Sukses

Sering Diucapkan Saat Tahun Baru Imlek, Sebenarnya Apa Arti Gong Xi Fa Cai?

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Minggu (22/1/2023), masyarakat Tionghoa sedang merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Saat perayaan Imlek, umumnya keluarga yang merayakan akan berkumpul untuk beribadah dan makan bersama. 

Tak sedikit dari mereka yang juga kerap memberikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek. Ya, saat Imlek kalian tentu sering dengar kata-kata bertuliskan Gong Xi Fa Cai. 

Lalu, apa sebenarnya arti Gong Xi Fa Cai? Dilansir dari NC State University, “Gong Xi Fa Cai” atau “Gong Hey Fat Choy” tidak diterjemahkan menjadi “Selamat Tahun Baru” seperti yang mungkin dipikirkan sebagian orang. 

Terjemahan lepas dalam bahasa Mandarin adalah “Semoga Anda sejahtera di tahun yang akan datang”, sedangkan terjemahan bahasa Kantonnya adalah “semoga Anda bahagia dan sejahtera”. Beberapa orang mengganti kemakmuran dengan kekayaan, jadi itu bisa berarti "Semoga Anda menghasilkan banyak uang".

Sementara itu dilansir dari Urban Dictionary, kata "Gong Xi Fa Cai" jika diterjemahkan secara harfiah berarti "Semoga kekayaan Anda melimpah." Kata "Gong Xi" artinya "berharap/berkah". Sementara kata "Fa" artinya "memperbesar", sedangkan "Cai" berarti "kekayaan".

Melansir dari laman Metro, Gong Xi Fa Cai atau Gong Hei Fat Choy, sebagai salah satu sapaan yang paling sering diucapkan saat Imlek. Namun, kata tersebut tidak bermakna "selamat tahun baru".

Mengucapkan "Gong xi fa cai" tidak sama dengan mengucapkan "selamat Tahun Baru Imlek." Kata-kata tersebur sebenarnya menyampaikan harapan untuk kemakmuran, yaitu harapan kepada penerima agar menjadi kaya pada tahun depan.

Kalimat tersebut sangat cocok untuk Anda yang berbisnis. Oleh karena itu, "Gong Xi Fa Cai" lebih sering digunakan saat menyapa rekan kerja atau rekan bisnis saat Tahun Baru Imlek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tradisi yang Dilakukan Saat Imlek

Ada banyak tradisi yang terkait dengan Tahun Baru Imlek. Pada malam sebelumnya, orang-orang yang merayakan Tahun Baru Imlek berkumpul untuk makan malam reuni tahunan. 

Makan malam reuni dianggap sebagai makanan terpenting tahun ini. Makanan tradisional disajikan saat makan malam reuni, seperti mie panjang umur yang melambangkan harapan panjang umur dan jeruk karena bentuknya bulat dan memiliki warna “keemasan”, melambangkan kepenuhan dan kekayaan serta jajanan meriah lainnya.

Membersihkan rumah juga merupakan tradisi untuk "menyapu" segala nasib buruk dan membawa keberuntungan sebelum tahun baru. Ini diikuti dengan penggunaan petasan untuk mengusir roh jahat. Namun, sapu perlu disingkirkan pada Hari Tahun Baru untuk mencegah “menyapu” keberuntungan yang datang kepada Anda dan rumah Anda.

Pada Tahun Baru Imlek, anggota keluarga yang sudah menikah atau lanjut usia memberikan amplop merah (hongbao/lai see) kepada anggota keluarga yang lebih muda.

Warna merah melambangkan keberuntungan. Amplop merah biasanya berisi uang kertas baru dalam jumlah genap. Angka 8 dianggap sebagai angka keberuntungan karena terdengar seperti kekayaan/kemakmuran (ba/baat). Seseorang harus menghindari membuka amplop di depan kerabat. Merupakan tradisi juga bagi supervisor atau pemilik bisnis untuk memberikan amplop merah kepada karyawan mereka sebagai tanda keberuntungan untuk tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

20 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023

Tentunya selain memanjatkan doa untuk diri sendiri, hari raya Imlek juga biasanya dimanfaatkan untuk mendoakan kebaikan untuk orang lain. Hal ini bisa dilakukan kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, orangtua, saudara, kekasih, hingga rekan kerja.

 

Umumnya saat perayaan ini keluarga akan berkumpul dan makan bersama. Namun jika tak bisa bertemu langsung, Anda bisa mengirimkan ucapan Selamat Imlek melalui pesan singkat. 

Ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2023 juga bisa dikirimkan oleh siapa saja sebagai salah satu cara untuk turut memeriahkan rekan yang merayakan pergantian tahun untuk umat Khonghucu ini. 

Kata-kata atau ucapan yang dikirimkan bisa berupa harapan serta doa kepada kerabat yang merayakan Tahun Baru Imlek 2023. Ucapan ini selain bisa kalian kirim kepada kerabat yang merayakan Imlek, bisa juga kalian unggah di media sosial. Nah, berikut ini adalah kumpulan ucapan selamat Tahun Baru Imlek ke-2574 seperti dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber:

“Selamat tahun baru Imlek. Semoga semua harapan anda menjadi kenyataan.”

“Selamat tahun baru Imlek, saya mendoakan Anda agar diberi kesehatan dan kesejahteraan yang bertahan lama.”

“Semoga tahun baru Imlek yang akan datang dapat membawakan kebahagiaan, kedamaian, dan kasih sayang kepada Anda.”

“Selamat tahun baru Imlek. Jangan lupa untuk selalu menyambut pagi hari yang baru dengan senyuman di wajah Anda, jiwa yang baru, kasih sayang di hati Anda, dan pikiran baik di pikiran Anda.”

“Selamat tahun baru Imlek untuk Anda dan keluarga Anda. Semoga kekayaan selalu mendatangi Anda.”

“Semoga Anda mendapatkan semua keberuntungan yang baik di tahun baru Imlek ini.” 

“Semoga tahun baru Imlek ini Anda akan dijauhi dari keburukan dan diberkahi keberuntungan yang baik sepanjang tahun.” 

"Semoga tahun baru Imlek ini membawakan kebahagiaan yang tidak pernah hilang, harapan yang tidak pernah mati, dan kekuatan yang tidak pernah melemah di kehidupan Anda."

"Semoga kebahagiaan dan keceriaan di sekitar Anda hari ini bertahan selamanya dan selalu. Selamat tahun baru Imlek."

"Semoga beruntung dan mendapatkan sukses besar di tahun baru Imlek yang akan datang."

4 dari 4 halaman

Ucapan Tahun Baru Imlek Selanjutnya

“Gong Xi Fa Chai. Semoga Anda mendapatkan Tahun Baru Imlek 2023 yang sejahtera."

"Selamat Tahun Baru Imlek 2023 untuk Anda. Mari bersulang untuk hari-hari yang lebih bahagia di depan."

“Semoga hari-hari baru bersinar seperti matahari dan memberimu kehangatan dan kebahagiaan."

“Pada momen pertama tahun baru yang bahagia ini, terimalah harapan terbaik saya untuk kesehatanmu yang sempurna dan kemakmuran yang langgeng. Gong Xi Fa Cai!"

“Saya dengan tulus berharap Anda bahagia, ceria, dan sukses di tahun mendatang. Saya berharap Anda beruntung di Tahun Kelinci Air. Selamat Tahun Baru."

“Semoga bisnis Anda tumbuh dan berkembang setiap hari. Saya harap perjalanan ke depan memberi Anda lebih banyak kesuksesan dalam hidup Anda. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk Tahun Baru Imlek 2023 ini!"

“Selamat Tahun Baru Imlek 2023. Semoga di Tahun Kelinci Air ini memberi Anda kekuatan untuk menghadapi dan memenangkan setiap kesulitan yang menghadang."

“Selamat Tahun Baru Imlek, temanku. Nikmati kemeriahan ini sepenuhnya dan jadikan perayaan ini yang terbaik dari semuanya."

“Selamat Tahun Baru Imlek 2023 untukmu kerabatku! Bersoraklah untuk hari-hari yang lebih bahagia di masa depan."

“Semoga semuanya berubah seperti yang Anda inginkan di tahun mendatang!"

 
 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS