Sukses

Kenali 4 Tanda Pasangan Berbohong Padamu Menurut Ahli

Untuk membantumu mengungkap kebenaran, ketahui beberapa tanda yang menunjukkan pasanganmu kemungkinan besar berbohong kepadamu menurut ahli.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu tentu pernah mengatakan kebohongan kecil dari waktu ke waktu. Tapi tidak ada yang ingin mengetahui bahwa pasangannya menyembunyikan rahasia besar dari mereka.

Tapi jika Anda semakin curiga dengan kejujuran pasanganmu, mungkin sulit untuk mengatakan apakah Anda hanya paranoid atau apakah kekhawatiranmu benar-benar dibenarkan.

Untuk membantumu mengungkap kebenaran, ketahui beberapa tanda yang menunjukkan pasanganmu kemungkinan besar berbohong kepadamu menurut ahli, seperti melansir dari Best Life, Selasa (2/5/2023).

1. Anda melihat perubahan mendadak dalam perilaku atau sikap si dia

Anda mungkin mengenal pasanganmu lebih baik daripada siapa pun. Jadi, jika Anda melihat perubahan besar dalam cara mereka bertindak, itu akan menimbulkan tanda bahaya.

"Perubahan perilaku atau sikap yang tiba-tiba bisa menjadi tanda bahwa pasanganmu berusaha menyembunyikan sesuatu atau merasa bersalah tentang sesuatu," kata petugas kesehatan mental di Startups Anonymous, Kerry Lauders.

Ketika terjebak dalam kebohongan, orang cenderung menjadi sangat waspada terhadap lingkungan mereka dan bertindak mencurigakan sebagai akibatnya.

"Berbohong bisa menyebabkan seseorang mengubah rutinitasnya dan mengambil cara baru untuk bekerja, atau mulai menjadi lebih penuh kasih sayang, atau pergi pada saat mereka biasa tinggal di rumah," ucap seorang psikolog berlisensi di New York City, Tzall, PsyD.

2. Dia menyembunyikan ponselnya

Cara umum orang mengubah perilakunya saat berbohong adalah dengan meningkatkan privasi ponselnya dan bahkan "menyembunyikan ponselnya darimu," kata seorang dokter berlisensi dan pendiri Theraphy Connection, Andrea Brognano, LMHC.

Seperti yang dijelaskan Joyce Marter, LCPC, psikoterapis berlisensi dan pendiri Urban Balance, akan ada "perubahan yang jelas" dalam kebutuhan pasanganmu akan privasi semacam ini ketika mereka tidak lagi jujur.

"Tiba-tiba pasanganmu memiliki kata sandi di ponselnya, mengunci lemari arsipnya, harus meninggalkan ruangan untuk menjawab panggilan telepon, atau layarnya membelakangimu saat menggunakan perangkat," kata Marter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Dia menghindari kontak mata langsung denganmu

Mata menjadi jendela jiwa, dan jika orang yang Anda sayangi menyembunyikan sesuatu darimu, mereka tidak akan menunjukkan kepadamu, jadi mereka akan mulai menghindari kontak mata langsung.

"Ini bisa menunjukkan bahwa dia merasa tidak nyaman dan berusaha menghindari kebohongan," ucap Lauders.

Tzall menambahkan, dia mungkin juga gagal menatap matamu karena dia merasa malu atau bersalah atas perilakunya.

 

3 dari 3 halaman

4. Dia berusaha keras untuk mengatakan bahwa dia tidak berbohong

Kadang-kadang, tanda kebohongan yang paling jelas melibatkan kebohongan langsung tentang kejujurannya.

Menurut pakar kesehatan mental dan psikoterapis berlisensi di JustAnswer, Jennifer Kelman, jika pasanganmu memulai kalimatnya dengan pernyataan seperti, "Saya tidak akan berbohong atau jujur," itu menjadi indikator utama bahwa dia sebenarnya melakukan yang sebaliknya.

"Jika Anda adalah orang yang jujur, Anda tidak perlu memulai setiap kalimat dengan mengumumkan bahwa Anda jujur atau tidak akan berbohong," lanjut Kelman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.