibuk dengan pelajaran selama lebih dari sebulan.

(D) Kesibukan kuliah dan urusan pelajaran sudah dijalani Besudut sejak bulan lalu.

(E) Besudut masuk kuliah dan mengurusi pelajarannya dalam sebulan.

Jawaban: (C)

 

11. Kalimat yang tidak logis dalam bacaan tersebut adalah kalimat ....

(A) (3)

(B) (6)

(C) (8)

(D) (9)

(E) (10)

Jawaban: (A)

 

12. Manakah pernyataan yang menampilkan situasi serupa dengan situasi dalam bacaan tersebut?

(A) Seorang bapak menempuh perjalanan jauh untuk mendapat vaksin dan kembali dengan mendapat banyak bantuan kesehatan.

(B) Mobil ini dimodifikasi untuk dapat melaju kencang di arena, namun tetap memiliki fitur lama yang memudahkan pengguna.

(C) Seorang anak desa lama sekolah di luar negeri dengan beasiswa dan kembali untuk membangun desanya.

(D) Model telepon genggam ini sengaja dibuat dengan daya baterai tahan lama dan dapat digunakan di dalam air.

(E) Kereta dapat berpindah dari satu stasiun ke stasiun lain, namun perlu berhenti lama untuk pengecekan dan perbaikan.

Jawaban: (C))

5 dari 5 halaman

Contoh Soal Pengetahuan dan Penalaran Umum

(1)Minum air putih atau air mineral merupakan hal yang paling penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. (2).... (3) Dengan minum air putih, tubuh akan terbebas dari segala bentuk toksin yang berbahaya.

(4) Air putih juga mampu memberikan nutrisi penting bagi sel-sel tubuh. (5) Dengan demikian, tubuh akan terus terhidrasi dan saluran pencernaan akan terbantu.

(6) Tubuh kita membutuhkan rata-rata delapan gelas air dalam sehari. (7) Tidak hanya membersihkan tubuh dari berbagai unsur pencemar, tetapi air putih juga mampu mengisi daya tubuh tanpa harus menambah kalori.

(8) Oleh karena itu, air putih sangat penting bagi tubuh manusia. (9) Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan minum air putih delapan gelas per hari secara rutin adalah sebuah keharusan.

(10) Dengan demikian, pastikan Anda selalu menyediakan sebotol air minum, baik saat menonton televisi, membaca buku, bermain bersama teman-teman, maupun saat berkendara.

 

13. Bentuk ke-an pada kata kesehatan dalam kalimat (1) mempunyai kesamaan makna dengan bentuk ke-an dalam kalimat ...

(A) Sejak kepergian ayah, rumah kami terasa sepi sekali.

(B) Pertemuan itu dilaksanakan di kediaman ketua partai.

(C) Vaksinasi Senin nanti diselenggarakan di kelurahan masing-masing.

(D) Kesejahteraan rakyat desa ini meningkat sejak dia menjadi kepala desa.

Jawaban: (D)

 

14. Kalimat (6) dan (7) dalam bacaan tersebut mengandung hubungan ....

(A) perujukan

(B) perluasan

(C) pemerian

(D) sebab-akibat

(E) penguatan

Jawaban: (E)

 

15. Ungkapan yang tepat untuk menyimpulkan situasi bacaan tersebut adalah ....

(A) air putih sehat

(B) air putih segar

(C) air putih baik

(D) air putih higienis

(E) air putih penting

Jawaban: (E)

 

16. Kalimat pasif yang tepat untuk mengisi rumpang pada paragraf (1) adalah ...

(A) Dibutuhkan air putih oleh tubuh karena banyak manfaatnya.

(B) Banyak manfaat yang diberikan air putih terhadap tubuh.

(C) Pemanfaatan air putih yang sangat dibutuhkan tubuh.

(D) Kebutuhan akan air putih banyak dimanfaatkan oleh tubuh.

(E) Air putih yang memiliki banyak manfaat dibutuhkan oleh tubuh.

Jawaban: (B)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.