Sukses

Top 3: Sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day

Artikel tentang sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, tepatnya 1 Mei 2023 diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day. May Day adalah hari untuk memperingati perjuangan para buruh dan keberhasilan yang dibuat oleh gerakan pekerja dan buruh. Setiap tahunnya, May Day dirayakan pada tanggal 1 Mei di berbagai negara. Pemerintah Indonesia pun menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional.

Meski kerap diperingati di tanah air, namun tak sedikit masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui secara pasti seperti apa sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day. 

Mengutip dari laman Britannica, May Day yang merupakan Hari Buruh atau Hari Buruh Internasional, adalah hari untuk memperingati perjuangan bersejarah yang dibuat oleh pekerja dan gerakan buruh. Di Amerika Serikat dan Kanada peringatan serupa dikenal sebagai Labor Day, diperingati pada hari Senin pertama bulan September.

Pada tahun 1889, sebuah federasi internasional kelompok sosialis dan serikat buruh menetapkan 1 Mei sebagai hari untuk mendukung para pekerja atau buruh, untuk memperingati Kerusuhan Haymarket di Chicago (1886). 

Artikel tentang sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang May Day, ini 20 kata-kata Hari Buruh yang bisa jadi penyemangat para pekerja.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang ladies, ini tiga hal yang harus diperhatikan tentang pria saat kencan pertama.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei

 

Lima tahun kemudian, Presiden AS Grover Cleveland menandatangani undang-undang untuk menjadikan Hari Buruh yang telah diadakan di beberapa negara bagian pada hari Senin pertama bulan September menjadi hari libur resmi AS untuk menghormati para pekerja dan Kanada mengikutinya tidak lama kemudian.

Di Eropa, 1 Mei secara historis diasosiasikan dengan festival pagan pedesaan, tetapi arti asli dari hari tersebut secara bertahap digantikan oleh asosiasi modern dengan gerakan buruh.

Di Uni Soviet, para pemimpin menyetujui hari libur baru ini dan percaya itu akan mendorong pekerja di Eropa dan Amerika Serikat untuk bersatu melawan kapitalisme. Hari itu bahkan menjadi hari libur penting di Uni Soviet dan di negara-negara blok Timur, dengan parade terkenal, termasuk satu di Red Square Moskow.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. May Day, Ini 20 Kata-Kata Hari Buruh yang Bisa Jadi Penyemangat Para Pekerja

Hari ini 1 Mei 2023 diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day yang juga diperingati setiap tahunnya di tanggal yang sama. May Day atau Hari Buruh adalah hari untuk memperingati perjuangan para buruh dan keberhasilan yang dibuat oleh gerakan pekerja dan buruh.

Setiap tahunnya, May Day dirayakan pada tanggal 1 Mei di berbagai negara. Pemerintah Indonesia pun menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional.

Mengutip dari laman Britannica, May Day yang merupakan Hari Buruh atau Hari Buruh Internasional, adalah hari untuk memperingati perjuangan bersejarah yang dibuat oleh pekerja dan gerakan buruh.

Di Amerika Serikat dan Kanada peringatan serupa dikenal sebagai Labor Day, diperingati pada hari Senin pertama bulan September. Hari Buruh telah menjadi simbol perjuangan untuk kemerdekaan, demokrasi, dan persamaan pekerja di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, hari ini setidaknya puluhan ribu buruh akan menggelar aksi.

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) itu akan menggelar aksinya di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi untuk menyatakan aspirasinya. KSPI mencatat sudah terkonfirmasi 50 ribu orang akan menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional tersebut.

Jika Anda ingin ikut merayakan Hari Buruh Internasional, Anda juga melakukannya berbagai cara lainnya. Salah satu di antaranya adalah dengan membagikan kata-kata Hari Buruh melalui media sosial.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Ladies, Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Tentang Pria Saat Kencan Pertama

Saat kencan pertama dengan pria, ada beberapa hal yang harus diperhatikan wanita agar lebih memahami dengan siapa mereka berurusan atau bahkan menjalin hubungan di kemudian hari. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, wanita dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang calon pasangan mereka.

Dalam sebuah wawancara dengan Hindustan Times Lifestyle, Aakriti Dhir, Pelatih Kesehatan Emosional di Inner Verse Wellness, mengatakan, “Saat kencan pertama, ada beberapa hal yang harus diperhatikan wanita tentang pria untuk membantu menentukan apakah suatu hubungan potensial bisa berhasil. Pertama, penting untuk mengetahui apa yang Anda cari di kencan, apakah itu untuk mengenal orang itu lebih baik, untuk menjelajahi keintiman dan kerentanan, atau hanya untuk bersenang-senang dari putus cinta.”

Dia pun menyarankan, “Selama kencan, perhatikan bagaimana pria membuat ruang nyaman dan aman untuk Anda. Apakah mereka menghormati batasan Anda dan menerima persetujuan Anda sebelum memulai kontak fisik? Bersikaplah mudah dan jangan menilai mereka karena kegugupan awal. Selanjutnya, amati bagaimana perasaan Anda dalam percakapan tersebut. Pertanyaan apa yang mereka ajukan dan seberapa tertarik mereka dengan kisah hidup Anda, atau apakah mereka hanya berbicara tentang diri mereka sendiri? Apakah mereka memberi Anda kesempatan yang adil untuk memesan, membayar, dan berbagi perspektif Anda sendiri?

Terakhir, perhatikan bagaimana kencan tersebut memengaruhi perasaan Anda secara keseluruhan. Apa yang Anda tinggalkan, merasa baik dan ingin bertemu mereka lagi, atau apakah Anda merasa tidak nyaman dan ingin mengakhiri semuanya di sana? Ingat, kencan pertama adalah perjalanan eksplorasi, jadi nikmati pengalamannya dan cari isyarat positif.”

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.