Sukses

Studi: Bikin Berat Badan Naik, Pekerja Shift Cenderung Makan Lebih Banyak dari Pekerja Biasa

Ternyata pekerja shift cenderung makan lebih banyak dibanding pekerja biasa yang membuat berat badan naik

Liputan6.com, Jakarta Penelitian baru menunjukkan pekerja shift makan lebih banyak, dan membuat pilihan makanan yang tidak sehat ketika mereka melakukannya. Ini tentu saja meningkatkan risiko penyakit terkait kenaikan berat badan yang tak terkendali.

Riset yang dipimpin Monash University menemukan bahwa pekerja shift bergilir, yang shiftnya berubah dari minggu ke minggu, mengonsumsi rata-rata 264 kilojoule ekstra dalam 24 jam, dibandingkan dengan pekerja harian.

“Peningkatan hanya 100 kilojoule setiap hari dapat menyebabkan berat badan naik setidaknya 0,5 kilogram selama setahun,” tulis penelitian tersebut seperti dilansir dari News.com.au.

Ditemukan juga pekerja shift bergilir menunjukkan kebiasaan makan yang tidak sehat, termasuk "makan tidak teratur, lebih banyak ngemil atau makan di malam hari, lebih sedikit konsumsi makanan inti dan lebih banyak makan makanan bebas."

Tania Whalen, 51, telah melakukan kerja shift telekomunikasi mati-matian selama 20 tahun, dan berturut-turut selama enam tahun terakhir.

Dia memberi tahu para peneliti sambil menikmati pekerjaannya, ketika dia lelah, "terlalu mudah untuk mengambil makanan cepat saji seperti cokelat selama shift".

“Bagian yang baik dari pekerja shift bergilir adalah mendapatkan libur hingga empat hari sekaligus dan pekerjaan itu sangat cocok untuk membesarkan keluarga,” katanya.

“Bagian buruknya adalah tantangan makanan dan nutrisi, terutama karena saya sering bekerja dalam shift 12 jam. Itu waktu yang lama untuk menyiapkan makanan dan menjaganya tetap segar di tempat kerja."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pekerja shift lebih banyak makan makanan tak sehat

Kandidat PhD Monash University dan Research Dietitian Angela Clark mengatakan studi tersebut juga menemukan pekerja rotasi cenderung makan lebih sedikit protein dan karbohidrat, dan lebih banyak lemak daripada pekerja harian.

“Makanan dan minuman yang biasanya dikonsumsi oleh pekerja bergilir lebih banyak digoreng dan berlemak, penganan, minuman manis dan alkohol, dengan lebih sedikit makanan inti seperti susu, daging, buah dan sayuran,” katanya.

“Ada juga pola makan lebih banyak per hari dan sering ngemil di malam hari, dengan sebagian besar kilojoule dimakan di paruh kedua hari itu.

“Menambah kerumitan makan malam, pekerja shift tidak memiliki akses yang sama ke makanan sehat seperti pekerja siang hari dan mungkin lebih bergantung pada mesin penjual otomatis, makanan yang dibawa pulang, dan makanan cepat saji.”

Monash University, bekerja sama dengan University of South Australia, kini sedang menguji efektivitas tiga strategi penurunan berat badan untuk pekerja shift malam.

3 dari 4 halaman

5 Zodiak Ini Paling Kompetitif dan Tidak Mau Kalah

Dalam kompetisi, menang atau kalah tentu lumrah dialami setiap individu. Namun, ketika sampai pada persaingan dan pertengkaran, beberapa individu tetap tenang, sementara yang lain melakukan apa saja untuk menang meskipun itu bukan kompetisi.

Zodiak memiliki ciri dan karakteristik kepribadian masing-masing, yang bisa memengaruhi cara mereka menghadapi persaingan dan kekalahan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa zodiak yang cenderung kompetitif dan tidak mau kalah menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Senin (3/4/2023).

1. Aries

Aries dikenal sebagai salah satu tanda zodiak yang paling kompetitif. Mereka dikenal pemimpin alami yang suka menang, dan mereka akan melakukan apa pun untuk menjadi yang teratas.

Pemilik zodiak ini bahkan bisa menjadi sangat frustasi dan marah ketika kalah, karena mereka menganggap kalah sebagai kegagalan.

2. Leo

Leo adalah zodiak lainnya yang tidak suka kalah. Mereka ini bangga, percaya diri, dan suka mengontrol.

Mereka melihat diri mereka sebagai pemenang dan bisa menjadi sangat kompetitif dalam hal apa pun yang mereka pedulikan.

Kehilangan bisa meledakan ego dan harga dirinya, sehingga mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk menghindarinya.

4 dari 4 halaman

3. Scorpio

Scorpio dikenal individu yang sangat kuat dan bersemangat. Mereka bahkan menganggap serius persaingan.

Pemilik zodiak ini juga tidak takut bermain curang untuk menang, dan kalah bukanlah pilihan bagi mereka.

Mereka bisa menjadi sangat marah dan pendendam ketika mereka kalah, karena mereka melihatnya sebagai serangan pribadi.

4. Capricorn

Capricorn sosok yang ambisius dan pekerja keras. Mereka melihat persaingan sebagai cara untuk mendorong dirinya menjadi yang terbaik.

Mereka tidak takut bekerja keras untuk menang, dan kalah bisa menjadi kemunduran besar bagi mereka.

Individu dengan zodiak ini bisa menjadi sangat frustasi dan bahkan tertekan saat kalah, karena mereka melihatnya sebagai tanda bahwa mereka tidak cukup baik.

5. Sagitarius

Sagitarius suka bersenang-senang, tapi mereka juga suka menang. Mereka berjiwa petualang dan kompetitif, dan mereka tidak takut mengambil risiko untuk menjadi yang teratas.

Sebab, kekalahan bisa menghancurkan kepercayaan dirinya, jadi mereka akan melakukan yang terbaik untuk menghindarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.