Sukses

Sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day yang Diperingati Setiap Tanggal 1 Mei

Meski kerap diperingati di tanah air, namun tak sedikit masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui secara pasti seperti apa sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, tepatnya 1 Mei 2023 diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day. May Day adalah hari untuk memperingati perjuangan para buruh dan keberhasilan yang dibuat oleh gerakan pekerja dan buruh. Setiap tahunnya, May Day dirayakan pada tanggal 1 Mei di berbagai negara. Pemerintah Indonesia pun menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional.

Meski kerap diperingati di tanah air, namun tak sedikit masyarakat Indonesia yang masih belum mengetahui secara pasti seperti apa sejarah Hari Buruh Internasional atau May Day. 

Mengutip dari laman Britannica, May Day yang merupakan Hari Buruh atau Hari Buruh Internasional, adalah hari untuk memperingati perjuangan bersejarah yang dibuat oleh pekerja dan gerakan buruh. Di Amerika Serikat dan Kanada peringatan serupa dikenal sebagai Labor Day, diperingati pada hari Senin pertama bulan September.

Pada tahun 1889, sebuah federasi internasional kelompok sosialis dan serikat buruh menetapkan 1 Mei sebagai hari untuk mendukung para pekerja atau buruh, untuk memperingati Kerusuhan Haymarket di Chicago (1886). 

Lima tahun kemudian, Presiden AS Grover Cleveland menandatangani undang-undang untuk menjadikan Hari Buruh yang telah diadakan di beberapa negara bagian pada hari Senin pertama bulan September menjadi hari libur resmi AS untuk menghormati para pekerja dan Kanada mengikutinya tidak lama kemudian.

Di Eropa, 1 Mei secara historis diasosiasikan dengan festival pagan pedesaan, tetapi arti asli dari hari tersebut secara bertahap digantikan oleh asosiasi modern dengan gerakan buruh. Di Uni Soviet, para pemimpin menyetujui hari libur baru ini dan percaya itu akan mendorong pekerja di Eropa dan Amerika Serikat untuk bersatu melawan kapitalisme. Hari itu bahkan menjadi hari libur penting di Uni Soviet dan di negara-negara blok Timur, dengan parade terkenal, termasuk satu di Red Square Moskow.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema May Day Tahun 2023

Dilansir dari lama resmi International Labour Organization (ILO)tema Hari Buruh 2023 ialah World Day for Safety and Health at Work 2023. Masih dilansir dari sumber yang sama, diketahui bahwa pada bulan Juni 2022, Konferensi Perburuhan Internasional (ILC) memutuskan untuk memasukkan “lingkungan kerja yang aman dan sehat” ke dalam kerangka prinsip dan hak dasar ILO di tempat kerja.

Pada 28 April 2023, ILO pun merayakan keputusan ini, mengumpulkan para ahli dan konstituen untuk membahas implikasinya terhadap dunia kerja, serta bagaimana menerapkan hak ini secara praktis di dunia kerja. Ini juga akan berfungsi untuk menyajikan temuan-temuan penelitian tentang status implementasi berbagai ketentuan Konvensi mendasar No. 155 dan No. 187.

3 dari 4 halaman

Hari Buruh di Indonesia

Di Indonesia sendir May Day tercatat sudah diperingati sejak tahun 1920 silam. Tapi sejak masa pemerintahan Presiden Soeharto, hari Buruh tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur. Ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia.

Setelah era Orde Baru berakhir, meskipun bukan hari libur namun setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota. Baru pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di tahun 2014 Hari Buruh ditetapkan sebagai hari libur nasional hingga kini. 

4 dari 4 halaman

10 Link Twibbon Gratis Peringati Hari Buruh Tahun 2023

Di era digital ini memperingati Hari Buruh Nasional 2023 bisa menggunakan Twibbon khusus. Yakni twibbon peringatan Hari Buruh Nasional. Berikut link Twibbon gratis untuk memperingati Hari Buruh Nasional yang jatuh pada Senin, 1 Mei 2023:

  1. https://www.twibbonize.com/hariburuhparekraf23
  2. https://www.twibbonize.com/pukomronmayday2023
  3. https://www.twibbonize.com/hariburuhdesain4
  4. https://www.twibbonize.com/buruh-21far1
  5. https://www.twibbonize.com/packdwmayday01
  6. https://www.twibbonize.com/rsma-buruh23
  7. https://www.twibbonize.com/buruh-16wys1
  8. https://www.twibbonize.com/migrantsdaysbmi2022
  9. https://www.twibbonize.com/hariburuhpandai
  10. https://www.twibbonize.com/bhshariburuh0

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.