Sukses

Tak Perlu Kocek Besar, 5 Perawatan Alami Ini Bikin Kulit Wajah Sehat dan Bercahaya

Semakin cepat Anda mulai menggunakan perawatan alami ini, semakin mudah melindungi kulitmu, membuat kulit sehat dan bercahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit sehat dan bercahaya tentu diidamkan setiap individu, khususnya kaum hawa. Untuk memiliki kulit impian, berbagai cara pun dilakukan, mulai dari menggunakan berbagai produk kecantikan hingga melakukan perawatan dengan mengeluarkan kocek yang besar.

Padahal, dengan memanfaatkan beberapa bahan pokok rumah tangga dan membuat beberapa penyesuaian kecil pada rejimen harianmu, Anda akan mendapatkan kulit bercahaya.

Semakin cepat Anda mulai menggunakan perawatan alami ini, semakin mudah melindungi kulitmu dan mengurangi gejala penuaan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa perawatan alami terbaik untuk kulit sehat dan bercahaya, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (9/4/2023).

1. Gunakan scrub gula

Ketika kadar gula darah naik akibat makan banyak gula, insulin dilepaskan, yang menyebabkan peradangan kulit. Konsumsi gula perlu dikurangi untuk emnjaga warna kulit dan kesehatannya.

Namun, gula juga bermanfaat sebagai eksfoliator yang sangat baik. Jadi, untuk mengaplikasikannya, campurkan gula dan minyak zaitun untuk membuat scrub wajah.

Setelah itu, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit wajah. Anda juga bisa menyimpan sisa scrub gula tersebut untuk dipakai kembali.

2. Membuat toner sendiri

Buatlah toner sendiri di rumah untuk mendapatkan tone yang sesuai. Toner membantu dalam pengaturan minyak dan mengisi kembali fungsi pelindung kulitmu.

Dengan bantuan campuran pepermint, lidah buaya, dan kemangi, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cepat.

Untuk empat ons gel lidah buaya, campurkan satu sendok teh daun kemangi dan satu sendok teh daun peppermint. Anda bisa menggunakannya sebagai pembersih atau toner untuk menyegarkan wajahmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gunakan air mawar untuk merawat kulit tetap merona

Air mawar, tepung beras dan susu adalah kombinasi yang disukai oleh para profesional perawatan kulit. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga rata.

Lalu, oleskan pasta tersebut ke wajahmu dan diamkan selama 20 menit.

Setelah menggunakan ari mawar, kulit Anda akan terlihat lebih bercahaya. Dan beras akan mendorong kulitmu untuk memproduksi lebih banyak kolagen.

Sementara itu, bintik-bintik hitam pada kulit diringankan dengan susu yang menenangkan.

4. Tomat untuk mencerahkan kulit

Ambil beberapa tomat untuk membuat masker wajah yang mengejutkan. Aplikasikan irisan tomat ke wajahmu selama 20 menit untuk memulihkan kulit yang lelah.

Tomat secara alami mencerahkan kulit dan membantu meminimalkan iritasi.

Anda juga bisa menggunakan masker wajah bubuk dengan ditambahkan tomat yang sudah dihaluskan dan minyak zaitun.

 

3 dari 3 halaman

5. Lemon akan membuat kulit tampak lebih muda

Jangan biarkan kulit yang sudah tua dan pigmentasi merusak penampilanmu. Kualitas zat lemon bisa digunakan untuk memudarkan bintik- bintik penuaan dan mencerahkan kulit.

Warna kulit Anda akan menjadi seimbang dan tampak lebih cerah setelah menggunaka lemon.

Tidak perlu resep khusus, Anda cukup menaruh perasan lemon pada kapas dan gunakan sebagai toner yang memberi energi setiap hari.

Untuk merevitalisasi seluruh tubuhmu di pagi hari, peras beberapa lemon ke dalam air panas atau dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.