Sukses

8 Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan dan Mental Anda

Berikut ini deretan manfaat berpelukan bagi kesehatan dan psikis Anda.

Liputan6.com, Jakarta Sulit menemukan waktu untuk bersantai di tengah aktivitas yang padat setiap hari. Banyak yang bahkan mengorbankan waktu mereka dengan orang tercinta demi bisa bekerja lebih lama. Tapi keintiman dengan orang yang dicintai adalah salah satu elemen penting untuk membuat diri mereka lebih bahagia.

Berpelukan adalah salah satu cara termudah untuk merasakan keintiman yang kita butuhkan dengan orang yang kita cintai. Seiring dengan begitu banyak manfaat, itu pasti sesuatu yang tidak bisa dikorbankan. Memeluk bukan hanya untuk wanita, pria juga ingin dipeluk seperti halnya wanita.

Ada banyak manfaat yang mengejutkan dari berpelukan, baik untuk tubuh dan jiwa Anda. Berikut ini deretan manfaat berpelukan bagi kesehatan dan mental Anda dilansir dari Lifehack. 

1. Melepaskan Hormon Oksitosin

Oksitosin adalah hormon yang melakukan segalanya mulai dari membuat Anda merasa nyaman hingga membantu Anda merasa terhubung dengan orang lain. Oksitosin sangat penting dalam tindakan berpelukan dan akan membuat diri Anda serta orang yang Anda peluk lebih bahagia. 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pelepasan oksitosin, hormon perasaan senang ini membuat Anda merasa tidak ada yang dapat menyakiti Anda yang merupakan manfaat luar biasa. Ini juga meningkatkan hormon yang membantu melawan infeksi. Pada dasarnya, Anda meningkatkan sistem kekebalan karena Anda merasa terlalu baik dan sehat untuk sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Meredakan Nyeri

Sama seperti meningkatkan sistem kekebalan Anda, berpelukan dan melepaskan oksitosin akan mengurangi tingkat rasa sakit Anda. Ini seperti setiap kali leher Anda sakit, Anda menggosoknya. Bahkan sentuhan sederhana seperti itu melepaskan oksitosin yang cukup untuk membuat Anda merasa lebih baik, jadi bayangkan efek berpelukan begitu sangat luar biasa. 

4. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Pelatih manajemen stres dan terapis holistik Catherine A. Connors berkata bahwa berpelukan dapat meningkatkan kadar oksitosin, yang merupakan hormon 'ikatan' reaksi kimia ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung. Hati Anda lebih bahagia dan tidak bekerja keras untuk melawan efek stres dan penyakit, Anda akan lebih sehat sehingga dapat hidup lebih lama.

3 dari 4 halaman

5. Kurangi Kecemasan Sosial

Oksitosin menginspirasi pemikiran positif. Ini membantu Anda memiliki pandangan optimis tentang dunia. Yang berarti ketika Anda mendapatkan pelukan tepat saat Anda tiba di pesta di mana Anda hanya mengenal satu orang, Anda akan merasa lebih bahagia dan lebih bersosialisasi. Anda akan merasa seperti Anda dapat memikat semua orang di pesta itu. Dan dengan oksitosin mengalir melalui sistem Anda, Anda akan melakukannya.

6. Perdalam Hubungan Anda

Komunikasi penting dalam hubungan, tetapi orang sering lupa betapa efektif dan bermaknanya pelukan. Ketika karier Anda sangat menegangkan sehingga Anda pulang ke rumah dan tidak dapat berhenti memikirkan pekerjaan itu, Anda mengambil dampak negatif pada hubungan Anda. 

Sebaliknya, bayangkan pulang ke rumah dan berpelukan dengan pasangan Anda selama sepuluh menit sehari. Istirahat singkat dari stres kehidupan sehari-hari ini tidak hanya memberi Anda semua manfaat lain yang tercantum di sini, tetapi juga akan memperdalam hubungan Anda dengan pasangan. Anda akan meluangkan waktu untuk fokus hanya pada pasangan Anda dan apa yang Anda rasakan terhadap mereka.

4 dari 4 halaman

7. Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Berpelukan dengan pasangan Anda selama 10 menit sebelum tidur memicu tubuh Anda untuk melepaskan oksitosin yang membantu Anda menjalin ikatan dengan pasangan dan menghilangkan stres. Saat Anda tidak terlalu cemas, dan lebih rileks, Anda cenderung tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

8. Mengurangi Stres

Oksitosin adalah hormon alami yang luar biasa yang memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh manusia. Wajar jika semua efek positif ini juga akan melepaskan stres. Anda merasa lebih terhubung dengan pasangan Anda, Anda merasa percaya diri dalam situasi sosial, sistem kekebalan Anda lebih kuat tidak ada yang dapat membuat Anda stres. Anda memiliki kehidupan yang hebat, penuh pelukan, dan penuh kasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.