Sukses

Jangan Bingung, Ini 10 Tips Mencari Teman Baru untuk Si Introvert

Tidak mudah bagi seorang introvert mendapat seorang teman baru. Berikut sederet tips mudah untuk para introvert yang dapat kamu coba.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang introvert pada umumnya dikenal sebagai orang yang pemalu dan lebih suka menyendiri daripada bersama orang lain.

Namun, akan ada waktu ketika kamu menyadari bahwa kamu membutuhkan orang lain dalam menjalani hidup. Mungkin kamu memang tidak merasa kesepian, tapi anggota keluarga menyarankan untuk memiliki satu atau dua teman baru.

Terkadang, seorang introvert merasa bahwa dirinya terisolasi dari dunia. Hal tersebut disebabkan karena seorang introvert tidak memiliki teman yang dipercaya sebagai tempat berbagi cerita, karena itu pribadi introvert kehilangan manfaat utama dari bersosialisasi.

Kebanyakan orang merasa bahwa menjalin pertemanan sebagai orang dewasa itu sulit. Oleh karena itu, kamu mungkin merasa tidak yakin dari mana harus memulai karena kamu harus mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya ketika kamu memperluas lingkaran sosial.

Berteman dengan orang baru memang memiliki manfaat tersendiri, namun orang baru juga bisa memberi tekanan. Bagaimanapun, teman merupakan bagian besar dari hidup kita. Mereka adalah orang-orang yang dapat berbagi suka dan duka bersama.

Mencari teman baru yang dapat dipercayai itu sulit, dan menjadi sangat sulit untuk seorang introvert yang menyukai kesendirian. Untuk itu, penting bagi para introvert untuk dapat menjalin pertemanan dengan orang baru.

Berikut beberapa tips tentang cara berteman sebagai seorang introvert, seperti melansir dari Health Line, Kamis (9/03/2023).

1. Kenali Alasan Mencari Teman

Seorang introvert memiliki cara yang berbeda bagaimana cara mengisi “daya sosial” mereka. Seorang introvert biasanya mengisi daya sosial mereka dengan menghabiskan waktu sendirian.

Terkadang, seorang introvert sering dikatakan sebagai seorang yang pemalu, padahal hal tersebut merupakan kesalahpahaman. Faktanya, jika kamu benar-benar ingin mencari lebih banyak teman, maka kamu tetap bisa melakukannya.

Namun, kamu juga harus mengetahui alasan mengapa kamu mencari teman. Tanyakan pada diri sendiri apakah kamu hanya ingin memiliki banyak teman atau kamu harus memiliki banyak teman agar merasa bahagia.

Jika kamu tidak benar-benar merasa perlu mencari seorang teman, tidak apa jika kamu hanya menghabiskan waktu dengan diri sendiri. Karena sendirian tidak selalu berarti kesepian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Utamakan Kualitas Pertemanan

 

Hubungan pertemanan yang berkualitas dapat memberikan manfaat dan dampak positif. Saat kamu bergaul dengan rekan kerja, kamu dapat melakukan percakapan sesuai dengan kebutuhan, namun kamu tidak perlu untuk berkenalan dengan semua orang yang ditemui.

Menemukan satu teman baik lebih bermanfaat daripada membangun sekumpulan pertemanan yang tidak akrab, dan kamu tidak punya waktu atau energi untuk mengenalnya.

3. Fokus Pada Hobi dan Minat

Meskipun beberapa orang mendorongmu untuk keluar dari zona nyaman, namun kamu tidak harus mencari minat dan hobi baru untuk menemukan teman baru. Kamu bisa mencari teman baru yang memiliki minat dan hobi yang sama sehingga kamu dapat berbagi pemikiran serta memperluas wawasan yang kamu miliki.

Biasanya, seorang introvert seringkali tertarik pada aktivitas yang biasanya dilakukan sendiri, misalnya membaca buku, menggambar, menonton film, dan mendaki.

Walaupun aktivitas ini dilakukan secara sendirian, kamu tetap dapat bergabung pada grup atau datang langsung ke kelas kesenian untuk menemukan teman yang berkualitas.

3 dari 5 halaman

4. Jangan Takut Mencoba Hal Baru

Fokus pada hobi dan minat memang dapat bermanfaat. Namun, jika hobi yang saat ini kamu tekuni tidak memberikan peluang untuk mencari teman baru, kamu dapat mempertimbangkan untuk melakukan pendekatan baru.

Misalnya, kamu dapat bergabung dalam sebuah komunitas, atau kamu dapat mencari teman di media sosial dan membuat forum bersama-sama.

5. Kenali Kekuatan dan Kelebihan

Menyadari kekuatan diri menjadi salah satu dasar untuk membangun kepercayaan diri sehingga kamu dapat menjalin pertemanan dengan orang lain.

Luangkan waktu untuk diri sendiri dan mencari tahu apa kelebihan yang kamu miliki, misalnya pada sifat, kepribadian, perilaku, atau keterampilan tertentu. Hal yang penting untuk disadari adalah bahwa setiap orang memiliki kekuatan yang berbeda.

6. Ingat: Kebutuhan Sosialisasi Bagi Setiap Orang Berbeda

Saat kamu berusaha membangun hubungan baru, cobalah untuk tetap mempertimbangkan seberapa banyak waktu dan energi yang harus kamu berikan. Banyak orang introvert yang memiliki beberapa teman dekat, namun faktanya tetap saja orang introvert akan selalu membutuhkan waktu untuk menyendiri.

Ketika dirimu terlalu memaksakan diri, kamu akan memiliki lebih sedikit waktu untuk diberikan kepada orang-orang yang kamu sayangi, dan dapat menurunkan kualitas hubungan yang sudah ada.

4 dari 5 halaman

7. Terhubung dengan Orang Sekitar

Tidak ada salahnya untuk mulai mencari koneksi dalam hal-hal yang sudah kamu lakukan. Mengenal seseorang biasanya dimulai dengan tindakan sederhana, yaitu mendengarkan apa yang mereka katakan.

Banyak orang introvert yang sudah melakukan hal ini, jadi cobalah untuk melangkah lebih jauh dan menawarkan sesuatu sebagai balasannya. Setelah persahabatan yang baru mulai terjalin, jagalah agar tetap berkembang dengan menemukan cara-cara baru untuk tetap terhubung.

8. Ubah Perilaku, Bukan Identitas

Berteman dengan orang lain bukan berarti kamu harus mengubah jati diri sepenuhnya. Berpura-pura menjadi seorang ekstrovert mungkin tampak seperti cara terbaik, namun hal ini bisa menjadi boomerang untuk dirimu sendiri.

Ciri-ciri kepribadian biasanya tidak mudah berubah. Dan pada akhirnya, kamu tetaplah orang yang sama dengan kebutuhan yang sama yang membutuhkan kesendirian. Meski begitu, mengubah perilaku tertentu dapat memberikan beberapa manfaat. 

5 dari 5 halaman

9. Tingkatkan Kesabaran

Kamu akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda dalam hidup, dan kamu mungkin tidak akan cocok dengan semua orang. Hal tersebut adalah normal. Mungkin terasa menyedihkan untuk menerima kenyataan bahwa terkadang usaha kamu untuk bersosialisasi tidak akan berhasil.

Penolakan tidak pernah terasa menyenangkan, dan kamu mungkin akan merasa semakin kecil hati ketika interaksi tidak berjalan lancar setelah benar-benar berusaha untuk terlibat. Namun, perlu diingat bahwa semakin banyak kesempatan yang Anda ambil, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil.

10. Mendapat Bantuan Profesional

Jika upaya terbaik yang kamu lakukan untuk mendapatkan teman baru belum membuahkan hasil, kamu mungkin harus mendapat bantuan dari seorang terapis professional.

Terapis sering membantu orang mengatasi masalah interpersonal, termasuk kesulitan bersosialisasi dan mengembangkan hubungan baru. Beberapa orang bahkan bekerja dengan pelatih pertemanan untuk mengeksplorasi cara-cara baru untuk berhubungan dengan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.