Sukses

7 Tips yang Bantu Mengatasi Rasa Kesepian, Mudah Dilakukan

Meskipun kesepian adalah perasaan yang umum dan normal dalam kehidupan, namun bila dibiarkan terus-menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Lakukan tips berikut ini untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kesepian merupakan perasaan emosional yang muncul ketika seseorang merasa terisolasi atau tidak terhubung dengan orang lain di sekitarnya. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya interaksi sosial, kehilangan orang yang dicintai, atau perubahan hidup yang signifikan.

Meskipun kesepian adalah perasaan yang umum dan normal dalam kehidupan, namun bila dibiarkan terus-menerus dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik seseorang. Beberapa dampak buruk dari kesepian adalah stres yang berkepanjangan, depresi, kecemasan, penurunan kualitas tidur, dan berbagai masalah kesehatan fisik seperti penurunan sistem kekebalan tubuh dan risiko kematian yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk mencari bantuan dan dukungan ketika merasa kesepian, baik dari keluarga, teman, atau profesional kesehatan mental. Terhubung dengan orang lain, mengambil bagian dalam kegiatan sosial, dan menjaga hubungan yang sehat dapat membantu mengurangi perasaan kesepian.

Sarah Hightower, seorang konselor professional di Atlanta mencoba untuk membantu klien dengan menyadarkannya dengan cara memberitahu bahwa kesepian merupakan hal yang baik jika dilihat pada sisi lain. 

“Hal ini bisa menjadi tanda untuk bertindak dan melakukan sesuatu. Perasaan kesepian tersebut adalah panggilan untuk melihat hal-hal dalam hidup kita yang dapat kita ubah,” ucap Sarah.

Seseorang bisa merasa kesepian karena berbagai alasan. Jika Anda merasa kesepian akhir-akhir ini, mungkin Anda harus mencoba beberapa cara mengatasi kesepian berikut ini, seperti melansir dari laman Web Md, Senin (10/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Berbuat Baik Terhadap Diri Sendiri

Dengan menghargai diri sendiri, Anda akan lebih bertanggung jawab dari keputusan yang telah diambil dan jalan hidup yang dipilih. Jangan mengkritik diri Anda sendiri jika melakukan suatu hal yang tidak maksimal karena akan menimbulkan perasaan kesepian. Jadikanlah hal tersebut sebagai kesempatan untuk melakukan perubahan.

“Kesepian itu seperti rasa sakit. Mungkin sulit untuk mengukurnya, tetapi Anda tahu kapan Anda merasakannya. Menyadari bahwa Anda sedang merasa kesepian dapat menjadi tanda bahwa Anda mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dengan teman dan keluarga,” ujar David Cates, PhD, direktur kesehatan perilaku di Nebraska Medicine.

2. Berbuat Baik kepada Orang Lain

Berbuat baik kepada orang lain sama saja dengan berbuat baik pada diri sendiri. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari berbuat baik kepada orang lain, misalnya mengatasi stres, mempererat hubungan sosial, dan melindungi diri dari pengaruh negatif.

“Kami tahu banyak orang yang menderita karena pandemi. Pada kenyataannya, kita telah menghadapi kesepian dan masalah hubungan sosial jauh sebelum masa pandemi,” kata Cates. Para ahli lainnya mencatat penurunan jaringan sosial yang disebabkan oleh rendahnya komunikasi, peningkatan penggunaan media sosial, keluarga yang tinggal berjauhan, dan berkurangnya ikatan kelompok sukarelawan dan keagamaan.

3 dari 4 halaman

3. Membuat Plan

Membuat plan yang menyenangkan dapat mengatasi rasa kesepian yang Anda rasakan. Anda dapat merencanakan apa yang akan dilakukan besok, lusa, bulan depan, atau bahkan tahun berikutnya bersama teman, sahabat, atau bahkan pasangan Anda. Rasa kesepian Anda dapat teratasi dengan melakukan hal ini.

“Saya menyebutnya perawatan diri yang proaktif,” kata Hightower. “Ketahuilah bahwa Anda mungkin akan merasa kesepian pada waktu tertentu, dan bersikaplah lebih lembut terhadap diri Anda sendiri," lanjutnya.

4. Memiliki Hewan Peliharaan

Memelihara hewan memang dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesepian bagi sebagian orang. Hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, dapat memberikan kehadiran yang nyata dan memberikan perasaan nyaman serta kasih sayang.

Selain itu, merawat hewan peliharaan juga dapat menjadi kegiatan yang memberikan kepuasan dan meningkatkan keterampilan sosial.

Sebelum memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, penting untuk mempertimbangkan dengan matang dan memastikan bahwa Anda dapat memberikan perawatan yang cukup untuk hewan peliharaan tersebut. Selain itu, penting juga untuk memilih jenis hewan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

4 dari 4 halaman

5. Gunakan Media Sosial dengan Baik

Menggunakan media sosial dapat membantu Anda merasa terhubung dengan orang lain. Namun, terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya dapat menyebabkan kesepian. Gunakan media sosial untuk bermain game online dengan teman, sahabat, atau keluarga Anda. Cobalah aplikasi yang memungkinkan Anda memnonton acara atau film dengan orang lain.

"Media sosial terkadang dapat mengelabui pikiran Anda untuk berpikir bahwa Anda sedang membuat hubungan yang nyata, padahal sebenarnya tidak," kata Hightower. "Media sosial tidaklah buruk, tetapi tidak seharusnya menggantikan hubungan yang nyata," lanjutnya.

6. Lakukan Hobi dan Berkarya

Melakukan sesuatu hal yang disukai dapat mendorong Anda melewati rasa kesepian. Anda dapat melakukan hobi lama seperti membaca, memasak, fotografi, atau yoga. Hal-hal yang melibatkan tangan Anda (seperti merajut dan melukis) juga dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa kesepian.

Atau Anda bisa mencoba untuk medaftar untuk mempelajari hobi baru. Cobalah kursus mandiri online, atau lihat beberapa video online. Anda akan bertemu orang-orang dengan minat yang sama dan Anda tidak akan merasa kesepian.

7. Berteman dengan Orang Lain

Anda tidak perlu bergaul dengan ribuan orang untuk mengatasi rasa kesepian. Para ahli mengatakan bahwa memiliki beberapa teman dekat dapat membuat perubahan besar.

Mulailah dengan panggilan telepon dan kemudian pertimbangkan untuk menjadwalkan obrolan online atau minum kopi atau teh yang Anda nikmati secara langsung atau secara virtual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.