Sukses

Ladies, Intip Tips Ini Agar Foto Paspormu Jadi Kelihatan Menawan

Mungkin banyak di antara Anda yang menganggap bahwa foto di kartu identitas seperti paspor tampak tidak oke. Namun, sebenarnya hal ini bisa diakali dengan menggunakan makeup.

Liputan6.com, Jakarta - Punya rencana ke luar negeri tahun ini, tapi belum perpanjang paspor yang sudah habis masa berlakunya alias kedaluwarsa? Jika iya, Anda memang secepatnya harus melakukan pergantian paspor untuk memperbarui batas waktu berlakunya nih.

Mungkin banyak di antara Anda yang menganggap bahwa foto di kartu identitas seperti paspor tampak tidak oke. Namun, sebenarnya hal ini bisa diakali dengan menggunakan makeup.

Anda tentunya tidak mau kan, kalau kantong mata di bawah mata atau wajah kusam terlihat jelas dalam foto paspor yang berlaku cukup lama ini. Atau kalau pun sudah menggunakan riasan sekalipun, tapi riasan yang dipakai masih kurang terlihat "cetar" di kamera. Ternyata, hal ini bisa jadi karena kurangnya pemakaian countour dan highlighter di wajah.

Nah, beberapa waktu lalu ada tren passport makeup yang populer di media sosial. Tentunya hal ini bisa membantu orang-orang yang belum tahu bagaimana cara supaya makeup tampak bagus, menawan, dan pastinya sesuai dengan harapan ketika di kamera.

Sesuai namanya, passport makeup cocok sekali untuk Anda yang berencana mengambil foto untuk paspor dalam waktu dekat. Berbeda dari tips makeup pada umumnya, passport makeup lebih menekankan pada highlighter dan countour di wajah. Selain itu, ada juga aspek riasan lainnya, seperti base makeup, mata, dan bibir yang harus diperhatikan supaya hasilnya maksimal.

Ini dia langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum Anda mengambil foto paspor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan dan Trik Sebelum Foto Paspor

Sebelum melihat seperti apa tips makeup untuk pembuatan paspor, ketahui dulu beberapa trik yang bisa Anda coba seperti berikut ini:

  • Latihan senyum

Karena Anda tidak diperkenankan memamerkan gigi, sebaiknya mulai berlatih bagaimana seharusnya tersenyum tanpa gigi di depan cermin atau foto-foto selfie di ponsel. 

  • Tetap kelihatan natural

Aturan lain dalam pembuatan foto paspor adalah menjaga makeup terlihat natural atau sealami mungkin. Ini berarti Anda harus menghindari riasan yang kelihatan tebal atau dramatis, seperti menggunakan lipstik tebal atau smooky eyes.

  • Hindari flash photography

Adanya flash light saat difoto, bisa menyebabkan kulit wajah tampak kelihatan kusam, sehingga membuat riasan tampak kurang cerah. Agar terhindar dari hal ini, coba gunakan makeup dengan hasil akhir matte jadi riasan tidak kelihatan mengkilat. Jika Anda memiliki kulit yang lebih berminyak, gunakan kertas minyak untuk menyerap sebum atau minyak berlebih pada wajah.

  • Gunakan produk makeup yang biasa dipakai

Foto paspor Anda bisa mencerminkan penampilan Anda sehari-hari. Untuk itu, penting menggunakan produk dan warna riasan yang sama seperti yang biasa digunakan.  

  • Tidak memakai lensa kontak

Paspor foto Anda menampilkan diri Anda yang sesungguhnya, artinya Anda pun tidak diperkenankan untuk menggunakan lensa kontak warna-warni saat difoto. 

  • Cek tampilan

Sebelum datang ke kantor imigrasi, sebaiknya coba cek tampilan makeup Anda. Bisa dengan bercermin atau tes makeup menggunakan flash dan kamera belakang ponsel. Hal ini tentu bisa menyesuaikan riasan dan memastikan semuanya bisa terlihat sempurna.

3 dari 4 halaman

Tips untuk Passport Makeup

Nah, sekarang coba ikuti tips untuk passport makeup, antara lain:

  • Tidak menggunakan makeup ber-SPF

Khusus untuk foto identitas seperti paspor, jangan menggunakan makeup yang mengandung SPF. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang berfungsi menghalangi matahari bisa memantulkan flash light kamera.

  • Perhatikan alis

Semua wanita pasti setuju kalau alis bisa membuat perbedaan besar pada wajah Anda, termasuk foto paspor. Jadi sangat penting untuk perhatikan alis agar terlihat rapi dan tegas. Kalau Anda memiliki alis tipis, gunakan pensil alis dan isi bagian yang "kosong" saja agar terlihat lebih alami.

  • Oleskan hydrating primer

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan primer yang menghidrasi kulit wajah. Hasilnya bisa membuat makeup lebih tahan lama dan flawless.

  • Jangan pakai foundation yang tebal

Foundation tebal bisa membuat wajah Anda terlihat tua dan tidak natural. Sebagai gantinya, coba gunakan foundation tipis untuk meratakan warna kulit Anda. 

  • Gunakan concealer atau color corrector

Kedua produk ini berfungsi untuk membantu menyamarkan noda-noda hitam dan kantong mata.

  • Pakai teknik contouring dan highlighter

Lakukan countour pada area wajah khususnya pada bagian atas, seperti di atas pelipis, atas pipi, hidung, dagu, dan garis rahang. Tambahkan juga highlighter di area yang sama.

4 dari 4 halaman

Tips Lain untuk Passport Makeup

Ini dia tips lain yang bisa Anda coba berikutnya:

  • Pilih blush on yang natural 

Untuk perona pipi, sebaiknya pilih cream blush daripada powder blush agar lebih tahan lama. Namun, jika ingin hasilnya lebih maksimal, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan cream blush lebih dahulu kemudian powder blush, ya. Terus ratakan dengan kuas supaya hasilnya rata antara kedua pipi.

  • Ratakan dengan bedak

Sebelum mengambil foto, pastikan Anda juga sudah memakai bedak. Nah, usahakan juga supaya daerah T-zone bebas minyak. Anda bisa menyekanya dengan kertas minyak atau menambahkan bedak kembali. Tapi jangan terlalu banyak supaya makeup tidak cakey.

  • Eye makeup yang simpel

Pakai sedikit eyeliner untuk mempertegas mata Anda. Lalu yang tidak boleh ketinggalan, gunakan maskara yang dapat memperlentik bulu mata dan eyeshadow yang berwarna pastel supaya hasilnya terlihat simple dan natural.

  • Pakai sedikit lip gloss

Karena tujuan ber-makeup ini ingin membuat wajah terlihat natural, Anda bisa menggunakan lipstik warna soft mauve pink bertekstur yang creamy. Selain itu, lapisi sedikit lip gloss di atasnya supaya semakin terlihat segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.