Sukses

Selain Kaya Akan Vitamin, Ini 8 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu buah yang kaya akan vitamin dan mineral adalah buah semangka. Buah semangka mengandung 92% air dan bermanfaat untuk menghilangkan dehidrasi. Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lainnya dari buah semangka yang perlu Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi buah sangat penting untuk kesehatan tubuh karena buah mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, serat, dan senyawa fitokimia.

Mengonsumsi buah secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, menjaga berat badan yang sehat, dan membantu menjaga kesehatan ginjal.

Buah semangka adalah buah yang berasal dari tanaman semusim yang bernama sama, yaitu semangka (Citrullus lanatus). Daging buah semangka berisi banyak air dan memiliki rasa yang segar dan manis.

Buah semangka banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis, dan sering dijadikan sebagai buah segar atau bahan dasar untuk minuman dan makanan ringan. Selain rasanya yang enak, buah semangka juga mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan potasium.

Buah semangka mengandung sekitar 92% air, sehingga sangat efektif dalam menjaga tubuh tetap terhidrasi. Oleh karena itu, buah semangka memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Namun, mengonsumsi buah semangka terlalu sering juga memiliki dampak yang kurang baik untuk tubuh. Sebaiknya konsumsi buah semangka dalam batas yang wajar, karena meskipun buah ini sehat dan mengandung banyak nutrisi penting, namun juga mengandung gula alami yang dapat meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jadi, disarankan untuk mengonsumsi buah semangka secara seimbang dalam pola makan sehari-hari dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing individu. Untuk itu, Anda perlu mengetahui manfaat semangka untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir dari laman Web MD, Rabu (3/5/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengandung Likopen

Warna merah pada buah semangka berasal dari likopen, sebuah pigmen antioksidan. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat membantu mengurangi risiko kanker dan diabetes.

Semangka memiliki lebih banyak nutrisi ini daripada buah atau sayuran lainnya. Untuk mendapatkan likopen, pilihlah semangka dengan buah berwarna merah terang, bukan kuning atau oranye. Semakin matang, semakin baik. Selain itu, semangka tanpa biji cenderung memiliki lebih banyak likopen daripada yang berbiji.

2. Menyehatkan Jantung

Semangka kaya akan asam amino yang disebut citrulline yang dapat membantu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Jantung Anda juga dapat menikmati manfaat dari semua likopen yang dikandung semangka.

Penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan risiko serangan jantung. Namun, hal tersebut juga berpengaruh terhadap pola hidup Anda. Pastikan Anda secara teratur berolahraga, tidak merokok, membatasi lemak jenuh, dan mengonsumsi makanan yang sehat.

3. Melindungi Sendi

Semangka memiliki pigmen alami yang disebut beta-cryptoxanthin yang dapat melindungi sendi Anda dari peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seiring berjalannya waktu, hal ini dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena artritis reumatoid.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Semangka mengandung 92% air. Oleh karena itu, mengonsumsi semangka menjadi cara sederhana untuk membantu Anda agar tetap terhidrasi.

Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan air. Bahkan kekurangan sedikit saja dapat membuat Anda merasa lesu. Jika Anda benar-benar mengalami dehidrasi, ini bisa menjadi cukup serius sehingga Anda perlu mendapatkan cairan melalui infus.

5. Membuat Kulit Menjadi Lembut

Vitamin A, B6, dan C dalam semangka membantu kulit Anda tetap lembut, halus, dan kenyal. Karena mengandung banyak air, semangka juga bisa menjadi masker wajah yang bagus.

Campurkan 1 sendok makan jus semangka dengan yogurt dalam jumlah yang sama. Oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 10 menit untuk mengelupas kulit kering dan kusam. Bilas dan keringkan.

6. Membantu Meningkatkan Workout Anda

Kandungan air, antioksidan, dan asam amino yang tinggi pada semangka dapat membuat workout Anda menjadi lebih baik. Semangka juga mengandung kalium yang tinggi, mineral yang dapat mengurangi kram saat berolahraga.

Anda juga dapat mengonsumsi jus semangka setelah Anda selesa berolahraga. Hal ini dapat membantu mencegah nyeri otot, selama Anda tidak memaksakan diri terlalu keras.

4 dari 4 halaman

7. Tidak Akan Melonjakkan Gula Darah

Jika Anda sedang mencoba menjaga kadar glukosa darah Anda tetap stabil, mengonsumsi semangka merupakan pilihan yang tepat. Semangka memiliki nilai indeks glikemik (GI) 80, hampir sama dengan semangkuk cornflake.

Tapi kandungan karbohidratnya sedikit. Itu berarti beban glikemiknya (seberapa cepat memasuki aliran darah Anda dan berapa banyak glukosa yang dapat dihasilkannya) hanya 5. Oleh karena itu, Anda tetap dapat mengonsumsi semangka tanpa takut akan berakibat tingginya kadar gula dalam tubuh Anda.

8. Mudah Dicerna

Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti maag atau radang usus besar, ada begitu banyak daftar makanan yang tidak boleh dimakan karena akan berisiko untuk tubuh Anda. Tetapi, Anda dapat mengonsumsi semangka karena buahnya yang lembut dan mudah dicerna oleh usus yang sedang meradang sekalipun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.