Sukses

Bayi Baru Lahir Berhasil Diselamatkan dari Puing-Puing di Suriah Setelah Gempa

Penduduk di kota barat laut Suriah menemukan bayi mungil yang baru dilahirkan terjebak di bawah puing-puing gedung apartemen lima lantai yang runtuh oleh gempa.

Liputan6.com, Suriah - Penduduk di kota barat laut Suriah menemukan bayi mungil yang baru dilahirkan terjebak di bawah puing-puing gedung apartemen lima lantai yang diratakan oleh gempa dahsyat minggu ini, dilansir dari CBC, Rabu (8/2/2023).

Bayi perempuan tersebut ditemukan terkubur di bawah puing-puing dengan tali pusarnya masih terhubung dengan ibunya, Afraa Abu Hadiya, yang ditemukan tewas.

Bayi itu adalah satu-satunya anggota keluarganya yang selamat dari bangunan yang runtuh pada Senin (6/2/2023), di kota kecil Jinderis, di sebelah perbatasan Turki, kata Ramadan Sleiman, seorang kerabat, mengatakan kepada The Associated Press.

Tim penyelamat menemukan bayi itu Senin sore, lebih dari 10 jam setelah gempa melanda. Seorang tetangga wanita memotong tali pusarnya, dan dia serta yang lainnya bergegas membawa bayi itu ke rumah sakit anak-anak di kota terdekat Afrin, tempat dia disimpan di inkubator, kata dokter yang merawat bayi itu, Dr. Hani Maarouf.

Suhu tubuh bayi tersebut turun menjadi 35 derajat Celcius dan dia mengalami memar, termasuk yang besar di punggungnya, tetapi dia dalam kondisi stabil, katanya Maarouf. Maarouf mengatakan dia yakin bayi itu telah lahir sekitar tiga jam sebelum ditemukan, mengingat suhu tubuhnya yang turun. 

Jinderis, yang terletak di kantong barat laut Suriah, terkena dampak gempa yang parah, dengan beberapa bangunan runtuh. Sementara itu, ada pula momen penyelamatan dramatis lainnya pada Senin malam, ketika seorang balita ditarik hidup-hidup dari reruntuhan bangunan yang runtuh.

Video dari White Helmets, layanan darurat di wilayah tersebut, menunjukkan para penyelamat menggali beton yang hancur di tengah logam bengkok sampai gadis kecil bernama Nour muncul. Seorang penyelamat menggendong kepalanya di tangannya dan dengan lembut menyeka debu dari sekitar matanya sebelum dia ditarik keluar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Korban tewas naik

Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 pada Senin (6/2/2023), dan serangkaian gempa susulan mengguncang Turki tenggara dan negara tetangga Suriah. Guncangan itu merobohkan ribuan bangunan. Satu gempa yang mengikuti yang pertama tercatat berkekuatan magnitudo 7,5. Sementara korban tewas melonjak di atas 7.200 dan masih diperkirakan akan meningkat.

Tetapi dengan kerusakan yang tersebar di wilayah yang luas, operasi bantuan besar-besaran seringkali kesulitan mencapai kota-kota yang hancur, dan suara-suara korban gempa yang berteriak dari puing-puing menjadi sunyi.

Lebih dari 8.000 orang telah diselamatkan dari puing-puing di Turki, dan sekitar 380.000 telah mengungsi di tempat penampungan pemerintah atau hotel, kata Wakil Presiden Turki, Fuat Oktay.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan 13 juta dari 85 juta penduduk negara itu terkena dampak, dan dia mengumumkan keadaan darurat di 10 provinsi. Turki sudah bergulat dengan penurunan ekonomi menjelang pemilihan presiden dan parlemen pada bulan Mei.

3 dari 4 halaman

Jutaan orang terkena dampak

Adelheid Marschang, seorang petugas darurat senior di Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan hingga 23 juta orang dapat terkena dampak di seluruh wilayah yang dilanda gempa, menyebutnya sebagai "krisis di atas banyak krisis."

Tim dari hampir 30 negara menuju Turki atau Suriah. Ketika janji bantuan membanjir, Turki berusaha untuk mempercepat upaya tersebut dengan hanya mengizinkan kendaraan yang membawa bantuan untuk memasuki provinsi Kahramanmaras, Adiyaman, dan Hatay yang paling parah terkena dampak.

PBB mengatakan sedang menjelajahi semua jalan untuk memberikan pasokan ke Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak. Badan manajemen darurat Turki mengatakan jumlah total kematian di negara itu telah melewati 5.400, dengan lebih dari 31.000 orang terluka.

Korban tewas di wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah naik menjadi lebih dari 800, dengan sekitar 1.400 terluka, menurut Kementerian Kesehatan. Sedikitnya 1.000 orang tewas di barat laut yang dikuasai pemberontak, menurut White Helmets, dengan lebih dari 2.300 terluka.

Wilayah ini berada di atas garis patahan utama dan sering diguncang oleh gempa bumi. Sekitar 18.000 tewas dalam gempa bumi yang sama kuatnya yang melanda Turki barat laut pada tahun 1999.

4 dari 4 halaman

Gempa Turki: Potret Pilu Ayah Genggam Tangan Putrinya yang Meninggal di Bawah Puing

Sebuah potret memilukan dari kota yang dilanda gempa Turki menunjukkan seorang ayah yang berduka memegang tangan putrinya yang telah meninggal tergeletak di bawah puing-puing blok apartemen yang hancur.

Potret pilu itu muncul setelah dua gempa bumi besar melanda Turki selatan dan Suriah barat laut pada Senin, diikuti oleh gempa ketiga berkekuatan 5,7 pada Selasa pagi. 

Lebih dari 5.000 orang kini telah tewas dan ratusan bangunan telah rata dengan tanah, setelah salah satu bencana alam paling mematikan abad ini. Orang-orang terjebak di bawah reruntuhan di mana mereka berisiko meninggal karena cedera, kedinginan, atau kelaparan.

Seperti dilaporkan oleh Mirror, sebuah foto dari kota Kahramanmaras, dekat pusat gempa, menunjukkan ayah Mesut Hancer memegang tangan putrinya yang berusia 15 tahun. Dia terbaring tak bernyawa di tempat tidur yang sebagian besar terkubur di dalam puing-puing dan tidak dapat diekstraksi.

WHO telah memperingatkan korban tewas akibat gempa bisa mencapai 20.000 dan memperingatkan 23 juta orang - termasuk 1,4 juta anak-anak - bisa terkena dampaknya. UNICEF telah memperingatkan bahwa ribuan anak mungkin telah tewas di Turki dan Suriah.

Wakil presiden Turki, Fuat Oktay, mengatakan pada hari Selasa bahwa 3.419 orang telah tewas, dengan 20.534 lainnya terluka. Jumlah kematian yang dikonfirmasi di Suriah naik menjadi 1.602, sehingga jumlah kematian di kedua negara menjadi 5.021. Badan penanggulangan bencana Turki mengatakan memiliki 11.342 laporan tentang bangunan yang runtuh, 5.775 di antaranya telah dikonfirmasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.