Sukses

7 Penyebab Darah Tinggi yang Bukan karena Usia

Secara medis telah terbukti bahwa beberapa faktor tekanan darah tidak bergantung pada usia.

Liputan6.com, Jakarta - Tekanan darah tinggi, ketika tekanan darah melewati 120/80 mmHg, menempatkan tubuh pada risiko yang lebih besar.

Banyak individu beranggapan bahwa tekanan darah adalah tanda usia tua dan mereka sama sekali tidak melakukan apa-apa. Namun, secara medis telah terbukti bahwa beberapa faktor tekanan darah tidak bergantung pada usia. 

Oleh karena itu, ketahui beberapa penyebab darah tinggi yang bukan karena usia, seperti melansir dari Times of India, Rabu (8/3/2023).

1. Makan terlalu banyak garam

Garam dan tekanan darah tidak sejalan. Tingginya kadar natrium meningkatkan tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Tubuh kita membutuhkan natrium untuk berfungsi, tetapi kadarnya yang tinggi berbahaya. Kita memikirkan natrium ketika membahas tentang garam, itu karena kita kebanyakan mengonsumsi natrium dalam bentuk garam. 

Karena garam berbahaya bagi kesehatan, kita perlu mengurangi konsumsinya terutama melalui makanan kemasan. Sama seperti gula, makanan olahan banyak mengandung garam tersembunyi di dalamnya.

2. Merokok atau paparan asap rokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan. Tapi apakah Anda tahu paparan terhadap perokok pasif menempatkan kita pada risiko yang hampir sama dengan merokok secara langsung? Dengan cara apa pun asap berbahaya memasuki sistem kita.

3. Obesitas

Indeks massa tubuh yang sehat adalah indikator kesehatan yang baik. Banyak individu tidak berhati-hati dengan berat badan mereka dan tidak sadar akan masalah yang menumpuk di tubuh mereka seiring waktu.

Bukan hanya tekanan darah tinggi, obesitas juga menjadi penyebab beberapa komplikasi kesehatan lainnya seperti diabetes, masalah kardiovaskular dan lain-lain.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Gula darah puasa yang tinggi

Tahukan Anda bahwa seseorang dengan diabetes empat kali lebih mungkin mengalami tekanan darah tinggi dan lebih mungkin mengalami komplikasi jantung.

Sesuai laporan yang tersedia di situs John Hopkins Medicine, sekitar dua pertiga orang dewasa dengan diabetes memiliki tekanan darah lebih dari 130/80 mmHg atau menggunakan obat resep untuk hipertensi. 

5. Terlalu banyak alkohol 

Konsumsi minuman beralkohol selalu menjadi topik yang diperdebatkan. Terlalu banyak asupan alkohol membuat tubuh berisiko lebih tinggi mengalami kondisi yang mengancam jiwa.

Badan kesehatan juga telah memperingatkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah berapa pun tidak aman bagi kesehatan. 

 

3 dari 3 halaman

6. Tidak banyak gerak

Apa yang terjadi pada tubuhmu ketika Anda terus duduk berjam-jam? Tanpa aktivitas fisik apa pun, tubuh manusia berhenti berfungsi secara normal.

Kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak merupakan penyebab utama penyakit mematikan yang terkait dengan sistem organ utama.

7.  Kurang tidur 

Tidur adalah cara tubuh untuk beristirahat dan bangun setelah 7-8 jam dengan energi penuh. Mengurangi waktu tidur membantumu untuk berfungsi secara normal selama beberapa hari, tetapi dalam jangkan panjang, tubuhmu akan hancur karena stres yang disebabkan kurang tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.