Sukses

6 Kebiasaan yang Merusak Ginjal Tanpa Anda Sadari Menurut Para Ahli

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak ginjal tanpa disadari

Liputan6.com, Jakarta Ginjal Anda melayani beberapa fungsi penting dalam tubuh. Mereka tidak hanya bekerja keras untuk menghilangkan cairan dan limbah dari lebih dari 200 liter darah Anda per hari, mereka juga menghasilkan hormon yang membantu mengontrol tekanan darah Anda, menjaga kesehatan tulang Anda, mengontrol tingkat pH, dan memproduksi sel darah merah. Namun meskipun merupakan organ penting, banyak dari kita membuat ginjal bekerja keras setiap hari. 

S. Adam Ramin, MD, seorang ahli urologi dan direktur medis Spesialis Kanker Urologi di Los Angeles, California mengatakan ada beberapa cara Anda dapat merusak kesehatan ginjal Anda tanpa menyadarinya. Dihimpun dari Bestlife, ini dia.

1. Makan terlalu banyak garam

Meminimalkan asupan garam dapat berdampak penting pada kesehatan ginjal Anda, terutama jika Anda sudah memiliki masalah ginjal yang diketahui. Menurut NKF, orang dewasa yang sehat dapat merencanakan untuk mengonsumsi 2.300 mg sodium per hari, sedangkan mereka yang memiliki penyakit ginjal atau tekanan darah tinggi harus membatasi diri hingga 1.500 mg setiap hari.

"Masalahnya adalah saat Anda makan terlalu banyak garam, ginjal merespons dengan menahan air untuk mengencerkannya," jelas Ramin.

"Ini adalah tindakan perlindungan yang membantu menyeimbangkan tingkat kimiawi aliran darah, yang diperlukan untuk menjaga agar jantung kita tetap bekerja. Seiring waktu, memberi tekanan sebanyak ini pada ginjal dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan otot jantung," dia menambahkan.

"Jadi lain kali Anda duduk saat makan, cicipi makanan Anda sebelum membumbui. Jika perlu sedikit lebih banyak, tambahkan sejumput saja. Lebih baik lagi, pilih alternatif yang menambahkan lebih banyak rasa tanpa menambahkan lebih banyak natrium," saran Ramin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Makan makanan yang banyak diproses

Menurut sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition, subjek penelitian yang mengonsumsi makanan ultra-olahan dalam jumlah terbesar juga memiliki insiden penyakit ginjal kronis tertinggi. "Tubuh manusia dan sistem penyaringannya, termasuk ginjal, tidak dirancang untuk memproses 'makanan cepat saji' yang siap dikonsumsi masyarakat kita saat ini," kata Ramin kepada Best Life.

"Terlalu banyak makanan ini dalam jangka waktu yang terlalu lama secara efektif mematikan cara tubuh kita menangani limbah darinya."

Ahli urologi menambahkan bahwa sementara banyak profesional perawatan kesehatan menggembar-gemborkan makan "segalanya dalam jumlah sedang", ini bisa menjadi konsep yang menyesatkan — terutama jika menyangkut makanan cepat saji.

"Gagasan satu orang tentang moderasi mungkin merupakan gagasan orang berikutnya tentang berlebihan. Alih-alih, fokuslah untuk memasukkan atau meningkatkan berbagai macam buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan air ke dalam makanan Anda," sarannya. "Melakukan hal itu akan membantu menyisakan lebih sedikit ruang untuk makanan yang pada akhirnya dapat merusak kesehatan ginjal Anda."

 

3 dari 5 halaman

3. Terlalu banyak makan daging merah

Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa protein hewani membebani ginjal saat bekerja untuk menghilangkan limbah dari aliran darah. "Daging merah menempati urutan teratas," kata Ramin. Dia memperingatkan bahwa seringnya konsumsi daging merah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal.

Meskipun tidak diragukan lagi menyakitkan, batu ginjal bukanlah hasil terburuk yang terkait dengan diet berat daging merah. Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of American Society of Nephrology menemukan bahwa asupan daging merah "sangat terkait" dengan risiko penyakit ginjal stadium akhir (ESRD) dengan cara yang bergantung pada dosis (artinya semakin sering orang mengonsumsi daging merah, semakin semakin tinggi risiko mereka menjadi). Sedangkan unggas, ikan, telur, dan produk susu tidak berkorelasi dengan peningkatan risiko ESRD.

Baik penulis penelitian dan Ramin merekomendasikan untuk mengganti daging merah dengan protein nabati jika memungkinkan. Kacang-kacangan dan biji-bijian, biji-bijian utuh, kacang-kacangan dan polong-polongan, serta sayuran berprotein tinggi seperti kacang polong dan brokoli, semuanya dianggap sebagai pilihan yang menyehatkan ginjal.

 

4 dari 5 halaman

4. Minum minuman bersoda diet

Menurut Mayo Clinic, pemanis buatan aman dikonsumsi orang dewasa sehat dalam jumlah sedang. Namun, "beberapa penelitian tentang penggunaan pemanis buatan setiap hari dalam jangka panjang menunjukkan adanya kaitan dengan risiko stroke, penyakit jantung, dan kematian yang lebih tinggi secara keseluruhan," para ahli mereka mengakui.

Satu studi menunjukkan bahwa soda diet yang dibuat dengan pemanis buatan juga dapat mengganggu kesehatan ginjal Anda, kata Ramin. "Beberapa tahun yang lalu, dilaporkan dalam studi penelitian 11 tahun yang dilakukan oleh Harvard Medical School terhadap lebih dari 3.000 wanita bahwa soda diet dikaitkan dengan peningkatan dua kali lipat dalam penurunan kesehatan ginjal," catat Ramin.

Hal ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa efek negatif pada ginjal berhubungan dengan pemanis buatan yang ditemukan dalam minuman ini, katanya.

"Saran saya: tetap berpegang pada air," desak ahli urologi. "Ini memiliki nol kalori dan jauh lebih baik untuk hampir setiap sistem organ dalam tubuh Anda, termasuk ginjal Anda."

 

5 dari 5 halaman

5. Terlalu sering minum alkohol atau obat penghilang rasa sakit

Menurut NKF, minum empat minuman beralkohol setiap hari dapat menggandakan risiko penyakit ginjal kronis. Menjadi perokok dapat menambah risiko ini. Peminum berat yang juga merokok memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah ginjal. Perokok yang merupakan peminum berat memiliki kemungkinan lima kali lipat terkena penyakit ginjal kronis daripada orang yang tidak merokok atau minum alkohol secara berlebihan, tulis organisasi tersebut. .

Demikian pula, individu yang menyalahgunakan obat penghilang rasa sakit atau obat lain berisiko lebih tinggi terkena masalah ginjal, kata NKF. Ini berlaku untuk obat nyeri yang dijual bebas, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dan Analgesik. "Kurangi penggunaan NSAID secara teratur dan jangan pernah melebihi dosis yang dianjurkan," desak para ahli mereka.

6. Memiliki terlalu banyak kafein

Terakhir, Ramin merekomendasikan untuk menjauhi kafein berlebihan dalam makanan Anda. "Karena kafein adalah stimulan, terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah yang meningkatkan stres pada ginjal dan membuat mereka menjadi 'overdrive,'" jelasnya, menambahkan bahwa efek jangka panjang dari hal ini dapat mencakup gagal ginjal.

"Hindari risikonya dengan mengurangi asupan Anda menjadi tidak lebih dari satu atau dua cangkir kopi setiap hari," kata Ramin. Namun, jika Anda memiliki kondisi ginjal yang diketahui, sebaiknya bicarakan dengan dokter atau ahli gizi terdaftar tentang berapa banyak kafein yang aman untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.