Sukses

5 Tanda Menakutkan Pasangan Anda Telah Berbohong Menurut Terapis Pasangan

Berikut ini tanda mengerikan pasangan Anda telah berbohong menurut terapis pasangan

Liputan6.com, Jakarta Meskipun kita semua bersalah karena mengatakan kebohongan putih kecil dari waktu ke waktu, tidak ada yang mau mengetahui bahwa yang mereka sayangi menyembunyikan rahasia besar dari mereka. Tetapi jika Anda semakin curiga dengan kejujuran pasangan Anda, mungkin sulit untuk mengatakan apakah Anda hanya paranoid atau apakah kekhawatiran Anda benar-benar dibenarkan.

Untuk membantu Anda mengungkap kebenaran, berikut ini beberapa tanda bahaya yang paling umum seperti dilansir dari Bestlife.

1. Anda melihat perubahan mendadak dalam perilaku atau sikap mereka

Anda mungkin mengenal pasangan Anda lebih baik daripada siapa pun, jadi jika Anda melihat perubahan besar dalam cara mereka bertindak, itu akan menimbulkan tanda bahaya.

"Perubahan perilaku atau sikap yang tiba-tiba bisa menjadi tanda bahwa pasangan Anda berusaha menyembunyikan sesuatu atau merasa bersalah tentang sesuatu," kata Kerry Lauders, petugas kesehatan mental di Startups Anonymous, kepada Best Life.

Ketika terjebak dalam kebohongan, orang cenderung menjadi sangat waspada terhadap lingkungan mereka dan bertindak mencurigakan sebagai akibatnya, David Tzall, PsyD, seorang psikolog berlisensi yang berbasis di New York City, menambahkan.

"Berbohong dapat menyebabkan seseorang mengubah rutinitasnya dan mengambil cara baru untuk bekerja, atau mulai menjadi lebih penuh kasih sayang, atau pergi pada saat mereka biasa tinggal di rumah," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mereka menyembunyikan ponsel mereka

Cara umum orang mengubah perilaku mereka saat berbohong adalah dengan meningkatkan privasi ponsel mereka dan bahkan "menyembunyikan ponsel mereka dari Anda," kata Andrea Brognano, LMHC, seorang dokter berlisensi dan pendiri Therapy Connection.

Seperti yang dijelaskan Joyce Marter, LCPC, psikoterapis berlisensi dan pendiri Urban Balance, akan ada "pergeseran yang jelas" dalam kebutuhan pasangan Anda akan privasi semacam ini ketika mereka tidak lagi jujur.

"Tiba-tiba pasangan Anda memiliki kata sandi di ponselnya, mengunci lemari arsipnya, harus meninggalkan ruangan untuk menjawab panggilan telepon, atau layarnya membelakangi Anda saat menggunakan perangkat," kata Marter.

3. Alasan atau cerita mereka tidak masuk akal

Jika Anda mulai merasa pasangan Anda tidak menceritakan kisah lengkap tentang sesuatu, Anda mungkin benar, menurut Marter. "Ketika penjelasan sepertinya tidak cocok atau masuk akal, ini merupakan indikasi bahwa Anda mungkin dibohongi melalui apa yang tidak terucapkan," katanya.

Ini karena pasangan Anda mungkin akan kesulitan menjaga ceritanya tetap lurus saat berbohong, Tzall menjelaskan.

"Mereka mungkin memberi tahu Anda satu hal suatu hari dan sesuatu yang sama sekali berbeda di hari berikutnya. Mereka mungkin juga bertentangan dengan diri mereka sendiri dengan cara yang halus," katanya. "Ketidakkonsistenan ini adalah tanda bahaya bahwa mereka mungkin berbohong kepada Anda."

 

3 dari 5 halaman

4. Mereka menghindari kontak mata langsung dengan Anda

Mereka mengatakan mata adalah jendela jiwa, dan jika orang penting Anda menyembunyikan sesuatu dari Anda, mereka tidak akan ingin menunjukkannya kepada Anda, jadi mereka akan mulai menghindari kontak mata langsung.

"Ini dapat menunjukkan bahwa mereka tidak nyaman dan berusaha menghindari kebohongan," jelas Lauders. Mereka mungkin juga gagal menatap mata Anda karena "mereka merasa malu atau bersalah atas perilaku mereka," tambah Tzall.

5. Mereka berusaha keras untuk mengatakan bahwa mereka tidak berbohong

Kadang-kadang, tanda kebohongan yang paling jelas melibatkan mereka secara langsung berbohong tentang kejujuran mereka. Jika pasangan Anda memulai kalimat mereka dengan pernyataan seperti, "Saya tidak akan berbohong," atau "jujur," itu mungkin menjadi indikator utama bahwa mereka sebenarnya melakukan yang sebaliknya, demikian menurut Jennifer Kelman, LCSW, seorang pakar kesehatan mental dan psikoterapis berlisensi di JustAnswer.

"Jika Anda adalah orang yang jujur, Anda tidak perlu memulai setiap kalimat dengan mengumumkan bahwa Anda jujur atau tidak akan berbohong," Kelman menjelaskan.

4 dari 5 halaman

5 Zodiak Ini Paling Bisa Membagikan Emosi dengan Orang Lain

Beberapa individu sangat jujur tentang perasaan mereka dengan orang lain. Mereka sangat ekspresif terhadap emosinya dan selalu mengatakan hal-hal yang mereka maksudkan.

Mereka adalah orang-orang yang sangat peduli dan juga sensitif. Mereka selalu siap untuk secara terbuka menunjukkan emosinya, sebab mereka tidak bisa untuk menyembunyikan emosinya.

Seperti beberapa zodiak ini yang paling bisa membagikan emosi dengan orang menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Jumat (10/3/2023).

1. Taurus

Taurus dikenal sangat peduli dengan orang-orang di sekitar mereka. Yang mereka inginkan hanyalah menciptakan ruang yang nyaman untuk orang yang mereka cintai.

Hati mereka dipenuhi dengan banyak cinta dan penerimaan untuk orang-orang. Tapi kadang-kadang mereka bahkan bisa menjadi posesif, tapi mereka bisa dengan cepat tenang.

2. Cancer

Cancer dikenal individu yang sensitif, cerdas, baik hati dan ramah. Pemilik zodiak ini menyenangkan dan sangat condong ke pasangannya. 

Mereka tidak segan menunjukkan sisi lemah mereka kepada pasangannya karena mereka tahu betapa mereka saling mencintai. 

5 dari 5 halaman

3. Virgo

Virgo sangat jujur dan terbuka. Mereka tidak suka menyembunyikan perasaan mereka dari orang lain. 

Pemilik zodiak ini suka pasangannya mengekspresikan diri dan tidak menyembunyikan emosinya. Diam-diam, mereka terlalu peduli dengan orang lain tapi mereka tidak ingin menunjukkannya. 

4. Libra

Libra menjadi salah satu zodiak yang paling peduli. Mereka suka bersosialisasi dan tidak menahan diri untuk membuat semua orang senang.

Mereka mencoba untuk menempatkan diri di luar sana dan membantu semua orang. Mereka hanya ingin memberikan kesan pertama yang baik pada orang lain. 

5. Scorpio

Scorpio terlalu peduli pada orang lain. Jika mereka terluka, mereka akan membiarkan orang itu tahu. 

Pemilik zodiak ini mungkin tidak tahu untuk mengekspresikan diri sepenuhnya, tapi mereka pasti akan mencobanya. Mereka mencoba memasang diri mereka mereka tangguh, tapi mereka lembut di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.