Sukses

Bisa Jadi Kado Valentine, Ini Manfaat Dark Chocolate yang Tak Banyak Orang Tahu

Studi ilmiah selama beberapa waktu telah berbicara tentang banyak manfaat kesehatan dari makanan super kakao tinggi ini.

Liputan6.com, Jakarta Dark Chocolate atau cokelat hitam dengan rasa yang kaya, intens, dan pahit telah memikat pecinta kuliner yang sadar akan kesehatan. Studi ilmiah selama beberapa waktu telah berbicara tentang banyak manfaat kesehatan dari makanan super kakao tinggi ini mulai dari peningkatan kesehatan jantung, fungsi otak hingga pengurangan peradangan. 

Cokelat hitam juga dikatakan sebagai penambah suasana hati karena meningkatkan sekresi serotonin dan endorfin, yang membantu meredakan perasaan stres dan kecemasan. 

"Cokelat hitam populer karena potensi manfaat kesehatannya (kaya akan anti-oksidan dan baik untuk jantung) dan terlebih lagi, kandungan gulanya rendah. Lebih dari 50% menganggapnya sebagai pilihan yang lebih aman dan sehat (dibandingkan dengan permen),” kata Dr Sudhir Kumar, Konsultan Senior Ahli Saraf, Rumah Sakit Apollo, Jubilee Hills, Hyderabad, India. 

Cokelat hitam adalah sumber antioksidan kuat, senyawa yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Namun penting untuk mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah kecil karena masih tinggi kalori dan lemak. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi cokelat hitam dapat menyebabkan gangguan pendarahan, jantung berdebar, dan sembelit.

 

Dr. Jinal Patel, Ahli Diet di Rumah Sakit Apollo Spectra, Mumbai, mengungkapkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi cokelat hitam. Namun tak hanya manfaat, ada pula efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari Hindustan Times, berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan metabolisme

Cokelat hitam mengandung asam lemak tak jenuh tunggal atau MUFA, yang meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori. Mengonsumsi cokelat hitam seperti yang direkomendasikan oleh ahlinya akan mengekang keinginan mengidam dan membantu Anda menurunkan berat badan.

Menurunkan tekanan darah

Tahukah Anda, Flavonoid dalam cokelat hitam dapat membantu seseorang mengelola tekanan darah tinggi dan mencegah masalah kardiovaskular. Tapi, usahakan untuk mengonsumsi cokelat ini dalam jumlah yang direkomendasikan oleh ahlinya saja.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Anda akan terkejut mengetahui bahwa flavonoid sebagai agen kardioprotektif dalam cokelat hitam mencegah penyakit jantung.

Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi cokelat hitam sebenarnya bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Cokelat hitam memberikan asam lemak tak jenuh tunggal ke tubuh kita secara efektif bekerja untuk meningkatkan metabolisme dan membantu membakar kalori dengan cepat.

Selain itu, jika Anda berhasil makan sekitar 20 menit sebelum makan, itu benar-benar berfungsi untuk mengekang mengidam makanan. Bahkan, itu juga dikenal untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit, oleh karena itu mempromosikan latihan.

Membantu mencegah depresi 

Tak hanya nikmat, cokelat hitam memiliki manfaat untuk mengurangi risiko yang terkait dengan depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sekitar 24 gram cokelat setiap hari bisa bekerja sebaik antidepresan. Itu karena cokelat hitam kaya akan flavonoid yang efektif meningkatkan mood, menyalurkan energi dan memicu dopamin.

Sebuah studi oleh National Health and Nutrition Examination Survey menyatakan makan cokelat hitam dalam jumlah sedang sehari bahkan bisa mengurangi tanda dan gejala depresi klinis.

3 dari 4 halaman

Efek samping dark chocolate

Namun ada sisi gelap dari cokelat hitam ini. Penelitian telah menemukan bahwa beberapa batang cokelat hitam mengandung kadmium dan timbal dua logam berat yang terkait dengan sejumlah masalah kesehatan. 

Ahli saraf menambahkan bahwa paparan jangka panjang yang konsisten terhadap logam berat dalam jumlah kecil sekalipun dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dia mengatakan bahaya terbesar bagi wanita hamil dan anak kecil karena logam dapat menyebabkan masalah perkembangan, memengaruhi perkembangan otak, dan menurunkan IQ. Berikut beberapa dampak lain jika dikonsumsi berlebih:

Gangguan pendarahan

Mengonsumsi cokelat hitam dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan kemungkinan memperlambat proses pembekuan darah. Ini fatal dan seseorang diketahui memiliki kelainan perdarahan atau hemofilia.

Palpitasi

Kandungan kakao dalam cokelat hitam dapat meningkatkan denyut nadi dan tekanan darah jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak.

Sembelit

Makan cokelat hitam terlalu banyak dapat menyebabkan sembelit karena mengandung kafein yang menyebabkan dehidrasi dan memperlambat pencernaan.

Sakit kepala

Cokelat diketahui memiliki kandungan kafein dan beta-phenylethylamine yang dapat memicu sakit kepala. Jadi, berhati-hatilah saat mengonsumsi cokelat hitam terlalu banyak.

4 dari 4 halaman

5 Manfaat Konsumsi Cokelat Hitam yang Jarang Diketahui, Sehatkan Jantung hingga Tingkatkan Gairah Seksual

Penelitian yang diterbitkan menemukan bahwa kakao dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung dengan membuat pembuluh darah dan arteri lebih elastis - berkat antioksidan yang dikenal sebagai flavanol.

Para peneliti, dari University of Surrey, mendesak lebih banyak orang untuk makan cokelat hitam karena kandungan kakaonya tinggi, sedangkan cokelat batangan paling populer mengandung sangat sedikit.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa cokelat adalah afrodisiak, karena dikemas dengan 'obat cinta' phenylethylamine yang meningkatkan hasrat seksual dengan meningkatkan kadar endorfin 'hormon bahagia'. Dan itu juga dapat membuat ereksi pria lebih kencang karena efeknya meningkatkan aliran darah.

Para ilmuwan juga telah menunjukkan bahwa makan cokelat hitam secara teratur dapat meningkatkan kewaspadaan - dengan sebatang cokelat berukuran 100 gram mengandung kafein hampir sama banyaknya dengan secangkir kopi. Ini juga telah dikaitkan dengan membuat orang lebih bahagia dan mengurangi risiko depresi.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.