Sukses

Waspada, Mulut Kering Bisa Jadi Gejala 5 Penyakit Serius Ini 

Ternyata mulut kering bisa jadi gejala 5 penyakit serius ini

Liputan6.com, Jakarta Mulut kering adalah gejala yang sangat umum, dan kebanyakan kita sering mengabaikannya. Tetapi meskipun demikian, ini juga bisa menjadi tanda bahaya untuk lima penyakit serius yang harus kita waspadai, seorang dokter gigi terkemuka telah memperingatkan hal tersebut.

Mulut kering terkait dengan lebih sedikit air liur yang diproduksi seiring bertambahnya usia, atau terkait dengan masalah lain, seperti mendengkur, obat-obatan, merokok, atau terlalu banyak alkohol.

Namun, kesehatan mulut yang buruk juga bisa menjadi tanda bahaya untuk penyakit serius, dan berpotensi mengancam jiwa, seperti diabetes, stroke, dan bahkan HIV.

Dr Azad Eyrumlu, dari perusahaan gigi swasta terkemuka Banning Dental Group, mengatakan bahwa mulut kering yang terus-menerus seringkali bisa menjadi tanda ada sesuatu yang tidak beres di bagian tubuh lain.

Menurut Mirror, ia berkata: “Mulut kering bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres di tempat lain. Ini dapat memanifestasikan dirinya dengan gejala seperti rasa lengket di mulut, tenggorokan kering atau sakit, kesulitan mengunyah atau menelan atau bahkan bau mulut."

“Kondisi kesehatan tertentu seperti stroke, diabetes, atau penyakit Alzheimer dapat muncul dengan sendirinya dengan cara ini, sementara gejala ini juga dapat menjadi indikator gangguan autoimun seperti HIV atau sindrom Sjogren.”

Dr Eyrumlu menambahkan: “Saat Anda mengunjungi dokter gigi, kami tidak hanya memperhatikan kesehatan mulut Anda. Kami juga dilatih untuk menemukan masalah tertentu yang lebih luas dengan kesehatan umum Anda. Sangat penting untuk tetap memperhatikan kesehatan Anda sendiri dan jika Anda melihat gejala mulut kering yang terus-menerus maka Anda harus menyoroti hal ini dengan dokter Anda."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mulut kering bisa menjadi tanda bahaya untuk:

  • Diabetes
  • Stroke
  • HIV
  • Penyakit Alzheimer
  • Sindrom Sjogren

 

Kondisi di mana kelenjar air liur kita gagal menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga kelembapan mulut dikenal dengan istilah Xerostomia.

Sementara kita mungkin tidak pernah menganggap pentingnya, ludah kita memainkan peran kunci dalam kesehatan mulut kita karena membantu menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri dan juga membersihkan partikel makanan.

Hal ini juga penting untuk mencegah kerusakan gigi, dan juga mengandung enzim penting yang membantu proses pencernaan, memastikan tubuh kita mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan.

Dianjurkan untuk menemui dokter gigi setiap enam bulan untuk memastikan kebersihan mulut Anda dalam kondisi yang baik dan untuk melacak masalah yang berkembang.

Para ahli merekomendasikan menyikat gigi selama dua menit dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dua kali sehari, serta flossing secara teratur dan penggunaan obat kumur.

3 dari 5 halaman

2 Tes Sederhana untuk Mengecek Kesehatan Ginjal Anda

Ginjal memainkan peran dalam menjaga Anda tetap hidup, sama seperti otak dan jantungmu.

Kedua organ seukuran kepalan tangan ini, yang terletak di punggung bagian bawah, memainkan peran yang sangat penting dalam bertindak sebagai filter dengan membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh. Selain itu, ginjal juga menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Kebanyakan orang tertarik untuk mengetahui kolesterol dan angka tekanan darah mereka. Namun, mereka juga harus mengetahui status ginjal mereka untuk melihat apakah ginjalnya sehat atau memiliki penyakit ginjal kronis, yang juga dikenal sebagai Chronic Kidney Disease (CKD).

"CKD adalah suatu kondisi yang berarti ginjal rusak dan tidak bisa menyaring darah sebagaimana mestinya," kata Direktur dan Konsultan Patolog di City Xray & Scan Clinic Pvt. Ltd, Sunita Kapoor, seperti mengutip dari Times of India, Rabu (3/5/2023).

Diabetes adalah penyebab utama penyakit ginjal kronis. Studi menunjukkan bahwa hampir satu dari dua orang dengan diabetes mengidap CKD, yang juga menunjukkan bahwa penyakit ini kurang terdiagnosis.

4 dari 5 halaman

2 pertanda penting untuk deteksi penyakit ginjal

Jika Anda didiagnosis menderita CKD, berarti Anda mengalami masalah ginjal selama beberapa bulan terakhir. Anda mungkin terkena penyakit ginjal kronis secara perlahan dan diam-diam, bahkan tanpa menyadarinya.

Anda akan kehilangan fungsi ginjal selama bertahun-tahun tanpa gejala yang signifikan. Orang-orang sering mengetahui tentang kondisi mereka hanya ketika ginjal mereka gagal dan sudah terlambat untuk pengobatan pencegahan.

Dalam situasi ini, mereka biasanya membutuhkan cuci darah atau transplantasi ginjal. Itulah mengapa mengetahui nomor ginjalmu itu penting.

Dua penanda penting untuk mendeteksi penyakit ginjal adalah estimasi Glomerular Filtration Rate (eGFR) dan Albumin-Creatinine Ratio (uACR) urine.

"Sementara eGFR diukur dengan tes darah, uACR diukur dengan tes urine. eGFR menunjukkan seberapa baik ginjalmu membersihkan darah dan uACR menunjukkan bahwa jika ada protein yang disebut albumin dalam urinemu, itu berarti ginjalmu rusak," jelas Dr. Kapoor.

Sementara, tes eGFR dihitung dari kadar kreatinin serum yang stabil setidaknya sekali dalam setahun, terutama pada semua pasien diabetes.

eGFR lebih akurat dibandingkan dengan kreatinin serum saja. Kreatinin serum dipengaruhi oleh massa otot, dan faktor usia, jenis kelamin dan ras yang terkait.

eGFR tidak bisa diandalkan untuk pasien dengan tingkat kreatinin yang berubah dengan cepat, massa otot dan ukuran tubuh yang ekstrem, atau pola diet yang berubah.

5 dari 5 halaman

Tes uACR

Tes uACR pada dasarnya memungkinkan dokter mengetahui berapa banyak albumin yang masuk ke dalam urinemu selama 24 jam.

Penyakit ginjal bisa mengacu pada hasil tes albumin urine 30 atau lebih. Tes juga bisa diulang sekali atau dua kali untuk memastikan hasilnya.

Eksresi albumin urine harus diperiksa setiap tahun untuk mendiagnosis dan memantau kerusakan ginjal pada pasien dengan diabetes tipe 1 selama lima tahun atau lebih atau dengan diabetes tipe 2.

Pemantauan yang lebih sering bisa diindikasikan pada pasien dengan perubahan status klinis atau setelah intervensi terapeutik.

Terlepas dari nomor ginjalmu, doktermu akan menggunakan riwatar medis Anda dan melakukan tes laboratorium dan pencitraan lainnya, seperti USG atau CT scan untuk mendapatkan gambaran ginjal dan saluran kemih.

Dengan cara ini, evaluasi lengkap membantu untuk memastikan atau menyingkirkan CKD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.