Sukses

Samakan Iran dengan Nazi Modern, Presiden Ebrahim Raisi Ancam Hancurkan Tel Aviv dan Haifa di Israel

Presiden Iran Ebrahim Raisi mengancam menghancurkan dua kota besar di Israel setelah Netanyahu menyamakan Iran dengan Nazi

Liputan6.com, Jakarta Presiden Iran mengancam pada hari Selasa untuk meratakan Tel Aviv dan Haifa, saat Israel memperingati Hari Peringatan Holocaust, dan sehari setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyebut Republik Islam itu setara dengan Nazi Jerman di zaman modern.

Komentar oleh Presiden Iran Ebrahim Raisi datang saat negara itu menandai Hari Angkatan Darat tahunannya dengan jet tempur dan helikopter terbang di atas Teheran, dan kapal selam Iran berlayar melintasi perairannya selama upacara yang disiarkan langsung oleh televisi pemerintah.

Melansir dari The Times of Israel, berbicara pada upacara tersebut, Ebrahim Raisi mengancam Israel, yang diduga melakukan serangkaian serangan yang menargetkan situs nuklir dan militer Iran sejak runtuhnya kesepakatannya dengan kekuatan dunia.

“Musuh, khususnya rezim Zionis, telah menerima pesan bahwa setiap tindakan kecil terhadap negara (kami) akan memicu jawaban keras dari angkatan bersenjata, yang akan mengiringi penghancuran Haifa dan Tel Aviv di Israel,” kata Raisi.

Raisi juga menegaskan kembali permintaan AS untuk meninggalkan Timur Tengah. Kebijakan Amerika sejak pemerintahan Carter memandang melindungi wilayah Teluk Persia sangat penting untuk mengamankan pasokan energi global. Seperlima pasokan minyak dunia melewati Selat Hormuz, muara sempit Teluk Persia.

Meskipun tidak secara khusus menyebut Arab Saudi, Raisi memang menawarkan tanda damai dalam sambutannya saat Teheran mencari détente dengan kerajaan tersebut.

“Tangan angkatan bersenjata kita dengan hangat menjabat tangan negara-negara kawasan yang ingin menciptakan keamanan di kawasan,” kata sang Presiden.

Pada bulan Maret, Iran dan Arab Saudi setuju untuk membangun kembali hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan setelah tujuh tahun ketegangan, kesepakatan diplomatik itu dicapai di China. Sejak saat itu, Arab Saudi juga telah terlibat dalam pertukaran tahanan dengan pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman, dengan harapan kesepakatan semacam itu dapat mengakhiri perang proksi selama bertahun-tahun di negara itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Netanyahu menyamakan Iran dengan Nazi

Berbicara pada upacara nasional Yad Vashem untuk menandai dimulainya Hari Peringatan Holocaust pada Senin malam, Netanyahu menyamakan Iran hari ini dengan Nazi Jerman sebagai entitas yang saat ini mewakili ancaman eksistensial terhadap orang-orang Yahudi, mengulang tema dari pidato sebelumnya untuk kesempatan yang sama.

Netanyahu mengatakan bahwa seruan untuk memusnahkan orang-orang Yahudi belum berhenti, dan hari ini datang dari Iran. Dia menekankan bahwa kemenangan masa lalu tidak menjamin kemenangan di masa depan, dengan mengatakan Israel harus mampu “mempertahankan dirinya sendiri melawan musuh, ancaman apa pun.”

Di antara hadirin di Yad Vashem adalah Reza Pahlavi, putra penguasa Iran yang didukung Barat yang digulingkan dalam Revolusi Islam, yang berada di Israel untuk berkunjung.

 

3 dari 3 halaman

Tujuan kedatangan Reza Pahlavi

Berada di AS, dia menyerukan revolusi damai yang akan menggantikan pemerintahan ulama dengan monarki parlementer, mengabadikan hak asasi manusia, dan memodernisasi ekonomi yang dikelola negara.

Israel dan Iran memelihara hubungan dekat—khususnya di bidang energi dan keamanan—selama pemerintahan Syah Mohammad Reza Pahlavi, yang digulingkan dalam pemberontakan populer tahun 1979 yang dipimpin oleh ulama Islam.

Hari Peringatan Holocaust adalah salah satu tanggal paling khusyuk dalam kalender Israel.

Kegiatan di negara itu terhenti selama dua menit untuk sirene untuk memperingati enam juta korban Yahudi dari genosida Nazi.

Orang yang selamat biasanya menghadiri upacara peringatan di mana mereka berbagi cerita, dan beberapa berpartisipasi dalam pawai peringatan di bekas kamp konsentrasi di Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.