Sukses

Cara Buat Deodoran Sendiri di Rumah dengan Bahan Alami, Dijamin Ampuh Usir Bau Badan

Nah berikut ini cara untuk membuat deodoran alami di rumah dijamin ampuh usir bau badan.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun tidak menyenangkan, berkeringat merupakan aspek penting dari kemampuan tubuh kita untuk mengatur suhu tubuh. Namun sayangnya ketika keringat bercampur dengan bakteri di kulit kita, hal itu dapat menyebabkan bau badan. Tapi tidak ada yang mau mencium bau badan, itulah sebabnya kita menggunakan antiperspiran atau deodoran.

Tetapi banyak deodoran yang dibeli di toko mengandung paraben, aluminium, pewarna, dan banyak hal lain yang mungkin tidak ingin dikenakan orang pada kulit Anda. 

Untungnya, Anda bisa membuat deodoran sederhana dan alami di rumah hanya dengan menggunakan dua bahan. Ini dapat mengontrol bau tanpa menghalangi keringat, dan tanpa bahan kimia yang keras atau berisiko.

Satu hal yang terpenting dari formula ini adalah Anda dapat menggunakannya sebagai roll-on atau semprotan. Karena banyak orang memiliki preferensi yang kuat tentang bagaimana mereka mengaplikasikan deodoran, ada baiknya memiliki pilihan.

Nah berikut ini cara untuk membuat deodoran alami di rumah dilansir dari One Good Thing:

Cara Membuat Deodoran Roll-On Alami

Anda akan membutuhkan:

  • 12 tetes essential oil
  • Minyak kelapa fraksinasi
  • Botol ukuran 10 ml

Cara Membuat:

Tambahkan 12 tetes essential oil ke dalam botol rol, lalu isi sisanya dengan minyak kelapa fraksionasi. Ganti bagian atas rol dan kocok dengan baik agar tercampur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Deodoran Semprot Alami

Anda akan membutuhkan:

  • 30 tetes essential oil 
  • 1 sdm gliserin sayur
  • Tanaman witch hazel
  • Botol spray 

Cara membuat:

Tambahkan 30 tetes essential oil dan 1 sendok makan gliserin ke dalam botol semprot kecil, lalu isi sisanya dengan witch hazel. Ganti bagian atas semprotan dan kocok dengan baik agar tercampur.

3 dari 4 halaman

Tips Menggunakan Deodoran Alami

Formula alami tidak bertahan selama deodoran konvensional, jadi Anda akan mendapat manfaat jika menerapkannya lebih sering. Simpan di dalam tas Anda sehingga Anda dapat menggunakannya kembali sekali atau dua kali sepanjang hari.

Jika Anda telah menggunakan antiperspiran, tubuh Anda mungkin memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas baru Anda. Anda mungkin merasa lebih berkeringat dari biasanya selama beberapa minggu pertama.

4 dari 4 halaman

Perlukah Pakai Deodoran untuk Atasi Bau Badan?

Bau badan bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Banyak orang yang mencoba mengatasinya dengan rajin mengoleskan produk deodoran, terutama selepas mandi. Tapi, apakah ritual itu benar-benar diperlukan?

"Orang-orang memiliki preferensi yang kuat dan sensitivitas terhadap bau. Mereka, sejak awal, menggunakan parfum (atau) kolonye untuk menyamarkan bau badan," kata Dr. Nina Botto, seorang associate profesor dermatologi di Universitas California, San Francisco, dikutip dari CNN, Minggu, 18 Desember 2022. 

"Tapi tidak seperti membersihkan gigi dengan benang gigi yang didukung data yang kuat bahwa Anda akan hidup lebih lama bisa membersihkan sela-sela gigi secara teratur," ia menambahkan.

Pernyataannya diamini oleh Dr. Joshua Zeichner, associate profesor di Rumah Sakit Mount Sinai, New York. Ia menyatakan, "Kita hidup di masyarakat yang tidak menerima seseorang yang bau badan, membuat deodoran menjadi bagian dari rutinitas kebersihan sehari-hari."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.