Sukses

Mudah Dilakukan, Berikut 6 Tips Agar Tidur Nyenyak Setelah Seharian Beraktivitas

Tubuh manusia memerlukan istirahat setelah seharian beraktivitas dengan cara tidur. Namun, sulit tidur di malam hari setelah seharian beraktivitas sering terjadi pada siapapun.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur merupakan hal yang paling mendasar yang sering dilakukan oleh semua orang. Tubuh manusia memerlukan istirahat setelah seharian beraktivitas dengan cara tidur. Tidur dapat memberikan kesempatan untuk tubuh dalam memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak menjadi suatu jaringan yang baru. Namun dengan catatan, Anda harus tidur minimal 8 jam perharinya.

Sulit tidur di malam hari setelah seharian beraktivitas sering terjadi pada siapapun. Hal ini membuat Anda sulit untuk memejamkan mata dan pada akhirnya tidak tidur sama sekali. Jika hal ini dibiarkan, akan berdampak buruk bagi kesehatan, baik itu secara fisik maupun secara mental karena kualitas tidur Anda yang tidak teratur.

Penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang selalu kurang tidur dan tidurnya tidak berkualitas dapat mempengaruhi aktivitas tubuh dan otak, mulai dari penurunan daya pikir, konsentrasi yang rendah, hingga turunnya kemampuan dalam bekerja. Kurangnya kualitas tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko hipertensi, masalah jantung, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, diabetes, obesitas, kanker, dan bahkan kematian.

Maka dari itu, Anda perlu meningkatkan kualitas tidur sehingga dapat merasakan beberapa manfaatnya saat bangun di pagi hari. Berikut tips agar tidur nyenyak yang dapat kamu lakukan untuk membuat tidur lebih berkualitas, melansir dari laman PinkVilla, Rabu (29/03/2023), berikut penjelasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Matikan Ponsel

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, penelitian menyarankan untuk mematikan ponsel setidaknya satu jam sebelum tidur. Jika tidak, otak tetap sibuk karena semua panggilan dan pesan, peringatan, dan email, yang membuat Anda sulit untuk bersantai dan tidur di malam hari.

Untuk menghindari bangun di tengah malam, jauhkan gawai Anda dari tempat tidur. Memainkan ponsel dekat dengan waktu tidur juga akan berdampak buruk bagi kesehatan mental. Misalnya, sebelum tidur Anda melihat sesuatu yang membuat kesal, stress atau cemas di media sosial yang dapat mengganggu pikiran sehingga Anda akan kesulitan tidur di malam hari. Untuk mendapat kualitas tidur yang baik, jauhkan ponsel Anda sebelum tidur.

2. Batasi Asupan Alkohol

Anda harus menghentikan konsumsi minuman beralkohol setidaknya empat jam sebelum tidur untuk mengurangi kemungkinan gangguan tidur. Setelah hari yang panjang, terkadang Anda hanya perlu segelas bir untuk bersantai. Namun, meminumnya terlalu cepat sebelum tidur dapat memberikan efek yang berlawanan dengan membuat Anda rileks. Meskipun beberapa gelas minuman dapat membuat Anda lebih mudah tertidur, Anda akan lebih sering terbangun saat mabuk di larut malam.

3 dari 4 halaman

3. Matikan Lampu Saat Tidur

Tidur saat kondisi gelap atau lampu dimatikan akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk mengetahui bahwa sudah waktunya untuk tidur dan beristirahat, sehingga tidur menjadi berkualitas. Mematikan lampu saat tidur akan memberikan manfaat yang luar biasa, misalnya dapat mengurangi depresi, menjaga kesehatan mata dan kulit, bahkan menunjang kesehatan reproduksi.

4. Gunakan Kasur yang Berkualitas

Permukaan tempat tidur yang tidak sesuai dapat menyebabkan ketegangan otot, serta dapat membuat tidur Anda terganggu. Kasur yang berkualitas memberikan kenyamanan saat tidur karena dapat mempertahankan posisi tubuh dan postur tulang belakang yang normal, sehingga sangat meningkatkan kenyamanan saat tidur. Seseorang harus mempertimbangkan tinggi badan, ukuran, bentuk tubuh, dan posisi tidur yang disukai, jenis bahan kasur yang sesuai dengan kebutuhansaat membeli kasur baru.

4 dari 4 halaman

5. Hindari Kafein Sebelum Tidur

Karena kafein adalah stimulan dan akan membuat Anda lebih sulit untuk tidur, maka menghindarinya adalah ide yang baik. Sebaiknya tunggu setidaknya enam jam setelah minum secangkir kopi terakhir sebelum tidur. Sebagai gantinya, cobalah teh herbal seperti madu atau jahe. Selain itu, Anda juga harus menghindari konsumsi makanan besar dan makanan pedas sebelum tidur.

6. Mandi Air Panas Sebelum Tidur

Cara lain  untuk membantu masalah tidur adalah dengan mandi air panas atau mandi sebelum tidur. Selain membuat rileks, mandi air panas dapat mengubah suhu tubuh kita sehingga membuat kita siap untuk tidur. Anda tidak hanya akan tidur lebih nyenyak, tapi Anda juga akan terlihat lebih baik saat bangun. Air hangat dapat membantu menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.