Sukses

Baru Putus? Begini Cara Berhenti Mencintai Mantan dan Mulai Move On

Deretan tips berikut ini dapat membantu Anda memulai proses move on usai putus cinta dengan mantan.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin perlu waktu untuk sepenuhnya memproses akhir dari hubungan cintamu dengan mantan. Mengidentifikasi apa yang Anda inginkan dari hubungan di masa depan dan mengakui pentingnya masa lalumu adalah kunci dalam membantu Anda move on.

Kebanyakan individu akan setuju bahwa Anda pada umumnya tidak dapat memilih dengan siapa Anda jatuh cinta. Namun dalam beberapa keadaan, Anda mungkin berharap bukan itu masalahnya. Mungkin Anda mencintai seseorang yang tidak merasakan hal yang sama denganmu.

“Kerinduan yang menyertai cinta bertepuk sebelah tangan dapat memengaruhi kesejahteraan emosional dan menyebabkan banyak ketidaknyamanan,” jelas Kim Egel, terapis pernikahan dan keluarga di San Diego, dilansir dari Healthline, Kamis (19/1/2023). 

Atau mungkin Anda mencintai seseorang yang terus-menerus menunjukkan bahwa mereka tidak memikirkan yang terbaik untukmu. Mungkin Anda dan pasangan sangat mencintai satu sama lain tetapi memiliki terlalu banyak perbedaan untuk mempertahankan hubungan yang langgeng.

Terlepas dari situasinya, cinta adalah emosi yang rumit. Dan bahkan ketika jelas bahwa suatu hubungan tidak menguntungkanmu, rasanya tidak mungkin untuk mematikan perasaanmu begitu saja. Deretan tips berikut ini dapat membantumu memulai proses move on.

Akui kebenaran situasinya

Optimisme bukanlah sifat yang buruk. Faktanya, kemampuan untuk berpegang pada harapan dalam situasi yang sulit atau menyakitkan biasanya dianggap sebagai tanda kekuatan pribadi. Tetapi ketika menyangkut masalah hubungan, akan lebih membantu untuk mempertimbangkan kenyataan saat ini daripada masa depan yang Anda bayangkan.

Orang yang Anda cintai mungkin tidak merasakan hal yang sama. Atau mungkin Anda merasa sangat jatuh cinta pada saat-saat intim, tetapi menghabiskan sisa waktumu bersama untuk berselisih tentang segala hal.

Jika Anda yakin menyerah pada hubungan atau cinta Anda untuk seseorang, berarti Anda telah gagal. Dibutuhkan keberanian dan kesadaran diri untuk menyadari hal ini. Anda telah mengambil langkah positif menuju pertumbuhan diri.

Menyadari bahwa hubunganmu tidak akan kemana-mana mungkin tidak akan membuat perasaan Anda hilang dalam semalam, tetapi ini adalah langkah yang signifikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ketahui apa yang Anda inginkan dari hubungan

Mencermati dengan cermat apa yang Anda inginkan dari suatu hubungan, serta apa yang benar-benar tidak Anda inginkan, dapat membantu Anda menunjukkan dengan tepat bagaimana minat cinta mungkin bukan pasangan terbaik.

Katakanlah Anda dan orang yang Anda sukai memiliki hal yang hebat. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama, semakin Anda merasa terhubung. Akhirnya, Anda menyadari bahwa Anda telah jatuh cinta pada mereka.

Tapi ada satu masalah besar, berhari-hari, terkadang seminggu atau lebih, sering berlalu tanpa Anda dengar kabar darinya. Anda mengirimi mereka pesan Facebook dan menyadari bahwa mereka online, tetapi tak memberikan balasan kepadamu. 

Jika Anda memprioritaskan komunikasi yang baik dalam hubungan, ketidakmampuan mereka untuk menghubungi Anda tepat waktu adalah indikator yang cukup bagus bahwa mereka bukan pasangan yang cocok. Ketika Anda mengenali cara seseorang yang Anda cintai tidak cukup memenuhi kebutuhanmu, Anda mungkin akan lebih mudah mengatasi perasaanmu.

3 dari 6 halaman

Terima apa arti cinta bagimu

“Beberapa cinta mungkin selalu menggores hatimu,” kata Egel. “Beberapa hubungan, terutama yang merupakan bagian integral dari pertumbuhan pada saat-saat penting dalam hidup kita, menjalin bakat batin untuk menjadi siapa kita.”

Menyangkal emosimu atau signifikansinya dapat menahanmu. Menghormati pengalamanmu dan membiarkan perasaan intens itu menjadi bagian dari masa lalumu dapat membantumu mulai menemukan kedamaian dan move on.

Terlebih lagi, mengakui pentingnya cinta Anda di masa lalu dapat membantumu melihat bagaimana cinta itu tidak lagi melayani Anda.

4 dari 6 halaman

Lihatlah ke masa depan

Cinta untuk mantan atau seseorang yang tidak membalas perasaanmu dapat membatasi Anda. Jika Anda tetap terjebak pada seseorang yang tidak dapat menjalin hubungan denganmu, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menemukan kebahagiaan dengan orang lain.

Bahkan jika Anda tidak merasa siap untuk sesuatu yang serius, kencan biasa dapat membantumu menyadari bahwa ada banyak orang hebat di luar sana.

Setelah Anda benar-benar ingin berkencan dengan lebih serius, menemukan pasangan yang tepat mungkin masih terbukti menantang. Seringkali membutuhkan waktu.

Frustrasi saat berkencan dapat membuatmu tergoda untuk memikirkan orang yang sudah Anda cintai. Tetapi berkomitmenlah untuk melihat ke depan, bukan kembali ke masa lalumu, meskipun awalnya sulit.

5 dari 6 halaman

Mengutamakan hubungan lain

Orang yang sedang patah hati seringkali cenderung "melupakan" hubungan penting lainnya dalam hidup mereka. Teman dan anggota keluargamu dapat menawarkan dukungan saat Anda berusaha untuk sembuh. Mereka bahkan mungkin memiliki wawasan atau kebijaksanaan yang bermanfaat untuk dibagikan dari pengalaman mereka sendiri.

Orang tersayang juga dapat memberikan kekuatan dan bimbingan jika Anda mencoba untuk sembuh dari efek hubungan yang beracun.

Pastikan untuk memperhatikan bagaimana interaksi Anda memengaruhi perasaanmu. Jika Anda merasa seseorang menilai Anda atau pilihanmu, atau membuat Anda merasa buruk dengan cara lain, sebaiknya batasi waktu Anda dengan mereka.

6 dari 6 halaman

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Ketika Anda merasa jatuh cinta, Anda mungkin membuat perubahan kecil (atau tidak terlalu kecil) pada penampilan atau kepribadian Anda agar selaras dengan apa yang menurut Anda mereka inginkan dalam diri pasangan.

Pertimbangkan bagian-bagian diri Anda yang mungkin Anda tolak, tekan, atau ubah. Mungkin Anda berpakaian lebih keren dari yang Anda inginkan, mulai mengikuti olahraga yang tidak Anda minati, atau melakukan hobi favoritmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.