Sukses

3 Cara Menciptakan Hubungan yang Harmonis dengan Pasangan

Ada beberapa cara praktis untuk menciptakan hubungan yang lebih harmonis, sehingga Anda dapat menikmati hubungan yang lebih bermakna dan memuaskan, yang mengarah ke kehidupan yang lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta Membangun dan mempertahankan hubungan yang harmonis bisa jadi menantang, tetapi itu penting untuk kesejahteraan dan kebahagiaan kita secara keseluruhan. Baik itu dengan keluarga, teman, atau pasangan romantis, menciptakan ikatan yang harmonis membutuhkan usaha dan dedikasi. 

Ketidaksepakatan, kesalahpahaman, dan konflik dapat muncul, menyebabkan ketidakharmonisan dan ketegangan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengundang keharmonisan ke dalam hubungan Anda. 

Dengan mempraktikkan kebiasaan dan perilaku tertentu, Anda dapat memperkuat koneksi, meningkatkan komunikasi, dan menumbuhkan rasa pengertian dan empati yang lebih dalam. Ada beberapa cara praktis untuk menciptakan hubungan yang lebih harmonis, sehingga Anda dapat menikmati hubungan yang lebih bermakna dan memuaskan, yang mengarah ke kehidupan yang lebih bahagia dan memuaskan.

"Pasangan saya dan saya telah menikah selama delapan tahun. Kami berada di jalur spiritual yang sama dan mengikuti gaya hidup holistik yang sama. Dan sementara kami mengetahui dan memahami prinsip-prinsip harmoni dan kerja sama, kami juga pasti menemukan diri kami terjebak dalam rahang. argumen dan ketidakharmonisan. Untungnya, kami memahami bahwa hubungan adalah katalis untuk mengajari kami cinta tanpa syarat. Ketika kami berada dalam kemitraan yang berkomitmen, kami dapat bekerja untuk mencintai satu orang tanpa syarat. Ini adalah tempat awal yang bagus untuk mengundang lebih banyak cinta tanpa syarat ke dalam hidup Anda, hati yang kecil tidak dapat memiliki begitu banyak kekuatan sampai ia belajar bagaimana mengembangkan dirinya sendiri," kata Prakriti Poddar, Pakar Kesehatan Mental dan Kepala Kesehatan dan Kesejahteraan Mental Global, RoundGlass.

Prakriti menyarankan tiga cara untuk mengundang keharmonisan ke dalam hubungan Anda. Dilansir dari The Hindustan Times, berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kendalikan pikiran Anda

Pikiran kita memengaruhi hubungan kita, itu mencerminkan bagaimana kita melihat pasangan kita. Berfokus pada apa yang kita anggap sebagai kesalahan atau cacat pada pasangan kita mulai memengaruhi cara kita bertindak dan merasakan. Semakin kita memikirkan penilaian negatif, semakin jelas rasanya. 

Bahkan jika Anda tidak bertindak berdasarkan pikiran negatif, membiarkannya menjadi liar di pikiran Anda hanya akan memperkuat ketidakharmonisan yang Anda coba atasi. Sama halnya dengan kepositifan. Jika Anda memilih untuk melihat orang lain dari sisi positifnya, mereka akan selalu tampil dengan cara yang positif. Ke mana perhatian pergi, energi mengalir.

Semua hubungan kita mungkin dipengaruhi oleh pikiran kita yang tak terhitung jumlahnya. Lain kali Anda mengalami kesulitan dengan seseorang, berhentilah sejenak dan pikirkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan di kepala untuk menyalahkan atau mengkritik mereka. Setiap pikiran itu memengaruhi hubungan Anda dan memperkuat ketidakharmonisan.

Ketika kita secara sadar menanamkan kembali pikiran kita dengan pikiran positif, hal-hal mulai bergeser ke dalam dan ke luar. Setiap hari, ingatkan diri Anda untuk fokus pada segala sesuatu yang positif tentang hubungan Anda. 

Pikirkan kualitas terbaiknya dan ingat momen paling menyenangkan yang pernah Anda bagikan. Ini akan mulai mengubah daya tarik keseluruhan interaksi Anda, memindahkannya ke tempat yang lebih harmonis.

3 dari 4 halaman

2. Berlatih bersama

Strategi lain untuk memperkuat hubungan Anda adalah berkomitmen untuk berbagi latihan spiritual. Apakah menghadiri kelas yoga, duduk bermeditasi bersama, atau membaca teks spiritual, latihan ini mengangkat kita dan memungkinkan kita untuk melihat melampaui harapan kita yang terbatas dan bahkan lebih kuat ketika dibagikan.

4 dari 4 halaman

3. Ciptakan tujuan bersama

Memiliki dan memegang tujuan bersama menciptakan perasaan positif dalam hubungan dan memungkinkan orang untuk bekerja sama. Tujuan bersama ini tidak boleh menimbulkan tekanan seperti menabung atau membesarkan anak. 

Mungkin Anda berdua berkomitmen untuk mengalami lebih banyak cinta. Jadikan mereka sesuatu yang menyenangkan yang dapat Anda cita-citakan dan alami bersama. Tujuan pertumbuhan bersama adalah unsur utama untuk memperkuat hubungan. Apa pun perbedaan Anda, selalu ada tujuan bersama yang lebih tinggi untuk diusahakan.

Mulai dari yang kecil. Mungkin, hari ini, tujuan bersama Anda adalah menghabiskan sepanjang hari dalam kebaikan atau kegembiraan. Mungkin besok, Anda berdua berkomitmen untuk melihat yang tertinggi dalam diri setiap orang. 

Kembangkan energi yang akan mengangkat Anda berdua di medan getaran yang sama, di sinilah harmoni sejati ditemukan. Ingat, gesekan adalah bagian dari perjalanan indah dalam hubungan. Tidak apa-apa untuk membiarkan diri Anda bergesekan satu sama lain untuk menghaluskan tepi yang kasar. Mengetahui hal ini, kita dapat menggunakan welas asih dan alat perhatian terfokus untuk menciptakan keharmonisan dalam semua hubungan, satu per satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.