Sukses

Mau Dimengerti, 4 Hal Ini Diinginkan Overthinker dalam Hubungan

Ketahui beberapa hal yang ingin dipahami para overthinker dalam hubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani sebuah hubungan cinta itu sulit, apalagi jika hubungan dengan orang yang terlalu banyak berpikir (overthinking) bahkan akan lebih sulit lagi. Terlalu banyak berpikir tampak sebagai masalah sederhana, tapi sebenarnya jauh dari itu.

Overthinker akan menaruh begitu banyak cinta dan perhatian ke dalam hubungannya sehingga membuat mereka khawatir tentang masa depan.

Orang-orang dengan tipe seperti ini sering kali berakhir dengan asumsi negatif dan membuat kesimpulan yang salah, yang menyebabkan pertengkaran dengan pasangan. Sebab, mereka terobsesi dengan detail terkecil.

Oleh karena itu, ketahui beberapa hal yang ingin dipahami para overthinker dalam hubungan, seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (20/2/2023).

1. Mencari kepastian 

Terlalu banyak berpikir berakar pada rasa tidak aman. Seorang overthinker ingin tahu bahwa Anda masih mencintainya.

Mereka perlu terus-menerus diyakinkan oleh pasangannya dalam suatu hubungan. Bahkan jika penyebab kegelisahan dia sama sekali tidak berdasar dan di luar kebiasaan. 

Jadi, fokuslah untuk menyakinkan dia bahwa semuanya baik-baik saja dan Anda masih peduli padanya.

2. Bagikan semuanya dengan pasangan

Overthinking dalam suatu hubungan sering kali disebabkan oleh kurangnya komunikasi. Karena Anda belum membicarakannya hal itu dengan si dia, Anda harus bertanya-tanya apa yang mereka pikirkan atau rencanakan.

Orang yang terlalu banyak berpikir bisa mengekspresikan diri mereka secara terbuka dan jujur kepada pasangan yang memahami, peduli dan terbuka untuk mendengarkan kebenarannya.

Berbagi perasaan dan pemikiran pribadi dengan pasangan bisa membantumu meningkatkan dan memperdalam hubunganmu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jangan katakan apapun yang tidak Anda maksudkan

Overthinker cenderung menemukan makna dalam setiap kata yang keluar dari mulutnya dan langsung mengambil kesimpulan. 

Hanya karena Anda memiliki hak untuk mengatakan apa pun yang Anda inginkan tidak selalu berarti Anda harus melakukannya, dan inilah aturan yang mereka ikuti.

Jika Anda mengatakan sesuatu yang tidak Anda maksudkan, orang yang terlalu banyak berpikir mungkin menjadi lelah dan terkuras karena mereka terjebak dalam lingkaran tanpa alasan yang jelas untuk waktu yang lama, yang memengaruhi kemampuannya. 

Jadi, sebelum mengatakan sesuatu kepada pasangan yang terlalu banyak berpikir, seseorang harus berpikir terlebih dahulu.

 

3 dari 3 halaman

4. Komunikasi yang jelas itu penting

Pikiran overthinker bersedia membuat asumsi yang keluar dari suatu situasi. Sangat penting untuk menjaga komunikasi yang terbuka dan jujur dengannya.

Mengatasi masalah dan mencari solusi, daripada membiarkan si dia memikirkannya dan menghabiskan waktu dengan kesal, adalah penting.

Ketahuilah bahwa perkelahian apa pun akan lebih menyakitinya, dan si dia akan menyalahkan diri sendiri lebih dari yang Anda bisa lakukan dengan diam atau berharap dia belajar. 

Ini karena individu yang mengalami kecemasan lebih keras terhadap diri mereka sendiri daripada orang lain, dan mereka menginternalisasi segalanya dan mudah tersinggung. 

Akui emosi pasanganmu yang terlalu banyak berpikir dan tanggapi dengan perhatian dan pelukan ekstra, itu bisa membantu menyelesaikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.