Sukses

Tak Perlu Obat, Ini 5 Cara Mudah Atasi Sakit Kepala Secara Alami

Rupanya ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit kepala yang mengganggu. Berikut 5 cara mudah untuk menyembuhkan sakit kepala secara alami.

Liputan6.com, Jakarta - Karena kehidupan yang sibuk dan jadwal yang kacau, sakit kepala menjadi sangat umum dialami banyak orang. Meskipun kondisi medis dapat menyebabkan sakit kepala yang mengganggu, terkadang hal itu hanyalah akibat dari stres, dehidrasi, atau terus-menerus menatap laptop atau layar ponsel. 

Mengonsumsi obat saat menderita sakit kepala adalah salah satu solusi paling umum untuk kondisi ini. Tetapi tablet semacam itu dapat berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan di kemudian hari dan oleh karena itu memilih pengobatan rumahan dapat dengan mudah memberikan kelegaan dari rasa sakit dan ketidaknyamanan yang menyusahkan tanpa mengganggu kesehatan Anda. Ya, rupanya ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit kepala yang mengganggu. Dilansir dari Pinkvilla, berikut 5 cara mudah untuk menyembuhkan sakit kepala secara alami.

1. Terapi pijat

Pijat sangat terapeutik karena membantu meredakan otot yang tegang. Terkadang, stres dan ketegangan di tubuh bagian atas menjadi penyebab sakit kepala. Ini bisa terjadi karena ketegangan pada otot akibat postur tubuh yang buruk atau rutinitas olahraga yang berat. Pijat membantu menghilangkan rasa sakit kronis sambil membuka otot tegang yang menyebabkan sakit kepala. Berikan tekanan pada titik nyeri tertentu untuk mendapatkan hasil instan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kompres es

Ketika sampai pada pengobatan rumahan cepat untuk sakit kepala, kompres es sederhana sangat membantu. Apakah itu di dahi atau kulit kepala Anda, kompres es dapat menghilangkan rasa sakit dengan segera. Meskipun penelitian mengenai hal ini tidak cukup solid, namun para ahli mengklaim hal itu mungkin disebabkan oleh berkurangnya aliran darah. Jika Anda tidak memiliki kompres es, Anda dapat menggunakan kompres gel beku, atau bahkan serbet atau waslap yang dibilas dengan air dingin.

3 dari 5 halaman

3. Minyak lavender

Minyak lavender diresapi dengan senyawa vital yang memberikan kelegaan dari gejala sakit kepala yang menyusahkan dan membuat Anda merasa tenang dan rileks. Encerkan dengan minyak lainnya, oleskan ke titik nyeri dan pijat dengan lembut atau Anda cukup menghirupnya untuk mengatasi rasa sakit. Terapkan dalam proporsi kecil untuk mendapatkan hasil terbaik dan langsung.

4 dari 5 halaman

4. Cobalah beberapa latihan pernapasan

Sakit kepala dapat terjadi karena ketegangan dan stres yang selanjutnya dapat merusak saraf dan dapat ditenangkan dengan latihan pernapasan biasa. Latihan pernapasan lebih lanjut melatih saraf Anda dan fokus pada pikiran Anda sambil menenangkan otot Anda. Duduklah di tempat yang tenang dan ambil napas lembut yang berdenyut dan berikan diri Anda terapi relaksasi untuk mengurangi ketegangan otot.

5 dari 5 halaman

5. Minumlah teh yang menenangkan

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada secangkir teh panas dan beruap. Ini membawa kehangatan pada otot yang tegang dan membuat Anda rileks dengan damai. Teh herbal yang terbuat dari bahan chamomile, dandelion, dan jahe disebut-sebut sangat baik untuk meredakan sakit kepala.

Cobalah cara-cara yang disebutkan di atas untuk menghilangkan sakit kepala dengan cara yang alami dan aman. Konsultasikan dengan dokter jika Anda menderita sakit kepala untuk jangka waktu yang lama dan itu juga secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.