Sukses

Waspada, Kenakan Ikat Rambut di Pergelangan Tangan Bisa Berakibat Fatal

Ternyata memakai ikat rambut di sekitar pergelangan tangan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar wanita tentu akrab dengan yang namanya ikat rambut. Ikat rambut bahkan tak pernah bisa ditinggalkan dan selalu dibawa kemanapun mereka pergi. 

Namun, berapa kali Anda memasang ikat rambut di pergelangan tangan Anda karena Anda tahu Anda akan membutuhkannya nanti? Ya, tentu banyak yang melakukan kebiasaan ini, bukan? 

Mengikat ikat rambut di pergelangan tangan adalah sesuatu yang dilakukan banyak orang tanpa berpikir akan ada konsekuensi yang berat. Namun, ternyata memakai ikat rambut di sekitar pergelangan tangan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. 

Mungkin banyak yang terkejut dengan hal ini, namun ini benar adanya. Melansir Yourtango, Jumat (17/2/2023), ada sebuah kasus di tahun 2015 yang menjadi viral, seorang wanita bernama Audree Kopp memiliki benjolan merah di pergelangan tangannya yang terus membesar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alami Abses Parah

Awalnya dia berpikir itu adalah gigitan laba-laba, dia pergi ke dokter dan memberinya beberapa antibiotik. Namun, benjolan tersebut terus membesar dan semakin merah. Akhirnya, ketika benjolan itu sudah mencapai titik yang sangat mengkhawatirkan, dia memutuskan untuk pergi ke ruang gawat darurat.

"Mereka bilang saya perlu dioperasi," kata Kopp kepada stasiun berita Louisville WLKY. 

"Untungnya saya mengatasinya tepat waktu atau jika tidak saya bisa mengalami sepsis."

Siapa sangka bahwa hal itu terjadi karena ikat rambut yang kerap dipakainya di pergelangan tangan. Menurut keterangan dokter, Kopp mengalami abses besar di pergelangan tangannya. 

"Dia mengalami abses besar di bagian belakang pergelangan tangannya, jadi saya membuat sayatan dan mengeluarkan nanahnya sampai ke bawah," kata Dr. Amit Gupta dari Norton Healthcare.

3 dari 4 halaman

Ikat rambut menjebak bakteri dan masuk melalui pori-pori

Gupta menyimpulkan bahwa abses itu karena infeksi bakteri yang ditimbulkan oleh ikat rambut berlapis glitter yang sering dipakai Kopp. Ikatan tersebut menjebak bakteri yang kemudian masuk melalui pori-porinya. Sekarang Anda tentu harus khawatir tentang pori-pori di pergelangan tangan Anda. 

Kopp menulis di Facebook-nya, "Ikat rambut gemerlap itulah yang menyebabkan masalah ini. Ini menggoreskan goresan kecil di pergelangan tangan saya, dan bakteri dari ikat rambut itu masuk, menyebabkan infeksi bakteri yang mengancam jiwa."

Kopp menambahkan bahwa jika dia tidak terkena infeksi sejak dini, mungkin akan terjadi bencana. Tak perlu dikatakan, Kopp tidak akan lagi memakai ikat rambut di pergelangan tangannya, setidaknya tidak yang berkilauan. 

Anda mungkin bisa menyimpan ikat rambut di tas Anda, atau selamatkan wanita lain dengan meminta mereka untuk tidak mengenakan ikat rambut di pergelangan tangan mereka. 

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

 

Kerontokan rambut sebagian besar terkait dengan pria, namun pada kenyataannya, lebih dari 55% wanita akan mengalami beberapa jenis kerontokan rambut dalam hidupnya.

Faktanya, sekitar 40% wanita akan mengalami rambut rontok permanen seumur hidupnya. Sementara genetika bisa memainkan peran besar dalam hal ini, di lain waktu, kebiasaan sehari-hari juga bisa membuat rambutmu rontok.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba bahan alami yang bisa membantu folikel rambutmu menjadi sehat kembali, seperti melansir dari Bright Side.

Teh hijau

Dalam sebuah penelitian, peneliti menaruh ekstrak teh hijau pada kulit kepala peserta untuk melihat bagaimana hal itu akan membantu pertumbuhan kembali rambut.

Setelah 4 hari, terlihat bahwa aktivitas pertumbuhan rambut mereka meningkat pesat. Selain itu, teh hijau juga melindungi kulit kepala sekaligus memperbaiki folikel rambut. Ini terutama berlaku bagi mereka yang menerimanya melalui suplemen, karena mereka akan melihat peningkatan aliran darah dan kadar oksigen.

Bawang bombay

Membayangkan baunya saja sudah tak tertahankan, tapi bawang terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini sangat efektif dalam tambalan alopecia areata, suatu kondisi di mana rambut seseorang rontok bercak di berbagai bagian tubuh.

Cara bawang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yakni dengan meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala atau bagian tubuh lainnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan beberapa bawang bombay, meremas sarinya dan mengoleskannya ke kulit kepala selama 15 menit sebelum membilasnya dengan sampo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.