Sukses

4 Manfaat Apel Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Menurunkan Berat Badan hingga Meredakan Gejala Asma

Jika Anda belum memasukkan apel ke dalam rutinitasmu, maka Anda perlu mempertimbangkan kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Apel menjadi salah satu buah tersehat dengan kandungan nutrisinya yang tinggi. Diresapi dengan kebaikan vitamin dan mineral penting, apel memiliki banyak hal yang ditawarkan.

Apel sarat dengan beragam manfaat. Ini menghidrasi, memiliki sifat anti-kanker dan anti-inflamasi, dan merupakan keuntungan bagi orang yang mengalami masalah kardiovaskular.

Namun, jika Anda belum memasukkan minuman ajaib ini ke dalam rutinitasmu, maka Anda perlu mempertimbangkan kembali.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat apel bagi kesehatan tubuh, seperti melansir dari Pinkvilla, Sabtu (22/4/2023).

1. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun bukan ramuan ajaib yang akan membantumu menurunkan berat badan secara ekstra, jus apel bisa membantumu menekan nafsu makan yang terlalu aktif dan mengontrol keinginan ngemil yang terlalu cepat.

Sesuai penelitian, percobaan berbeda yang dilakukan pada hewan dan juga manusia telah menunjukkan bahwa konsumsi apel dalam berbagai bentuk bisa menyebabkan penurunan berat badan.

Polifenol yang ada dalam apel juga telah dinyatakan memiliki sifat anti-obesitas.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Salah satu vitamin yang dipuji-puji, vitamin C hadir berlimpah dalam jus apel, menjadikannya pilihan yang diinginkan di antara banyak orang.

Sementara vitamin C diketahui memberikan beberapa manfaat, memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia dianggap sebagai salah satu fungsinya yang paling penting.

Konsumsi vitamin C secara teratur dalam menu makanmu bisa membantu menangkal flu musiman dan penyakit menular lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membantu meredakan gejala asma

Dikemas dengan atioksidan, jus apel diresapi dengan sifat anti-inflamasi dan anti-alergi yang bisa membantu mengurangi keparahan serangan asma dan meredakan gejalanya.

Selain itu, polifenol yang ada dalam jus dengan rasa yang enak ini secara signifikan mengurangi risiko penyakit paru-paru dan juga meningkatkan kesehatan paru-paru.

Jadi, jika Anda berusaha keras untuk hidup sehat dengan fungsi paru-paru yang lebih baik, menambahkan jus apel ke dalam menu makanmu terbukti menjadi kuncinya.

Selain itu, sangat penting untuk mengonsumsi jus apel yang dibuat sendiri menggunakan apel segar daripada apel kemasan karena memiliki banyak kandungan gula, yang bisa memperburuk asma Anda.

Asupan gula yang berlebihan juga menjadi faktor utama penyebab asma pada anak-anak.

 

3 dari 3 halaman

4. Menjaga kesehatan jantung

Dianggap baik untuk kesehatan jantung, senyama polifenol dan flavonoid hadir dalam konsentrasi yang signifikan dalam apel.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bagaimana polifenol bisa mencegah kolesterol LDL teroksidasi dan terbentuk di arteri.

Mengonsumsi satu atau dua gelas jus apel ke dalam makananmu bisa membantumu meminimalkan risiko penyakit arteri koroner karena konsumsinya diketahui menunjukkan efek antioksidan.

Kalium, mineral yang dianggap signifikan dalam mengurangi stres dan mengendalikan tekanan darah, yang selanjutnya bisa mengurangi risiko penyakit terkait jantung banyak ditemukan dalam apel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.